rawatan cucak wilis agar gacor

Rawatan cucak wilis agar cepat gacor

16 / 100

Cucak wilis adalah nama populer dari burung cucak gunung (Pycnonotus bimaculatus). Meski terdengar monoton, namun kicauan cucak wilis bisa terdengar lebih menarik saat burung sudah gacor. Berikut tips rawatan cucak wilis agar cepat gacor.

Di beberapa daerah, cucak wilis memiliki nama sebutan lainnya seperti cucak rengganis dan cucak rawis. Sesuai namanya, cucak wilis termasuk dalam keluarga burung cucak-cucakan (Pycnonotidae) dan masih memiliki kekerabatan dengan cucak trucukan, kutilang, cucak rawa, dan sejenisnya.

Cucak wilis adalah burung endemik Indonesia, sehingga akan lebih membanggakan jika kita mampu merawatnya sampai rajin berbunyi, apalagi berniat menangkarkannya. Perawatan hariannya pun cukup mudah, namun untuk menjadikannya rajin bunyi dan gacor maka dibutuhkan penanganan yang tepat dan teratur.

Berikut beberapa tips rawatan cucak wilis agar rajin bunyi:

  1. Dalam perawatannya, burung cucak wilis sebaiknya ditempatkan dalam sangkar berukuran sedang dengan dua buah tenggeran silang terpasang di dalamnya.
  2. Setiap pagi hari, burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan. Pengembunan dapat membantu mendongkrak stamina burung sehingga menjadikannya lebih cepat untuk berbunyi.
  3. Berikan buah-buahan yang bervariasi seperti pisang kepok, pepaya, semangka, jeruk, dsb. Pemberian buah-buahan tersebut bisa diselang-seling setiap beberapa hari sekali.
  4. Berikan juga pakan serangga yang terdiri dari 3 ekor jangkrik, dan 2 ekor ulat hongkong setiap pagi dan sore hari.
  5. Gunakan voer yang baik kualitas dan kandungannya agar lebih terjamin kebutuhan nutrisi burung sepanjang hari.
  6. Mandikan burung pada 07:00 – 08:00 pagi, baik dengan cara semprot atau menggunakan cepuk mandi besar.
  7. Selesai dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar sampai bulu kering, setelah itu jemur di bawah sinar matahari selama 1,5 s/d 2 jam.
  8. Setelah dijemur, sangkarnya digantang di tempat teduh. Berikan multivitamin Sup Plus Bird yang dicampurkan ke dalam air minumnya. Pemberian vitamin ini sangat bermanfaat untuk mempercepat burung rajin bunyi, selain itu juga untuk mendongkrak stamina dan mentalnya.
  9. Tambahkan 2 ekor jangkrik, dan 1 ekor ulat hongkong, setelah itu biarkan burung di tempat tersebut sampai sore harinya.
  10. Pada malam harinya, sangkar diberikan ful kerodong agar burung bisa beristirahat total.
Baca:   Membuat desinfektan alami dari jeruk lemon

Demikian tips rawatan burung cucak wilis agar cepat gacor.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

lovebird konslet

Ini penyebab durasi ngekek lovebird terus menurun

Sehebat apapun lovebird di lapangan, ketika mengalami perubahan kondisi maka performanya pun akan jadi menurun. Durasi ngekek yang biasanya panjang akan berubah jadi pendek, atau bahkan tak mau bunyi sama sekali. Sebelum mulai untuk mengatasinya, simak terlebih dulu penyebab durasi ngekek lovebird menurun berikut ini. Penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinyaCara memaksimalkan durasi […]
Read more
mengatur birahi lovebird

Cara cepat menjinakkan lovebird yang masih liar / giras

Lovebird yang sudah jinak atau tidak lagi takut kepada manusia, dapat lebih mudah dirawat daripada burung yang masih liar. Hal ini pun menjadi salah satu syarat dalam mencetak lovebird untuk lomba. Berikut salah satu cara cepat dan ampuh menjinakkan lovebird yang masih liar / giras. Tips dan cara menjinakkan lovebirdCara ampuh menjinakkan lovebird dengan cepatTips […]
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Tips singkat latih lovebird cepat latah dan fighter

Melatih lovebird agar latah dan fighter bisa dilakukan dengan beragam cara perawatan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah pemberian pakan yang tepat dan melatih latahnya dengan melakukan berbagai terapi yang dibutuhkan. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaTips memaksimalkan penampilan lovebird di lapanganCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdTips dan perawatan lovebird untuk pekerja […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?