sogok ontong anakan

Tips mengenali ciri ciri jantan betina sogok ontong ijoan

7 / 100

Cara paling mudah membedakan jenis kelamin burung sogok ontong yang sudah dewasa adalah dengan mengamati penampilan dan warna bulunya. Tapi bagaimana jadinya jika burung yang akan kita pelihara itu masih berumur anakan atau ijoan? Nah, untuk itu simak tips mengenali ciri ciri jantan betina sogok ontong ijoan berikut ini.

Sogok ontong adalah jenis burung yang memiliki nama resmi burung-madu sriganti atau yang lebih dikenal dengan nama kolibri sriganti. Burung ini memiliki suara kicauan yang sangat pedas dan tajam, sehingga banyak dicari untuk masteran burung kolibri lain seperti kolibri ninja maupun burung kicauan jenis lainnya.

Sogok ontong cukup populer di kalangan kolibri mania, bahkan mempunyai banyak penggemarnya. Tidak sedikit juga yang sengaja mencari anakan burung ini di pasaran, untuk tujuan dilatih mental maupun suara kicauannya.

Namun begitu, burung sogok ontong yang berjenis kelamin jantan yang selama ini dianggap berkemampuan baik dalam berkicau. Nah, pada burung yang sudah remaja atau dewasa, membedakan jantan dan betina tentu akan lebih mudah karena penampilannya yang berbeda.

Namun begitu, burung sogok ontong yang berjenis kelamin jantan yang selama ini dianggap memiliki kemampuan kicauan yang baik dibandingkan dengan burung betina. Pada burung yang dewasa, membedakan jantan dan betina tentu akan lebih mudah dilakukan karena penampilannya yang berbeda.

Baca:   Cara memilih konin ombyokan yang berkualitas dan prospek

Sedangkan pada burung remaja, pemilihan jantan betina burung sogok ontong dapat dilihat dari adanya bercak bulu yang berwarna kehitaman yang terdapat di sekitar dagu hingga dada burung jantan.  Selain itu, bulu-bulu halus di perut hingga pangkal ekor memiliki warna yang lebih cerah.

Hal yang lebih sulit adalah ketika membedakan jantan betina burung sogok ontong yang masih ijoan atau anakan. Penampilan keduanya sangat mirip sehingga bisa menyulitkan saat memilih burung jantan, terutama dalam kandang ombyokan.

Nah, untuk lebih meyakinkan bahwa burung ijoan yang akan dipilih itu berjenis kelamin jantan, maka langkah-langkah berikut ini dapat dilakukan untuk mengenali ciri-ciri jantan betina sogok ontong ijoan.

Penampilan burung sogok ontong ijoan jantan betina dapat dibedakan dengan mengamati beberapa tengara berikut ini:

Ciri-ciri sogok ontong ijoan jantan

  1. Mempunyai warna bulu yang lebih halus, tegas, dan lebih cerah dari betina.
  2. Paruhnya terlihat lebih memanjang, tebal, dan warnanya pun lebih kehitaman.
  3. Alisnya berwarna kuning tegas dengan ukuran yang lebih panjang dan tebal.
  4. Mempunyai kaki-kaki yang lebih jenjang dan besar.
  5. Postur tubuhnya terlihat lebih tegap saat berdiri atau bertengger.
  6. Bentuk kepalanya lebih papak / cepak, dan ukurannya pun lebih besar dari betina.
  7. Pada pangkal paruhnya terdapat warna orange.
  8. Tatapan mata yang tajam dan melotot.
  9. Bulu-bulu ekornya sering dimekarkan.
Baca:   Lima sebab dan cara atasi lovebird rontok bulu

Ciri-ciri sogok ontong ijoan betina

  1. Mempunyai bulu yang berwarna cenderung kuning kusam keputih-keputihan di sekujur tubuhnya.
  2. Paruhnya terlihat lebih tipisdan pendek, dan warnanya pun tidak terlalu hitam.
  3. Alisnya pun pendek, tipis, dan berwarna putih.
  4. Kaki-kaki yang pendek dan kecil sehingga kalau berdiri tidak terlihat tegak atau cenderung membungkuk.
  5. Kepala kecil dan bulat, leher lebih pendek dari burung jantan.
  6. Matanya terlihat kecil.
  7. Pangkal paruh terdapat warna kekuningan, tidak seperti jantan yang berwarna orange.
  8. Bulu ekor berwarna pucat, dan lebih sering menutup / menumpuk.

Selain dari mengenali penampilan, ciri-ciri sogok ontong ijoan jantan betina dapat juga dilihat dari perilakunya, yaitu:

  • Sogok ontong jantan ijoan cenderung rajin bunyi meski dominan ngeriwik.
  • Sogok ontong jantan ijoan terlihat lebih aktif, dan sangat agresif saat mendapatkan makanan, terutama dalam kandang ombyokan.

Itulah beberapa cara mengenali ciri-ciri sogok ontong ijoan jantan dan betina.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

mencetak kenari isian

Tips mencetak kenari isian yang berkualitas

75 / 100 Mencetak kenari isian agar memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemasteran. Namun hal itu bukan perkara yang mudah, karena dibutuhkan ketekunan dan kesabaran agar burung mampu menguasai lagu-lagu masterannya. Berikut tips mencetak kenari bersuara isian. Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropelTips jika kenari bertelur di […]
Read more
tips menjemur lovebird

Tips dan cara menjemur lovebird dengan tepat dan sehat

Perawatan lovebird tidak bisa dilepaskan dari proses penjemurannya setiap hari. Selain membuat burung tetap aktif, menjemur lovebird di waktu dan cara yang tepat juga akan menjadikan burung selalu sehat dan rajin ngekek. Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinyaCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Memilih lovebird bahan berkualitas lomba

Setiap burung jawara memiliki kebiasaan sendiri-sendiri, tak terkecuali lovebird. Hal itu meliputi segala aspek, mlai dari pakan hingga perawatan hariannya. Penanganan khusus ini pun dapat diterapkan pada lovebird yang masih bahan, dengan catatan, harus bisa mengenali dan memilih lovebird bahan berkualitas lomba. Cara memilih dan menyiapkan lovebird bahan untuk lombaRawatan kacer yang sering mbagongPenyebab bulu […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?