beda jantan betina cockatiel

Tips membedakan burung cockatiel jantan dengan betina

Burung falek atau cockatiel / parkit australia menjadi favorit pada penghobi burung jenis paruh bengkok. Selain karena kepandaiannya dalam menirukan suara, cockatiel juga kerap dipelihara untuk diternak. Berikut tips membedakan burung cockatiel jantan dengan betina.

Membedakan jantan betina burung cockatiel bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa ciri khusus yang tampak pada perilaku maupun fisiknya. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi perkara sulit jika burung masih berumur sangat muda / anakan atau burung yang sudah bermutasi warna.

Membedakan jenis kelamin burung cockatiel akan menjadi lebih mudah dilakukan kepada burung non mutasi atau yang masih memiliki bulu berwarna asli yaitu abu-abu.

Berikut beberapa tips membedakan burung cockatiel jantan dan betina dengan warna bulu yang masih asli (non mutasi):

  1. Burung cockatiel jantan dewasa bisa dilihat dari penampilan dan warna bulu yang ada di bagian wajah. Burung jantan memiliki warna bulu kuning cerah, sedangkan betina berwarna kuning pucat.
  2. Burung jantan memiliki warna bulu abu-abu gelap, sedangkan pada burung betina warna abu-abunya cenderung kusam atau terlihat seperti cokelat kelabu.
  3. Burung betina bisa dibedakan dari pola bulu di bagian ekornya yang beraris di bagian bawahnya.
  4. Adapun untuk mengetahui jenis kelamin burung cockatiel hasil mutasi warna, adalah sebagai berikut:
  5. Cockatiel jantan akan sering mengeluarkan suaranya ketimbang burung betina, dan suara kicauan yang terdengar adalah suara siulan. Sedangkan betina lebih cenderung jarang bersiul tetapi lebih sering menjerit atau bersuara pekikan.
  6. Cockatiel jantan mempunyai perilaku agresif dan banyak bergerak, sedangkan burung betina akan terlihat lebih tenang.
  7. Betina sering mengeluarkan suara berdesis dan suka menggigit.
  8. Jika diperhatikan, burung jantan sering mengangkat sedikit sayapnya, dan bagian dada dibusungkan.
  9. Warna bulu di bagian pipi cockatiel jantan berwarna oranye terang, sedangkan betina warna oranyenya cenderung tidak terang atau sedikit.
Baca:   Tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan

Alternatif lain membedakan jantan betina cockatiel adalah memberikan kaca cermin di hadapan burung tersebut lalu amati perilakunya. Jika burung terlihat diam dan memperhatikan bayangannya sendiri maka kemungkinan besar burung berjenis kelamin jantan, sedangkan betina akan cenderung menghindar dan tidak tertarik dengan bayangannya sendiri.

Arahkan cahaya senter pada bagian bawah bulu ekor atau sayapnya, jika terlihat ada bintik atau garis pada bulunya maka kemungkinan besar burung tersebut berjenis kelamin betina.

Itulah beberapa cara membedakan burung cockatiel jantan dan betina.

Semoga bermanfaat

Baca:   Tips melatih cucak hijau mini makan voer

Related Articles

ciri ciri cucak hijau over birahi

Kenali tanda-tanda cucak hijau over birahi

Over birahi atau birahi yang terlalu berlebihan kerap dialami oleh burung cucak hijau. Ketika mengalami hal tersebut, maka perilaku dan karakternya pun akan cenderung berubah-ubah. Nah, untuk membantu kicaumania mengenali tanda-tanda burung cucak hijau over birahi, silakan simak berikut ini. Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkanTips rawatan cucak ijo di musim hujanCara […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Cara menambah durasi lovebirdIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunPenyebab […]
Read more

Ciri-ciri burung murai batu yang siap lomba

Melombakan burung murai batu butuhkan perhitungan yang matang, karena burung ini terkenal dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Ketika burung yang belum siap lomba dipaksakan untuk bertarung, maka besar kemungkinan murai batu tersebut akan stres, ngedrop mental, bahkan macet bunyi. Sebagai panduan, simak ciri-ciri murai batu yang siap lomba berikut ini. Kenali ciri-ciri lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?