jaga kondisi cucak jenggot untuk mastran

Tips menjaga kondisi burung cucak jenggot untuk masteran

13 / 100

Merawat burung cucak jenggot agar selalu rajin bunyi untuk masteran atau lomba membutuhkan penanganan yang sangat rutin dan teratur, khususnya dalam menyediakan pakan dan vitaminnya. Berikut tips menjaga kondisi cucak jenggot agar tetap gacor untuk masteran.

Cucak jenggot mempunyai suara kicauan yang bernada besetan. Semakin rapat irama besetannya, maka semakin tajam suaranya akan terdengar sehingga menjadikannya lebih populer sebagai burung masteran. Suara ngebeset cucak jenggot bisa memberi nilai lebih jika dibawakan oleh murai batu atau cucak hijau saat sedang dilombakan.

Untuk menjaga kondisi burung cucak jenggot agar selalu gacor untuk masteran, maka beberapa perawatan dan perlakuan berikut ini bisa diterapkan dengan teratur:

  • Berikan jahe pada burung cucak jenggot dengan cara potongan kecil jahe diselipkan ke dalam tubuh jangkrik yang akan diberikan.
  • Membuat ramuan herbal berbahan dasar jahe, kencur, dan kunyit yang ukurannya sebesar 1 ruas jari. Ketiga bahan kemudian diparut sampai halus, lalu diperas dan diambil airnya. Air perasan tersebut kemudian dicampurkan dengan air minumnya lalu diberikan pada burung setiap satu bulan sekali.
  • Mengoleskan madu ke buah pisang sebelum diberikan pada burung.
Baca:   Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Selain ketiga hal di atas, metode lain yang lebih sederhana dan tidak merepotkan adalah memberikan Sup Plus Bird kepada burung cucak jenggot tersebut. Sup Plus Bird adalah suplemen vitamin yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi burung peliharaan.

Sup Plus Bird tidak hanya berfungsi untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral burung cucak jenggot, tetapi juga dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari. Dengan demikian, burung cucak jenggot tersebut akan selalu terjaga kondisinya, sehingga menjadikannya selalu tetap aktif dan rajin mengeluarkan suara besetannya tersebut.

Demikian tips menjaga kondisi cucak jenggot agar tetap gacor untuk masteran.

Semoga bermanfaat

Baca:   Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

 

Related Articles

Tips membersihkan sangkar yang bau menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiMenyiapkan burung cucak jenggot […]
Read more

Perawatan burung ciblek sawah agar gacor untuk masteran 

Ciblek sawah memang kurang populer dibandingkan ciblek kebun dan ciblek gunung.Tapi kalau dirawat dengan baik, jenis burung ini mampu berkicau dengan suara tembakan yang sangat keras. Itu sebabnya, ciblek sawah lebih banyak dicari untuk masteran saja. Empat cara merawat burung ciblek mabung yang benarTips agar burung murai air aktif dan rajin bunyiMengatasi burung tledekan gunung […]
Read more

Cara merawat jalak nias agar cepat gacor

Jalak nias merupakan satu dari beberapa spesies burung jalak (Sturnidae) yang punya banyak penggemarnya. Selain cerdas dan pandai menirukan beragam suara ocehan, jalak nias juga dikenal bisa menirukan suara manusia seperti burung beo. Berikut tips dan cara merawat jalak nias agar cepat gacor. Makanan dan vitamin burung jalak agar rajin bunyiEmpat cara bedakan jalak putih […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?