cucak ijo mini macet bunyi tips

Tips rawatan burung cucak ijo mini yang macet bunyi

Meski tidak sepandai cucak hijau biasa dalam berkicau, namun burung cucak ijo mini (jomin) tetap diminati oleh banyak penggemarnya. Tapi yang namanya burung, selalu saja ada situasi yang membuatnya berhenti berkicau. Untuk mengatasinya, berikut tips rawatan burung cucak ijo mini yang macet bunyi

Nama resminya adalah cica daun kecil (Chloropsis cyanopogon), tampilannya mirip burung cucak hijau biasa, namun ukuran tubuhnya lebih kecil, ramping dengan bulu-bulu yang bewarna hijau terang.

Bagi kicaumania, cucak ijo mini bisa menjadi kicauan alternatif bagi yang tidak bisa meminang burung cucak hijau biasa. Banyak yang tertarik memeliharanya karena burung ini punya suara yang nyaring dan bervariasi, meski tidak sepandai cucak hijau besar.

Tapi karena rawatannya yang mudah, dan harganya yang terjangkau banyak kicaumania mulai melirik burung yang mendapat julukan ijo mini / jomin ini.

Sebagaimana juga burung kicauan lainnya, cucak ijo mini pun bisa mengalami kondisi yang menyebabkannya berhenti berkicau / macet bunyi. Ada banyak faktor yang bisa memicunya, di antaranya adalah:

  • Kondisi burung sedang menurun karena sakit atau mabung.
  • NGEDROP karena terlalu sering berdekatan dengan burung lain yang bersuara kencang dan gacor.
  • Burung yang trauma/shock akibat diserang predator atau sangkar terjatuh dari ketinggian.
  • Burung yang alami trauma karena tertangkap lagi setelah lepas dari sangkarnya.
  • Stres yang disebabkan oleh berbagai hal seperti selalu kekurangan makanan, makanan yang tidak sesuai/tepat, juga karena burung yang tidak bisa dikerodong namun dipaksakan untuk diberikan full kerodong.
  • Stres karena pola rawatan yang tidak teratur, seperti tidak pernah dimandikn dan jemur, juga jarang mendapatkan pakan tambahan yang berasal dari protein hewani.
  • Sangkar yang tidak terjaga kebersihannya.
Baca:   Mengkondisikan burung bakalan agar cepat bunyi

Ketika burung cucak ijo mini alami satu atau beberapa kondisi di atas, maka penampilannya akan cenderung menurun dan burung pun akan menjadi jarang berkicau sehingga harus segera diatasi dengan cara:

  1. Lakukan pengembunan dengan lebih rutin.
  2. Memperbanyak pemberian makanan ekstranya (EF) terutama jangkrik, kroto, ulat hongkong atau ulat kandang.
  3. Berikan pakan-pakan tinggi protein tersebut dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.
  4. Memperbanyak pemberian makanan ekstra (EF) terutama jangkrik dan ulat kandang / ulat hongkong. Berikan makanan yang mengandung protein hewani ini dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  5. Berikan satu cepuk kroto setiap pagi atau saat burung sedang diembunkan.
  6. Berikan buah pisang kepok yang sudah diolesi madu di bagian permukaan dagingnya.
  7. Tambahkan juga variasi buah-buahan yang berasa manis seperti jeruk, pepaya, dan semangka setiap beberapa hari sekali.
  8. Selama masa pemulihan, burung sebaiknya ditempatkan di tempat yang tenang dan jauh dari gangguan burung maupun hewan peliharaan lainnya.
  9. Mandikan burung setiap pagi secara teratur, begitu juga dengan penjemuran yang dilakukan setiap pagi setelah matahari terbit selama 1-2 jam.
  10. Pancing burung untuk bunyi dengan ditempel burung cucak ijo mini betina atau suara rekaman burung dari perangkat mp3 player.
  11. Berikan mulvitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang mengandung bahan anti stres sehingga membantu mempercepat proses pemulihan dan menjadikan burung yang macet bunyi kembali rajin berkicau. Sup Plus Bird dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahannya sehingga dapat mendukung perawatan dan pemulihannya.
Baca:   Lima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebird

Demikian tips rawatan cucak ijo mini yang macet bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cendet agar gacor dan bermental tempur

Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Meski bukan termasuk jenis burung petarung atau fighter, namun cendet memiliki sifat sebagai burung predator. Oleh karena itu, perawatan cendet harus dilakukan dengan penuh perhatian, terutama jika burung ini dipelihara untuk tujuan lomba atau masteran. Untuk panduan perawatannya, berikut tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur. Delapan cara melatih mental cendet muda / paudCara […]
Read more
memaster burung murai batu

Tips memaster burung murai batu agar lebih efektif

Melatih agar burung murai batu mempunyai kemampuan berkicau dengan baik bisa dilakukan dengen pemasteran. Ada beberapa metode pemasteran yang digunakan, mulai dari memanfaatkan burung masteran hingga memutarkan audio masteran dari perangkat mp3. Namun begitu, untuk mendapatkan hasil masteran yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips memaster burung murai batu agar lebih efektif. […]
Read more
rawatan lovebird paud ombyokan

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba

Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba membutuhkan penanganan dengan penuh perhatian. Mulai dari pemberian pakan hingga perawatan harian lainnya, harus rutin dilakukan agar burung bisa terjaga kondisinya sepanjang hari. Tips settingan lovebird untulan agar jeda rapatTips dan cara menjinakkan lovebirdCara mengatasi lovebird yang sering menggigitCara Perawatan Lovebird Kena Snot, Ini Obatnya!Tips mengatasi lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?