sogok ontong jantan betina cara membedakan

Cara membedakan sogok ontong jantan dan betina

63 / 100

Suara kicauan kolibri sriganti atau lebih populer dengan sebutan sogok ontong lebih pedas dan tajam dari kolibri jenis lainnya. Karena itu, tak heran kalau burung ini banyak dicari untuk masteran dan lomba. Akan tetapi, hanya burung jantan yang dianggap punya kemampuan kicauan yang baik. Untuk itu, berikut adalah cara membedakan sogok ontong jantan dan betina.

Selain suara cerecetannya yang tajam itu, sogok ontong juga punya gaya yang sangat menarik sewaktu berbunyi. Itu sebabnya, burung ini sangat populer di kalangan kolibri mania. Jenis ini memang paling banyak dicari, khususnya untuk masteran burung kicauan jenis lainnya, mulai dari cendet, murai batu, cucak hijau, hingga kacer.

Dari beberapa jenisnya, burung sogok ontong yang berjenis kelamin jantan lebih disukai karena memiliki kemampuan bergaya dan berkicau dengan lebih baik dari burung betina. Adapun untuk membedakan jenis kelaminnya akan lebih mudah dilakukan saat burung sudah berumur dewasa.

Baca:   Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lomba
beda jantan betina sogok ontong
Perbedaan burung sogok ontong jantan dan betina

 

Penampilan burung jantan sangat kontras dengan betina yang cenderung berbulu kusam. Adapun ciri-ciri umum yang dapat diperhatikan adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri sogok ontong jantan dewasa

  • Memiliki bulu di bagian dagu hingga dada yang berwarna hitam mengkilap kebiruan.
  • Bulu di bagian dada hingga perut yang berwarna kuning cerah mengkilap.
  • Bentuk paruh yang panjang, besar, tebal dan melengkung.
  • Kepala yang berbentuk lebih cepak dan lebih besar dari burung betina.
  • Suara kicauan yang relatif lebih keras dan tajam.

Ciri-ciri sogok ontong jantan betina

  • Tidak memiliki bulu berwarna hitam kebiruan mulai dari dagu hingga dadanya.
  • Warna bulu di bagian dada hingga perut yang berwarna kuning kusam.
  • Paruh berbentuk tipis, dan lebih pendek.
  • Kepala terlihat lebih bulat dan kecil.
  • Suara kicauan terdengar lebih halus.
Baca:   Tips memilih sogok ontong ombyokan prospek

Nah, itulah tips dan cara membedakan jantan dan betina burung sogok ontong yang sudah dewasa. Adapun membedakan jantan dan betina burung sogok ontong yang masih ijoan atau anakan tentu akan membutuhkan lebih banyak pengamatan maupun tingkah lakunya. Hal ini tentunya akan kita jelaskan dalam artikel berikutnya.

Mengenali ciri-ciri sogok ontong jantan betina ijoan 

Semoga bermanfaat

 

 

 

Related Articles

cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Beberapa cara menggoda agar lovebird ngekek

Lovebird sebenarnya memiliki suara kicauan yang bervariasi, namun banyak lovebird mania yang lebih suka kalau burung rawatannya itu rajin mengeluarkan suara ngekeknya. Berbagai macam cara pun akan dilakukan agar lovebird mereka tambah rajin ngekek. Simak beberapa cara menggoda agar lovebird ngekek berikut ini.  Settingan lovebird fighter ke konsletTerapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorPakai mika, […]
Read more
setting lovebird betina ngunci konslet koloni

Settingan lovebird betina sistem koloni agar stabil

Settingan untuk lovebird bisa dilakukan dengan berbagai cara yang dianggap tepat. Bagi banyak lovebird mania, settingan untuk burung betina yang sudah ngunci agar stabil adalah dengan menerapkan sistem koloni. Nah, berikut adalah cara setting lovebird betina  sistem koloni agar stabil. Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelurCara setting lovebird betina untuk lombaTips jebol birahi lovebird jantan […]
Read more
kecubung untuk lovebird

Manfaat dan efek samping kecubung pada lovebird

Penampilan bunga kecubung yang mirip terompet menjadikan banyak orang tertarik untuk memetiknya. Namun dibalik kecantikannya itu, kecubung tak hanya dianggap bermanfaat saja, tapi juga memiliki efek samping yang bisa sangat membahayakan. Di kalangan lovebird mania pun pernah viral mengenai penggunaan tanaman ini yang konon bisa menjadikan burung makin gacor. Benarkah begitu? Simak manfaat dan efek […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?