cucak rawa over birahi

Cara mengatasi burung cucak rawa over birahi

10 / 100

Cucak rawa mempunyai suara kicauan yang lantang membahana, maka tak heran kalau jenis burung ini sangat diminati oleh banyak kalangan. Tapi seperti burung lainnya, cucak rawa pun bisa alami over birahi yang membuat penampilannya terus menurun. Berikut cara mengatasi burung cucak rawa over birahi.

Penyebab burung cucak rawa over birahi umumnya karena pola rawatan yang kurang tepat, misalnya pemberian pakan yang terlalu berlebihan, khususnya yang tinggi protein serta karena burung yang dijemur terlalu lama. Selain itu, faktor kesehatan fisik dan mentalnya juga sangat berpengaruh besar terhadap perubahan perilaku dan kondisi birahinya.

Burung cucak rawa yang alami over birahi akan memiliki penampilan yang cenderung menurun, baik dari kualitas suara, kegacoran, maupun aktivitasnya. Untuk memulihkan kondisi cucak rawa agar bisa kembali gacor seperti sedia kala, maka beberapa perawatan berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

  • Mengurangi pemberian pakan tambahannya (EF), terutama jangkrik. Jangkrik cukup diberikan 1 ekor saja pada pagi dan sore harinya.
  • Berikan ulat bambu sebanyak 2 ekor setiap dua hari sekali, setelah itu mandikan burung cucak rawa hingga basah kuyup.
  • Setelah dimandikan, burung segera dijemur selama 15 menit, setelah itu dipindahkan ke tempat teduh.
  • Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Pemberian Sup Plus Bird ini sangat bermanfaat untuk mencegah burung stres, juga membantu menjaga kondisi, serta mampu meningkatkan stamina dan mentalnya. Pemberian teratur dapat memulihkan burung yang over birahi.
  • Pada sore dan malam hari, burung diberikan full kerodong jika diperlukan.
Baca:   Rawatan cucak wilis agar cepat gacor

Jika perawatan di atas dilakukan secara rutin dan teratur, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama kondisi burung cucak rawa akan kembali pulih seperti semula sehingga kembali menghibur tuannya dengan suara kicauannya yang lantang membahana.

Demikian tips mengatasi burung cucak rawa yang over birahi.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Settingan burung cucak ranting cepat gacor

Settingan burung cucak ranting cepat gacor

65 / 100 Cucak ranting yang memiliki nama resmi cica-daun sayap biru menjadi jenis burung yang banyak dicari karena penampilan dan warna bulunya. Meskipun masih satu keluarga dengan cucak hijau, tapi cucak ranting tidak memiliki suara kicaua yang bervariasi. Akan tetapi, banyak yang memeliharanya untuk klangenan saja atau pemancing bunyi burung piaraan jenis lainnya. Tips […]
Read more

Tips membuat cucak jenggot cepat gacor

9 / 100 Selain dilombakan, burung cucak jenggot menjadi salah satu burung masteran paling disukai karena suaranya yang ngebest rapat dan tajam. Merawat burung cucak jenggot agar cepat gacor tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Berikut tips membuat cucak jenggot cepat gacor untuk masteran dan lomba. Tips menjaga kondisi burung cucak jenggot untuk masteranCara merawat burung […]
Read more

Makanan dan vitamin burung trucukan agar rajin ngeropel

Selain terkenal dengan suara kicauannya yang ropel, burung trucukan juga mempunyai gaya berkicau unik yang disebut “gaya garuda”. Untuk menjadikan trucukan rajin bunyi dan ngeropel, tentu butuh perawatan yang rutin dan teratur, serta memperhatikan kebutuhan makanan dan vitaminnya setiap hari. Aneka pakan racikan agar trucukan rajin ngeropelSettingan burung cucak ranting cepat gacorCara mengatasi burung cucak […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?