merawat kutilang sutra

Tips dan cara merawat kutilang sutra

13 / 100

Burung kutilang sutra pernah sangat popular beberapa tahun lalu. Bahkan di beberapa daerah, jenis burung dari keluarga cucak-cucakan ini masuk dalam kelas tersendiri di arena lomba. Meskipun kini gaungnya sudah menurun, tapi masih banyak kicaumania yang memeliharanya untuk klangenan. Berikut tips dan cara merawat kutilang sutra.

Kutilang sutra alias cucak kuricang (Pycnonotus atriceps) adalah jenis burung yang berasal dari family picnonotidae, dan masih berkerabat dekat dengan cucak rawa dan trucukan. Wilayah persebarannya cukup luas meliputi sebagian besar Indonesia, yaitu di Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan.

Penampilan burung kutilang sutra mirip seperti kutilang emas, apalagi dengan bulu di kepalanya yang berwarna hitam. Namun yang membedakan adalah kutilang sutra memiliki bentuk ekor hitam dan ujung ekor yang kuning mencolok.

Sebagian kicaumania menganggap suara asli kutilang sutra kurang menarik, karena lebih cenderung ke suara panggilan saja (call). Namun jika burung ini rutin dilatih dan dimaster, suara kicauannya yang menjadi lebih bervariasi sehingga sangat cocok dijadikan klangenan maupun untuk meramaikan suasana rumah saja.

Daya tarik burung kutilang sutra lainnya adalah ketika sedang berkicau maka gayanya akan terlihat seperti burung murai batu yang ngeplay, yaitu gaya kepala yang turun-naik.

Baca:   Cara merawat burung samyong yang macet bunyi kembali gacor

Perawatan harian burung kutilang sutra tidak bisa dilepaskan dari pemberian makanan favoritnya yaitu buah-buahan, dan serangga. Buah yang umum diberikan adalah pisang dan pepaya, sedangkan untuk pakan serangga bisa diberikan jangkrik dan ulat hongkong.

Berikut tips dan cara merawat burung kutilang sutra agar rajin bunyi:

  1. Setiap pagi burung kutilang sutra dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan. Pengembunan sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mental, dan memberikan ketenangan bagi burung. Jika rutin melakukan pengembunan tersebut, maka burung akan lebih cepat terpancing untuk rajin berbunyi.
  2. Mandikan burung di pagi hari, terutama setelah matahari terbit. Mandi pagi bisa dilakukan dengan cara disemprot atau mandi cepuk. Jika sudah terbiasa, bisa juga dimandikan dalam karamba mandinya.
  3. Ketika burung sedang dimandikan, bersihkan juga sangkar dan perlengkapannya. Burung kutilang umumnya sangat rakus dan suka mengotori sangkarnya, sehingga si pemilik harus bisa menjaga kebersihan sangkarnya agar burung terhindar dari penyakit akibat bakteri, parasit, dan jamur.
  4. Berikan voer yang menurut Anda sudah terjamin kandungan dan kualitasnya. Voer di sini diberikan sebagai makanan utama, adapun untuk makanan tambahan adalah buah dan serangga. Berikan buah-buahan yang bervariasi, terutama pisang dan pepaya.
  5. Pakan tambahan serangga yang diberikan setiap hari adalah jangkrik dan ulat hongkong yang diberikan masing-masing 2-3 ekor setiap pagi dan sore hari.
  6. Untuk mendukung perawatan dan menjaga kondisi serta kesehatannya, berikan kutilang sutra tersebut tambahan multivitamin seperti Sup Plus Bird. Mulvitamin ini diberikan dengan cara diteteskan ke dalam air minumnya setiap hari atau beberapa hari sekali. Jika rutin dikonsumsi, burung akan mudah terpancing untuk rajin bunyi. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki manfaat untuk mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari.
  7. Pada siang hingga sore harinya, burung kutilang sutra tersebut bisa dilatih dengan suara masteran, terutama dengan suara yang berkarakter ngerol dan tembakan seperti suara kenari, lovebird, dsb.
  8. Malam harinya, burung diberikan full kerodong agar bisa beristirahat total dan mengumpulkan energi untuk esok harinya.
Baca:   Tips seputar jalak suren mabung

Demikian tips dan cara merawat burung kutilang sutra.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi

Penampilan burung tledekan laut sangat menarik. Tubuhnya terdiri dari dua warna saja yaitu biru dan putih sesuai dengan nama aslinya yaitu sikatan biru putih. Meski suara kicauannya tidak sevariasi kerabatnya, tledekan gunung, namun tledekan laut cukup disukai karena alunan suara kicauannya yang mengalun cukup merdu. Merawat burung tledekan yang sedang mabungCara mengatasi tledekan mental dropTips […]
Read more

Enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor

Jalak suren disukai karena termasuk jenis burung peliharaan yang cerewet dengan suara kicauan yang bervariasi. Di pasar dan toko burung, jalak suren bisa didapatkan dengan mudah bahkan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk menjadikan jalak suren cepat gacor, maka perawatannya harus dilakukan dengan sangat teratur. Berikut enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor. Cara […]
Read more

Tips agar pleci anda rajin berbunyi

Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pecinta burung adalah burung tidak mau bunyi. Mungkin beberapa tips ini bisa memberikan obat buat anda yang lagi bingung mencari jawaban permasalahan tersebut. 1. Pastikan burung anda dalam keadaan sehat. Hal itu dapat dilihat dari tingkah laku dan kotoran burung tersebut. Burung Pleci yang sehat berperilaku agak liar dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?