kutilang jambul macet bunyi

Tips rawatan kutilang jambul saat macet bunyi

9 / 100

Meski bukan merupakan jenis burung asli Indonesia, namun kutilang jambul cukup dikenal di kalangan kicaumania. Suaranya yang keras dan bervariasi menjadikan burung ini banyak dipelihara untuk kelangenan maupun masteran. Apa jadinya jika burung yang sangat populer di negeri tetangga ini macet bunyi saat dipelihara? Untuk itu, simak cara perawatannya berikut ini.

Kutilang jambul memiliki nama resmi merbah jambul atau red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus), dan merupakan kerabat terdekat burung trucukan dan cucak rawa. Di negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, burung kutilang jambul sangat populer dan kerap dilombakan.

Suara kutilang jambul terdiri dari lagu-lagu ngerol yang khas, dan juga gayanya ketika berkicau pun sangatlah menarik perhatian, terutama saat berada di gantangan. Daya tariknya itu juga yang menjadikan banyak kicaumania dalam negeri sangat ingin memeliharanya di rumah, baik untuk kelangenan maupun sebagai burung masteran.

Tapi sering terjadi, burung yang sebelumnya rajin bunyi, mendadak berhenti berkicau sama sekali (macet bunyi). Kondisi ini paling sering dialami oleh kicaumania yang baru saja membeli burung ini untuk dirawat di rumah. Selain itu, masih banyak pula beberapa penyebab kutilang jambul macet bunyi, yaitu:

  1. Burung sedang memasuki / mengalami masa mabungnya, sehingga penampilannya akan cenderung menurun termasuk intensitas kicauannya.
  2. Burung yang mengalami gangguan kesehatan / sakit, kurang fit, yang disebabkan oleh kurang terpenuhinya asupan nutrisi dari pakan utama dan tambahan, juga bisa disebabkan oleh burung tidak pernah mendapatkan suplemen multivitamin tambahan.
  3. Burung sedang stres karena adanya infeksi kutu yang sangat mengganggunya. Infeksi kutu atau tungau bisa terjadi karena kondisi sangkar yang kurang terjaga kebersihannya, sehingga menjadi penyebaran berbagai parasit dan jamur, termasuk kutu dan tungau pengganggu.
  4. Burung alami gangguan pada organ suara, tenggorokan, atau pernafasannya yang menyebabkan suara hilang atau serak.
Baca:   Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Untuk mengatasi burung kutilang jambul yang macet bunyi tersebut agar kembali berkicau dengan lagu-lagu ngerolnya yang menyenangkan hati, simak tips dan cara perawatannya berikut ini:

  • Lakukan pengembunan dengan lebih rutin, pada saat itu berikan satu sendok teh kroto yang diletakkan dalam cepuk terpisah.
  • Berikan 2-3 ekor jangkrik dan 1-2 ekor ulat hongkong setiap pagi dan sore hari.
  • Berikan buah pisang yang sebelumnya diolesi dengan madu.
  • Berikan juga buah mengkudu matang untuk memancingnya kembali bunyi.
  • Untuk melengkapi kebutuhannya berikan buah-buahan yang lebih bervariasi setiap harinya.
  • Tambahkan potongan kecil cabai lalu diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam voernya.
  • Pastikan kebutuhan vitamin dan mineral burung kutilang jambul tersebut sudah terpenuhi, caranya adalah dengan menambahkan Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Pemberian Sup Plus Bird secara rutin dapat membantu mencegah dan meredakan stres pada burung, juga menjadikannya rajin berkicau.
Baca:   Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Dengan menerapkan pola perawatan di atas, burung kutilang jambul yang macet bunyi akan kembali untuk lebih rajin berbunyi, sehingga bisa kembali menyenangkan hati tuannya.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips rawatan burung prenjak supaya cepat gacor

Burung prenjak masih satu keluarga dengan jenis ciblek yang kita kenal. Bagi penggemarnya, prenjak dianggap memiliki suara kicauan yang kencang sehingga banyak dipelihara untuk klangenan, masteran, maupun untuk memancing bunyi burung peliharaan lainnya. Dongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarungCara memilih burung ciblek gunung yang berkualitasCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenEmpat cara merawat burung […]
Read more
Settingan burung cucak ranting cepat gacor

Settingan burung cucak ranting cepat gacor

65 / 100 Cucak ranting yang memiliki nama resmi cica-daun sayap biru menjadi jenis burung yang banyak dicari karena penampilan dan warna bulunya. Meskipun masih satu keluarga dengan cucak hijau, tapi cucak ranting tidak memiliki suara kicaua yang bervariasi. Akan tetapi, banyak yang memeliharanya untuk klangenan saja atau pemancing bunyi burung piaraan jenis lainnya. Tips […]
Read more
kacer buka ekor

Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor

Kacer dikenal sebagai burung petarung (fighter) dengan karakte dan gaya uniknya yang disebut “ngobra”. Jika hal itu dilakukan dengan gaya membuka ekor, maka penampilannya akan terlihat makin gagah. Berikut cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor.  Tips & settingan kacer cepat gacor dan ngobraTips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lombaTips menjinakan burung kacerSolusi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?