settingan trucukan harian lomba

Aneka pakan racikan agar trucukan rajin ngeropel

Banyak cara akan dilakukan kicaumania untuk menjadikan burung trucukan rawatannya rajin bunyi dan ngeropel, salah satunya adalah dengan memberinya pakan racikan. Berikut aneka pakan racikan agar trucukan rajin ngeropel.

Burung trucukan akan membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima agar bisa selau rajin bunyi dengan suara ropelannya. Selain itu, burung pun akan menjadi lebih bersemangat berkicau disertai gaya garudanya yang sangat khas.

Cara yang lazim dilakukan kicaumania untuk mendongkrak stamina burung trucukan agar rajin bunyi adalah memberinya pakan racikan. Pakan racikan tersebut umumnya dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan alami yang sudah terbukti khasiat dan manfaatnya.

Berikut beberapa pakan racikan yang dapat dibuat sendiri di rumah untuk mendongkrak stamina sekaligus menggacorkan burung trucukan:

Pakan racikan berbahan daun mengkudu 

  • Daun mengkudu lebih banyak digunakan para penggemar kenari agar burung kesayangannya itu memiliki suara yang lebih kencang. Tapi ternyata, daun mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina burung trucukan.
  • Cara memberikannya adalah beberapa lembar daun mengkudu direbus sampai mendidih, setelah itu angkat lalu dinginkan. Air rebusan daun mengkudu kemudian dicampur dengan 1 sendok teh madu, kemudian disaring. Hasil saringannya itulah yang dibeirkan kepada burung trucukan.
  • Selain dijadikan sebagai air minumnya, daun mengkudu bisa juga diolah menjadi tepung dengan cara dikeringkan, baik melalui penjemuran maupun dioven. Setelah menjadi kering itulah, daun mengkudu akan lebih mudah ditumbuk untuk dijadikan tepung. Tepung inilah yang kemudian dicampurkan dengan pakan voernya.
Baca:   Cara memilih konin ombyokan yang berkualitas dan prospek

Pakan racikan berbahan gula aren dan asam jawa 

  • Campurkan gula aren dan asam jawa ke dalam air panas, lalu aduk hingga larut dan dinginkan. Setelah dingin, diberikan kepada burung trucukan.

Pakan racikan berbahan buah mengkudu matang 

  • Buah mengkudu matang direbus untuk diambil sarinya saja. Air hasil rebusan itulah yang diberikan pada burung trucukan.
  • Buah dan daun mengkudu direbus dalam panci sampai mendidih, setelah itu masukkan potongan gula merah lalu aduk sampai larut sempurna. Setelah air rebusan berubah warnanya, angkat lalu dinginkan. Setelah dingin bisa dicampur dengan empat sendok madu ke dalam air rebusan tersebut, lalu aduk hingga bercampur merata. Sebelum diberikan, air rebusan disaring terlebih dulu menggunakan saringan atau kain halus.
Baca:   Settingan lovebird fighter ke merem melek

Selain memberikan pakan racikan tersebut, untuk menjadikan trucukan semakin aktif dan rajin ngeropel maka kebutuhan vitamin dan mineralnya harus diperhatikan.

Salah satu suplemen vitamin yang tepat untuk trucukan adalah Sup Plus Bird, karena memiliki kandungan yang lebih lengkap dan bermanfaat. Selain membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari, Sup Plus Bird juga cukup ampuh jadikan burung semakin rajin berbunyi dan cepat ngeropel.

Baca juga: Perawatan dan membuat trucukan rajin berbunyi

Suplemen vitamin Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Bisa juga dipesan melalui chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

Cara merawat burung samyong yang macet bunyi kembali gacor

Samyong memiliki nama daerah Garugiwa yang berarti burung penjaga arwah. Daya tariknya adalah suaranya yang lantang dan bervariasi sehingga mendapat julukan burung seribu suara. Tapi bagaimana jika burung ini kemudian diam seribu bahasa? Untuk mengatasinya, simak cara merawat burung samyong yang macet bunyi kembali gacor berikut ini. Ini dia 6 burung eksotis dan langka yang […]
Read more
lovebird kegemukan

Solusi dan tips jitu atasi lovebird kegemukan

Kegemukan atau obesitas yang terjadi pada lovebird, bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari mengkonsumsi pakan terlalu berlebihan hingga burung yang jarang dilatih bergerak. Kondisi ini tentu akan menurunkan penampilannya, terlebih pada lovebird lomba. Untuk panduan perawatannya, berikut beberapa cara untuk mengatasinya. Ini cara mengenali lovebird sakitPenyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurusTips dan […]
Read more
mengatur birahi lovebird

Mengatur birahi lovebird sebelum digantang

Mengatur birahi lovebird sebelum digantang merupakan satu hal penting yang harus dilakukan agar burung bisa bermain stabil. Lovebird yang kurang birahi tentu akan bermain biasa-biasa saja,  namun ketika pas birahinya maka penampilannya akan jadi luar biasa.  Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lombaRagam solusi atasi lovebird bertingkah nakal di gantanganTips dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?