menjinakkan sogok ontong yang giras

Tips menjinakkan sogok ontong yang masih giras 

55 / 100

Perawatan burung yang sudah jinak tentu lebih mudah dan nyaman dilakukan karena burung lebih mudah diatur. Namun hal berbeda akan ditemukan pada burung hasil tangkapan hutan yang cenderung masih sangat liar. Selain sering ketakutan saat didekati, sifatnya pun masih giras sehingga sulit untuk dikontrol. Simak tips menjinakkan burung sogok ontong yang masih giras berikut ini.

 

Perawatan burung sogok ontong yang masih bakalan dan liar tentu membutuhkan perhatian yang sangat ekstra, apalagi kondisinya yang masih sangat ketakutan jika didekati manusia. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah melatih burung untuk jinak.

Ada banyak cara menjinakkan burung yang dapat dilakukan, tapi untuk jenis sogok ontong diperlukan cara-cara khusus agar burung tidak mudah stres dan cepat jinaknya.

Berikut beberapa cara menjinakkan sogok ontong yang masih giras dan liar

  • Mandikan burung sampai basah kuyup menggunakan semprotan, lalu tunggu beberapa saat sampai burung sudah tenang di atas tenggerannya. Dalam kondisi bulu yang masih basah, siapkan cepuk kecil yang berisi ulat kandang. Sambil dipegang tangan, cepuk disodorkan langsung ke hadapan burung. Lakukan hal ini secara teratur sampai burung mau mengambilnya dari cepuk dan memakannya langsung.
  • Mandikan burung sampai basah kuyup dengan semprotan, lalu angin-anginkan atau jemur di lantai dengan posisi sangkar dikelilingi burung piaraan kecil lain yang sudah jinak seperti pleci, gelatik batu, kenari, dsb. Hal ini dapat membantu menjadikan burung yang masih giras jadi lebih tenang dan merasa aman. Jika rutin dilakukan, burung tidak akan ketakutan lagi terhadap manusia.
  • Mandikan burung sampai basah kuyup menggunakan semprotan, biarkan sampai tenang di atas tenggerannya. Setelah itu, ambil makanannya (kroto / ulat kandang / daging jangkrik) tusuk menggunakan lidi sepanjang 5 cm, lalu sodorkan pada burung sambil dipegang tangan. Cara ini akan menjadikan burung lebih terbiasa dengan tangan sehingga tidak ketakutan lagi kalau didekati.
  • Selesai dimandikan, burung dijemur di lantai bersama-sama burung piaraan lainnya. Setelah kering, gantungkan sangkarnya di tempat yang ramai aktivitas manusia. Saat berada di dalam rumah, sangkarnya disimpan di lantai ruangan keluarga baik dalam posisi dikerodong maupun tanpa kerodong.
Baca:   Settingan lovebird tua agar stabil di lapangan

 

Itulah beberapa cara menjinakkan burung sogok ontong yang masih giras. Meskipun begitu, masih banyak kicaumania yang mengaku tidak masalah jika burung rawatannya itu tetap giras, karena sudah menjadi karakter dasarnya.

Akan tetapi burung yang sudah jinak meski sekedar jinak lalat, perawatan hariannya tentu akan jadi lebih mudah dan nyaman dilakukan. Selain itu, dapat menjadikan burung lebih rajin bunyi karena sudah terbiasa dengan lingkungan dan orang yang merawatnya

Untuk mendukung perawatan dan proses penjinakkan burung sogok ontong yang masih giras, sobat universitas burung dapat memberikan Nektar Gacor Maxx sebanyak 2 sendok makan setiap harinya. Pemberian nektar racikan ini dapat mencegah burung stres saat dilatih jinak. Kandungan multivitaminnya yang lengkap dapat menjadikan burung lebih berstamina, aktif, dan terpancing untuk selalu rajin berbunyi.

Baca:   Cara merawat pleci lombok agar cepat gacor

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

murai batu kurang ngotot saat lomba

Vitamin yang bagus untuk burung lomba

Burung yang biasa dilombakan akan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kualitas suara dan penampilannya di lapangan. Pemberian suplemen vitamin tambahan secara teratur dapat menjadikan burung selalu aktif, rajin bunyi dan memiliki mental yang baik sebelum maupun setelah dilombakan. Berikut tips memilih vitamin yang bagus untuk burung lomba. Cara melatih mental burung kolibri agar siap […]
Read more
merawat murai batu kurang birahi

Perawatan murai batu tua agar tetap prestasi

Rentang hidup burung murai batu di alam liar umumnya berlangsung selama 7-8 tahun, sedangkan burung yang sengaja dipelihara atau ditangkar mampu hidup lebih panjang lagi. Di kalangan penghobinya, murai batu yang sudah tua pun masih cukup layak untuk dilombakan, bahkan tak sedikit yang kerap menyandang predikat jawara karena umur mapannya itu. Lalu, bagaimanakah perawatan murai […]
Read more
lovebird galak

Ini sebab lovebird mendadak galak

Kebiasaan lovebird yang suka mengejar dan mau menggigit sangat sering dijumpai pada burung yang masih muda dan terlalu jinak. Jika terjadi pada burung rumahan tentu tidak akan mengganggu penampilannya, tapi lain halnya kalau perilaku ini muncul pada burung yang kerap dilombakan. Sebelum melakukan solusi mengatasinya, simak dulu apa saja penyebab mengapa lovebird berubah perilaku jadi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?