cucak jenggot galak over birahi

Cara mengatasi cucak jenggot agresif / galak karena over birahi

4 / 100

Over birahi atau OB dapat memicu perubahan perilaku pada burung yang mengalaminya, salah satunya adalah menjadi agresif atau galak. Kondisi ini juga kerap dijumpai pada burung cucak jenggot yang alami over birahi. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini. 

Burung cucak jenggot yang mudah dalam perawatannya, ternyata paling sering mengalami over birahi. Kondisi itu bisa dipicu oleh berbagai faktor mulai dari perawatan yang tidak tepat hingga pemberian pakan yang terlalu berlebihan.

Saat mengalami over birahi burung cucak jenggot akan alami perubahan perilaku mulai dari burung betina yang langsung bertelur, cabut bulu, dan berubah jadi sangat agresif atau galak.

Untuk mengatasi burung cucak jenggot yang berubah jadi agresif dan galak yang disebabkan oleh over birahi, maka beberapa penanganan berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

  • Meredam birahi burung cucak jenggot tersebut dengan rutin memberikan pengembunan setiap pagi. Pengembunan dilakukan satu jam sebelum matahari terbit, karena pada saat itulah suhu dan udara yang baik sangat berlimpah. Selain dapat mendinginkan suhu tubuh sehingga birahi jadi lebih stabil, hal ini juga dapat membantu memberikan kesegaran dan mendongkrak stamina burung cucak jenggot tersebut
  • Mengurangi sifat agresif dan galak bisa juga dilakukan dengan memandikan burung secara rutin misalnya mandi yang biasanya diberikan 1 x sehari kini bisa lebih dirutinkan menjadi 2-3 x sehari yang bisa dilakukan setiap pagi, siang, dan sore hari.
  • Selama masa terapi pemulihannya, jaga kondisi burung cucak jenggot dengan tidak memberikan penjemuran di bawah sinar matahari. Kalaupun ingin memberikan penjemuran, bisa dilakukan dalam waktu yang sangat pendek atau cukup diangin-anginkan saja.
  • Untuk mempercepat proses pemulihan, berikan pakan buah-buahan yang lebih bervariasi. Adapun untuk pemberian voer mulai dikurangi, jadi burung hanya memakan buah-buahan saja yang bervariasi khususnya yang banyak kandungan airnya seperti buah naga, pepaya, jeruk, dan lain sebagainya.
  • Kurangi pemberian pakan tambahan atau extra fooding khususnya jangkrik dan ulat hongkong. Setiap dua hari sekali, cucak jenggot diberikan 2-3 ekor ulat bambu untuk menetralisir birahinya.
Baca:   Beda jantan dan betina mozambik

Agar proses pemulihan bisa berlangsung dengan efektif segera berikan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang bermanfaat mencegah stres serta menjaga kondisi burung selama terapi. Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Shopee, maupun di Bukalapak. Bisa juga dipesan langsung melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Lakukan pengumbaran dengan lebih rutin. Pengumbaran bermanfaat meredam birahi burung cucak jenggot yang ketinggian, selain itu juga untuk mendukung kesehatan fisik dan mentalnya.

Untuk mengurangi sifat agresifnya, jauhkan burung dari keberadaan burung sejenis maupun burung kicauan lainnya. Selama beberapa hari burung dikarantina dahulu di tempat yang tenang sampai kondisinya telah kembali pulih.

Baca:   4 cara mengasah mental lovebird paud

Lakukan hal-hal di atas dengan rutin dan teratur, sehingga burung bisa pulih kondisinya dan bisa dibawa kembali ke arena lomba maupun untuk dirawat sebagai burung masteran.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengenal burung samyong si peniru yang ulung

Samyong siapa yang tidak kenal dengan burung asli NTT ini. burung samyong atau Bare-throted Whistler (Pachycephala nudigula) adalah burung pengicau dari keluarga Pachycephalidae yang termasuk kedalam genus Pachycephala. Keberadaan burung jenis ini hanya berada di wilayah Indonesia atau lebih jelasnya merupakan salah satu burung epidemik Nusa Tenggara Timur ( NTT ) berukuran sedang, kira-kira 18-19 […]
Read more

Mengenal Burung Tledekan

Burung Tledekan mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm. Membedakan Jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan dibandingkan dengan burung tledekan betina. Contoh pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Jenis Niltava ini belakang biru tua dan satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam […]
Read more

Cara membedakan cucak rowo jantan dan betina

Cucak Rawa atau Pycnonotus zeylanicus, seperti nama yang disandangnya memiliki habitat asli disekitar rawa, tepian sungai atau tepian hutan.  Ciri-ciri umum dari burung cucak rowo adalah sebagai berikut: Memiliki mahkota dan penutup telinga dengan warna jingga atau kuning jerami pucat. Pada bagian mata terdapat garis horizontal berwarna hitam. Pola bulu pada bagian belakang adalah kombinasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?