faktor anis merah tampil maksimal

Tujuh faktor anis merah bisa tampil maksimal

3 / 100
Burung anis merah memiliki karakter yang sulit ditebak, sehingga perawatan rutin dan teratur dapat membantu memaksimalkan penampilannya. Selain rawatan rutin tersebut, ada tujuh faktor yang saling mendukung yang dapat mempengaruhi penampilannya. Apa sajakah itu?

Ketujuh faktor pendukung anis merah tampil maksimal adalah:
1. Mandi teratur 
Mandi bagi burung sekelas punglor menjadi sebuah keharusan, karena spesies ini dikenal sangat menyukai mandi. Tubuh yang lembab tidak hanya memberikan kesegaran untuk beraktivitas, tapi juga menjadikannya lebih tenang dan selalu terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya. Mandikan burung anis merah setidaknya satu – dua kali setiap hari.
2. Penjemuran 
Bukan rahasia umum kalau kebanyakan burung punglor sangat menyukai tempat yang rimbun, sejuk, dan lembab sesuai habitat alaminya. Itu sebabnya, penjemuran pada burung anis merah sebaiknya tidak lebih dari 1 jam jika ingin penampilannya selalu maksimal. Penjemuran yang berlebihan bisa meningkatkan resiko burung stres, bahkan katarak. Meski begitu, ada juga sebagian penggemarnya yang memberikan penjemuran dalam durasi lama untuk keperluan lomba.
3. Penempatan sangkar 
Selalu tempatkan burung anis merah di tempat sejuk, lembab, dan sedikit berangin karena dapat memancingnya untuk rajin berbunyi. Alternatifnya bisa menggantungkan sangkarnya di dekat sumber air mengalir seperti kolam atau sungai, alternatifnya bisa meletakkan sangkarnya di dekat akuarium.
4. Suara burung lain 
Birahi burung anis merah sangat mudah dipengaruhi oleh suara kicauan burung sejenisnya. Itu sebabnya, burung ini sangat mudah naik birahi ketika mendengarkan anis merah lain yang sudah rajin bunyi. Bukan itu saja, beberapa jenis burung kicauan yang memiliki suara mirip seperti kacer, cucak hijau, anis kembang, dan tledekan dapat menaikkan birahi anis merah dengan cepat.
5. Pakan 
Asupan pakan juga menjadi faktor pendukung penampilannya bisa maksimal. Pakan yang tepat dapat mendongkrak birahinya sehingga burung semakin rajin berbunyi. Namun dibutuhkan pengontrolan dari pemiliknya agar burung tidak terlalu berlebihan mengonsumsi makanan yang disediakan karena bisa menyebabkan kegemukan.
Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memaksimalkan penampilannya, yaitu:
  • Buah-buahan yang terdiri dari pisang yang diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, pepaya untuk mengontrol birahi, dan apel yang dapat meningkatkan birahinya.
  • Serangga yang terdiri dari jangkrik untuk mempengaruhi birahi dan emosinya, cacing tanah untuk mengontrol birahi, ulat bambu untuk menenangkan emosi atau menurunkan birahinya. Adapun pemberian kroto dan ulat hongkong biasanya disesuaikan kebutuhan saja.
6. Vitamin 
Faktor pendukung lain yang dapat memaksimalkan penampilan anis merah adalah pemberian multivitamin yang tepat. Suplemen yang cocok diberikan untuk anis merah adalah suplemen multivitamin yang lengkap kandungan dan manfaatnya, seperti Sup Plus Bird. Suplemen ini memiliki manfaat mendongkrak stamina dan mentalnya, juga menjadikannya rajin bunyi. Selain itu, pemberian Sup Plus Bird secara rutin juga dapat memancing burung belajar teler (gaya berkicau anis merah yang khas).
7. Pemakaian sangkar dan tenggeran 
Sangkar dan tenggeran bisa menentukan penampilan anis merah. Kurang terjaganya kebersihan sangkar dapat menyebabkan penurunan performa serta menjadikan burung rentan sakit. Begitu juga jika tenggeran yang digunakan kurang tepat atau tidak nyaman dicengkeram, maka burung anis merah akan selalu tidak betah berada di atasnya, sehingga cenderung berperilaku nakal, misalnya sering naik-turun tangkringan, dsb. Gunakan tenggeran dengan ukuran dan tekstur yang cocok untuk anis merah, begitu juga sangkar yang harus selalu dijaga kebersihannya.
Itulah tujuh faktor pendukung anis merah tampil maksimal
Semoga bermanfaat
Baca:   Cara merawat burung sogok ontong bakalan

Related Articles

Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betina

Meski sama-sama pandai berkicau, namun burung jalak kerbau jantan masih menjadi jenis yang banyak dicari oleh penggemarnya. Hal ini tidak lepas dari kemampuan jalak kerbau jantan dalam bersuara kicauan dengan penuh variasi dan lantang. Berikut cara membedakan jalak kerbau jantan dan betina. Cara merawat burung jalak yang masih anakanTips perawatan burung jalak kerbau agar rajin […]
Read more

Tips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami telur

9 / 100 Indukan kenari mampu bertelur sebanyak 2 s/d 5 butir telur saat berkembang biak, namun rata-rata jumlah telur yang dihasilkan di penangkaran paling banyak 4 butir saja. Kondisi tersebut umumnya dipengaruhi oleh faktor rawatan dan asupan pakannya. Berikut tips dan cara merawat indukan kenari yang sedang mengerami telur. Tips jika kenari bertelur di […]
Read more
murai batu kurang ngotot saat lomba

Vitamin yang bagus untuk burung lomba

Burung yang biasa dilombakan akan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kualitas suara dan penampilannya di lapangan. Pemberian suplemen vitamin tambahan secara teratur dapat menjadikan burung selalu aktif, rajin bunyi dan memiliki mental yang baik sebelum maupun setelah dilombakan. Berikut tips memilih vitamin yang bagus untuk burung lomba. Cara melatih mental burung kolibri agar siap […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?