tips cucak rawa

Tips merawat burung cucak rawa agar rajin bunyi

13 / 100

Seperti perkutut, cucak rawa adalah jenis burung yang paling melegenda di Tanah Air. Ketenarannya tidak pernah pudar meski zaman telah berganti zaman. Burung yang pernah berjaya di arena lomba era 90-an ini masih tetap diminati oleh banyak penggemar setianya. Suara ropelannya yang khas memberikan nostalgia tersendiri, tak heran kalau harganya lumayan tinggi karena kemerduan suara kicauannya.

Perawatan cucak rawa sama seperti perawatan jenis burung cucak-cucakan lainnya. Makanannya pun sama yaitu buah-buahan dan serangga. Namun ada yang khusus karena cucak rawa sangat menyukai buah pepaya dan pisang kepok putih. Oleh karena itu, kedua jenis buah-buahan tersebut harus selalu tersedia setiap hari agar burung senantiasa rajin berkicau.

Namun begitu, ada beberapa hal paling mendasar yang harus menjadi perhatian, yaitu:

  • Cucak rawa memiliki karakter semi fighter sebagaimana burung cucak hijau.
  • Berbeda dengan cucak hijau, cucak rawa adalah jenis burung yang sulit beradaptasi sehingga dibutuhkan tempat yang tenang dan nyaman untuk lokasi menggantang sangkarnya.
  • Burung ini juga dikenl mempunyai tingkatan stres yang tinggi, sehingga dalam kondisi tertentu cucak rawa akan mudah panik dan stres khususnya saat merasa terancam.
  • Cucak rawa adalah burung yang mudah jinak khususnya jika mendapatkan perawatan yang baik.
Baca:   Tips memilih nektar yang baik untuk burung

Tips merawat cucak rawa agar rajin bunyi

  1. Pada pagi hari burung diangin-anginkan di teras atau halaman rumah. Sekitar jam 07:30 burung dimandikan baik dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandi.
  2. Bersihkan sangkar dan perlengkapannya dari kotoran.
  3. Selesai dimandikan, burung diangin-anginkan selama 10 – 20 menit sambil diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor yang ditaruh di cepuk pakannya atau cepuk EF terpisah. Sebaiknya hindari memberikan jangkrik langsung pada burung.
  4. Berikan voer yang baik kualitas dan kandungannya.
  5. Tambahkan Sup Plus Bird ke dalam air minumnya, karena sangat membantu dalam menjaga kondisi, stamina, dan daya tahan burung cucak rawa sepanjang hari.
  6. Penjemuran dilakukan selama 1 – 2 jam, setelah itu diangin-anginkan.
  7. Gantang sangkarnya di tempat teduh yang aman dan nyaman.
  8. Pada siang hingga sore harinya, burung bisa dimaster dengan suara masteran untuk menambah variasi irama ropelannya.
  9. Sekitar jam 15:00, burung kembali diangin-anginkan berikan jangkrik sebanyak 3 ekor yang disimpan di cepuk terpisah.
  10. Pukul 18:00 burung dikerodong lalu dibiarkan beristirahat sampai esok paginya.
Baca:   Perawatan jalak suren trotolan hingga dewasa

Demikian tips dan cara merawat burung cucak rawa agar rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara memaster lovebrid

Settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat

Settingan tunggal untuk lovebird yang masih balibu atau paud umumnya dilakukan setelah burung berumur lebih dari 3 bulan. Hal ini karena pada kondisi tersebut, lovebird sudah dianggap cukup birahinya. Untuk panduan perawatannya, simak settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat berikut ini. Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyiKesalahan dalam merawat lovebird paudPerawatan lovebird paud […]
Read more
melatih mental cendet

Cara melatih cendet agar fighter dan bongkar isian

Tidak berbeda dengan jenis ocehan popular seperti kacer atau cucak ijo, cendet mempunyai kemampuan menirukan suara kicauan yang sangat baik. Hal ini pula yang menjadikan banyak kicaumania begitu tertarik memeliharanya, baik untuk kelangenan maupun dilombakan. Inilah ciri-ciri cendet siap lombaTips melatih cendet agar gacor dan bermental tempurCiri-ciri cendet anakan/trotolan jantanCara latih cendet agar nagen di […]
Read more

Memilih Pakan yang tepat untuk sogok ontong

61 / 100 Sogok ontong dikenal karena suaranya yang pedas dan tajam sehingga banyak dicari untuk dijadikan masteran maupun dilombakan. Namun untuk menjadikan burung yang bernama lain kolibri sriganti ini tentu membutuhkan asupan pakan yang benar-benar tepat. Simak tips memilih pakan yang tepat untuk burung sogok ontong berikut ini. Tips merawat burung sogok ontong tangkapan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?