merawat burung srigunting bakalan

Merawat burung srigunting bakalan cepat jinak dan rajin bunyi

Perawatan burung srigunting yang masih bakalan bisa menjadi sangat merepotkan karena burung ini dikenal mudah stres, apalagi jika tidak mendapatkan penanganan yang benar. Berikut tips dan cara merawat srigunting bakalan cepat jinak dan rajin bunyi.

Meski kurang populer di kalangan kicaumania, namun burung srigunting (Dricrurus hottentottus) punya suara kicauan yang sangat bervariasi. Selain itu, srigunting juga dikenal pandai menirukan suara kicauan burung lainnya.

Umumnya yang dicari kicaumania adalah burung srigunting rawatan lama atau yang sudah jinak dan gacor. Meskipun harganya lebih mahal dari burung bakalan, tapi perawatan yang lebih mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Meski begitu, tidak sedikit juga yang memelihara burung srigunting yang masih bakalan karena harganya yang lebih terjangkau. Namun tentu saja, dibutuhkan penanganan dan perawatan yang tepat khususnya agar burung tidak terlalu agresif dan berumur panjang.

Berikut tips perawatan burung srigunting bakalan agar cepat jinak dan rajin bunyi;

Setiap hari, burung srigunting bakalan diberikan pakan campuran antara voer dengan kroto. Pemberian voer campur kroto tersebut merupakan salah satu tahap adaptasi pakan agar burung bisa mengenali dan mau mengkonsumsi pakan voernya.

Baca:   Tips memilih dan merawat burung tledekan

Umumnya, burung yang masih bakalan belum bisa mengenali makanan voernya, sehingga harus dilatih terlebih dulu agar burung mau makan voer yang disajikan. Cara melatih burung makan voer bisa disimak lagi dalam artikel di sini.

Selain voer + kroto tersebut, burung srigunting harus pula mendapatkan asupan makanan tambahan (EF) terutama serangga seperti jangkrik yang diberikan setiap pagi dan sore hari sebanyak 3-5 ekor ditambah 2-3 ekor ulat hongkong. Pemberian makanan ekstra tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi burung tetap fit, aktif, dan terpancing untuk berkicau.

Jaga kondisi kesehatannya dengan memberikan vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird. Selain membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya. Selain dapat mencegah stres, Sup Plus Bird juga mampu menjadikan burung semakin terpancing untuk rajin berbunyi. Cukup tambahan beberapa tetes Sup Plus Bird ke dalam air minumnya.

Untuk burung yang masih bakalan, pemberian mandi dan jemur tidak perlu dilakukan dahulu sampai kondisi burung telah jinak dan tidak agresif lagi. Setelah dilatih jinak, baru pemberian mandi dilakukukan setiap pagi, dan penjemuran berlangsung selama 1-2 jam.

Dalam perawatannya tersebut, hindari melakukan hal-hal yang bisa membuat burung semakin stres seperti sering memegang tubuhnya, sering memasukkan tangan ke dalam sangkarnya, menyimpan burung di tempat yang banyak dilalui binatang peliharaan lain seperti kucing atau anjing, serta selalu didekatkan dengan burung lain yang bersuara kencang dan sudah gacor.

Baca:   Cara melatih mental tarung burung murai batu

Cara melatih burung srigunting agar cepat jinak

Proses melatih burung srigunting cepat jinak bisa dilakukan dalam dua cara yaitu:

  1. Sering meletakkan sangkarnya di tempat ramai, misalnya di letakkan di atas lantai di ruang keluarga. Untuk proses adaptasi, hari pertama sangkarnya diberikan kerodong setelah itu diletakkan tanpa kerodong.
  2. Memandikan burung hingga basah kuyup setiap seminggu 1-2 kali, setelah itu dijemur dengan cara diletakkan di bawah di lokasi yang ramai.

Demikian tips perawatan burung srigunting bakalan cepat jinak dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

 

Related Articles

Tips membersihkan sisik kaki yang tebal pada burung

Membersihkan sisik pada kaki burung memang sangat beresiko, terutama pada burung yang sudah mapan / jadi. dengan dicabutnya sisik kaki burung tersebut akan menimbulkan masalah baru pada burung yaitu stress dan kemurungan atau bahkan bisa membuat burung jinak menjadi giras. tetapi bagaimana jika burung terebut memiliki ring dikakinya dan jika didiamkan maka keberadaan ring tersebut […]
Read more

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya. Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemulaEmpat cara bedakan […]
Read more
murai batu mandi malam

Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Mandi malam merupakan salah satu bentuk terapi yang umum dilakukan kicaumania kepada burung kesayangannya. Mandi malam diyakini bisa menstabilkan birahi burung sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal. Untuk burung murai batu, terapi mandi malam bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.¬† Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voerCara mengatasi murai batu kurang ngotot saat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?