merawat sogok ontong mabung

Cara merawat burung sogok ontong yang sedang mabung

11 / 100

Mabung bisa terjadi pada semua jenis burung kicauan, tak terkecuali si mungil sogok ontong. Ketika mabung, perawatan yang tepat harus diberikan karena jika tidak dapat mengganggu penampilan burung setelah mabung usai. Simak cara merawat burung sogok ontong yang sedang mabung berikut ini agar penampilannya makin maksimal.

Perawatan mabung pada burung sogok ontong sebenarnya tidak berbeda dengan burung kicauan lainnya. Namun masih banyak kicaumania yang mengeluhkan perawatan mabung burung mungil yang memiliki nama kolibri sriganti ini.

Adapun keluhan yang sering muncul adalah penampilan burung yang terus menurung paska mabung. Sebagian bahkan mengeluhkan burung sogok ontong rawatannya yang berubah menjadi jarang berbunyi dan tidak segacor seperti sebelum mabung.

Saat mabung, burung akan lebih banyak berdiam diri dan jarang sekali mengeluarkan bunyinya. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat burung akan memanfaatkan energinya yang tersisa untuk proses peluruhan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru.

Jika sewaktu mabung, burung terus dipaksa untuk melakukan aktivitas maupun kegiatan yang memancingnya untuk terus berbunyi, sudah barang tentu, proses mabung akan terhambat. Kondisi inilah yang kemudian memicu munculnya berbagai masalah setelah burung selesai mabung.

Baca:   Penyebab dan cara mencegah burung stres

Berikut beberapa tips merawat burung sogok ontong yang sedang mabung:

  1. Pengerodongan dilakukan untuk tujuan membuat burung lebih nyaman saat menjalani masa mabungnya. Dengan demikian, burung akan lebih memiliki cukup energi untuk membereskan mabungnya. Pengerodongan tentu tidak perlu dilakukan selama satu hari penuh, tetapi bisa dilakukan dalam waktu-waktu tertentu saja misalnya dari siang sampai sore hari, dan dari malam sampai dengan pagi hari.
  2. Gantang di tempat yang tenang, dan jauh dari suasana yang membuatnya kurang aman dan nyaman. Selain itu, hindari juga menggantungkan sangkarnya dekat dengan burung piaraan lain yang memiliki sifat agresif seperti kacer, murai batu, srigunting, dan cendet.
  3. Akan lebih baik lagi jika sangkarnya digantungkan pada batang pohon yang rindang di lingkungan yang sedikit berangin.
  4. Selama mabung, sogok ontong harus mendapatkan asupan pakan yang tinggi kandungan nutrisi dan vitaminnya. Untuk hal ini Anda bisa mempercayakan pada pakan Nektar Gacor Maxx karena memiliki kandungan bahan-bahan yang lengkap dan kaya manfaatnya.
  5. Pakan nektar gacor maxx akan menjadikan burung lebih berstamina dan memiliki energi yang cukup untuk melewati masa mabungnya dengan sempurna. Selain itu, pemberian nektar gacor maxx secara rutin setiap hari selama mabung juga akan sangat berpengaruh terhadap penampilannya paska mabung. Burung akan jadi lebih gacor, berstamina, memiliki penampilan bulu yang lebih sehat dan berkilauan, serta mental yang lebih baik dari sebelum mabung.
  6. Untuk melengkapi kebutuhan protein hewaninya, sobat dapat memberikan tambahan beberapa butir kroto sebagai makanan tambahannya atau EF.
  7. Selama mabung, stop dulu perawatan mandi dan jemurnya, begitu juga pengembunan terutama saat burung sedang dalam proses peluruhan bulu-bulu lamanya. Setelah mulai tumbuh bulu, baru dilakukan perawatan mandi dan jemur secara bertahap.
  8. Pastikan untuk menjaga kebersihan sangkar dan lingkungannya selama burung menjalani masa mabungnya.
    Jika diperlukan, Sobat bisa melakukan pemasteran agar burung sogok ontong lebih rajin bunyi dengan suara dan lagu-lagu yang lebih bervariasi setelah mabung usai.
Baca:   Cara merawat burung samyong yang macet bunyi kembali gacor

Demikian tips perawatan burung sogok ontong yang sedang mabung.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Kenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinya

Gangguan pernafasan adalah masalah paling umum yang menimpa burung kenari. Penyebabnya beragam mulai dari polusi udara, penyakit hingga infeksi tungau. Kenari yang alami sakit pernafasan tentu tidak akan bisa berkicau dengan baik, sehingga pengobatan dan perawatan yang tepat harus segera diterapkan. Untuk mengatasinya, simak beberapa tipsnya berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serakKenari […]
Read more

Perawatan kolibri bakalan agar rajin bunyi dan ngobra

Kolibri ninja aka konin adalah jenis burung-madu yang popular di kalangan kicaumania karena penampilan dan suaranya. Kolibri ninja terkenal bukan hanya sebagai burung rumahan saja, tetapi juga sudah menjadi burung masteran dan lomba yang digemari di berbagai daerah. Cara melatih mental burung kolibri agar siap lombaCara merawat burung kolibri yang masih liarFakta unik & menarik […]
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Settingan alternatif lovebird macet kembali gacor

Perawatan lovebird yang macet bunyi membutuhkan penanganan yang sangat teratur, terutama untuk memulihkan kondisinya agar burung kembali rajin bunyi alias gacor. Settingan alternatif berikut ini dapat diterapkan untuk menggacorkan kembali lovebird macet bunyi.  Empat faktor pemicu lovebird macet bunyiSettingan single fighter untuk lovebird yang tidak mau jalan di lombaIni cara mengatasi lovebird gacor di rumah […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?