trucukan makanan vitamin

Makanan dan vitamin burung trucukan agar rajin ngeropel

Selain terkenal dengan suara kicauannya yang ropel, burung trucukan juga mempunyai gaya berkicau unik yang disebut “gaya garuda”. Untuk menjadikan trucukan rajin bunyi dan ngeropel, tentu butuh perawatan yang rutin dan teratur, serta memperhatikan kebutuhan makanan dan vitaminnya setiap hari.

Trucukan adalah jenis burung yang masih satu keluarga (Pycnonotidae) dengan cucak rawa. Sebagian kicaumania bahkan menyebut suara kicauan trucukan mirip seperti suara ropelan cucak rawa. Jika dirawat dengan cara yang tepat, suara ropelannya bahkan bisa lebih kencang dan panjang.

Perawatan burung trucukan tidak terlepas dari pemberian buah dan serangga setiap harinya. Dengan pemberian pakan yang tepat tersebut, trucukan akan memiliki stamina yang lebih sehingga mudah terpancing untuk rajin bunyi.

Untuk panduan perawatannya, berikut beberapa jenis makanan dan vitamin yang cocok diberikan kepada burung trucukan agar rajin bunyi dengan suara ropelannya yang khas.

1. Voer untuk burung trucukan 

Berikan voer yang baik kandungan nutrisinya, untuk itu bisa diperhatikan pada bagian komposisi yang tertera pada label kemasan voer yang digunakan. Voer yang memiliki kandungan nutrisi lengkap akan sangat membantu dalam memulihkan energi dan staminanya dengan cepat, sehingga trucukan akan lebih aktif, bersemangat, dan rajin bunyi.

Baca:   Tips singkat merawat burung beo yang mabung

2. Variasi buah dan sayuran

Buah-buahan sangat penting dikonsumsi burung trucukan karena manfaatnya yang baik untuk mendongkrak stamina dan kondisinya. Ada beberapa jenis buah yang umum diberikan, yaitu pisang kepok, pepaya, jeruk, dan mangga.

Buah yang bervariasi bisa diberikan secara berselang seling setiap harinya, atau untuk memudahkan pemberiannya bisa dilakukan dengan cara memotong beberapa jenis buah-buahan tersebut dalam potongan kecil lalu ditempatkan dalam cepuk terpisah.

Selain buah-buahan, beberapa jenis sayuran juga dapat diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung sepanjang hari. Jenis-jenis sayuran tertentu seperti timun, oyong atau gambas dapat menjadikan burung bertambah rajin mengeluarkan suara ropelannya.

3. Serangga untuk trucukan 

Trucukan adalah juga pemakan serangga. Ada beberapa jenis serangga yang bisa diberikan seperti ulat hongkong, ulat bambu, kroto, dan jangkrik.

Untuk menjadikan burung trucukan rajin bunyi dan ngeropel, maka pemberian pakan serangga tersebut harus dibuat rutin setiap harinya. Adapun tata cara dan jumlah pemberiannya bisa mengikuti pola rawatan sebagai berikut:

  • 2 s/d 3 ekor jangkrik diberikan setiap pagi dan sore hari,
  • 1 s/d 2 ekor ulat hongkong diberikan setiap pagi, siang, dan sore hari,
  • 1 sendok kroto diberikan setiap beberapa hari sekali.
Baca:   Setelan harian & lomba lovebird betina single fighter

Dengan pola rawatan di atas, burung akan semakin terpancing untuk rajin bunyi dengan suara ropelannya yang khas.

4. Vitamin untuk trucukan 

Sebagian besar burung peliharaan tidak mendapatkan cukup vitamin untuk aktivitas hariannya. Untuk itulah, pemberian suplemen vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird dibutuhkan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari.

Selain mendongkrak stamina dan mentalnya, Sup Plus Bird memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjadikan burung lebih rajin bunyi. Pemberian secara rutin dapat membantu menjadikannya makin cepat gacor dan aktif ngeropel.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui toko jual-beli online seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau bisa dipesan langsung melalui kontak Whatsapp yang ada di website ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung

4 / 100 Burung tledekan gunung kini sedang naik daun. Jenis burung yang pandai berkicau variasi ini banyak dicari penghobi kicauan dalam negeri. Tidak hanya burung dewasa saja, tledekan gunung yang masih anakan pun banyak dicari untuk dipelihara. Nah, berikut tips dan cara merawat anakan tledekan gunung. Cara merawat burung tledekan gunung yang masih bakalanMengatasi […]
Read more

Pakan agar ciblek makin ngotot

Selain dilatih dengan suara masteran dan perawatan rutin lainnya, untuk menjadikan penampilan ciblek makin ngotot bisa dilakukan dengan memberinya pakan yang tepat. Pakan tersebut bisa berupa pakan racikan maupun pakan yang telah diolah secara khusus untuk memaksimalkan kinerja burung ciblek. Empat cara merawat burung ciblek mabung yang benarCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenCara cepat menjinakkan […]
Read more

Perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi

Banyak yang lebih senang memelihara perkutut bangkok ketimbang lokal. Perbedaan kualitas suara menjadi salah satu pemicu banyak orang lebih tertarik memelihara perkutut bangkok. Namun jika dirawat dengan baik, perkutut lokal pun bisa memiliki suara yang tak kalah merdunya. Berikut tips perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi. Lima cara merawat burung perkutut agar rajin bunyiTips dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?