tips ternak kenari

Tips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami telur

9 / 100

Indukan kenari mampu bertelur sebanyak 2 s/d 5 butir telur saat berkembang biak, namun rata-rata jumlah telur yang dihasilkan di penangkaran paling banyak 4 butir saja. Kondisi tersebut umumnya dipengaruhi oleh faktor rawatan dan asupan pakannya. Berikut tips dan cara merawat indukan kenari yang sedang mengerami telur.

Setelah indukan kenari terpantau melakukan proses perkawinan, maka dalam waktu dua-tiga minggu kemudian induka betina akan mulai menyusun sarang dan bertelur. Telur biasanya akan diletakkan antara jam 4 s/d 8 pagi hari.

Indukan yang sedang mengerami telur-telurnya tersebut harus dirawat dengan sebaik mungkin agar telur bisa menetas dan anakannya akan menjadi burung yang berkualitas. Jika tidak dirawat dengan baik maka bisa menyebabkan induk rentan stres sehingga telur menjadi gagal menetas.

Oleh karena itulah, perawatan pada waktu induk kenari sedang bertelur dan atau mengerami telur-telurnya harus dilakukan dengan cara yang tepat dan disesuaikan kebutuhannya.

Berikut tips dan cara merawat induk kenari yang sedang bertelur:

  1. Perhatikan kondisi suhu di sekitar kandang ternaknya. Jika kondisi suhu terlalu kering maka bisa menyebabkan telur gagal menetas karena sarang yang kehilangan kelembabannya. Untuk mengatasinya, letakkan spons basah di dasar kandang ternaknya tersebut. Pemberian spons basah bertujuan untuk memberikan kelembaban yang dibutuhkan burung saat mengerami telur-telurnya. Selain spons basah, Anda juga bisa menyediakan pelembab elektronik otomatis seperti humidifer.
  2. Hindar menjemur indukan kenari saat sedang bertelur maupun mengerami telur-telurnya. Penjemuran berlebihan dapat memicu kondisi birahi jadi tidak stabil sehingga burung akan lebih sering meninggalkan sarang dan mengabaikan telur-telurnya.
  3. Berikan induk kenari jantan dan betina dengan multivitamin yang tepat. Pemberian vitamin tambahan tersebut dibutuhkan untuk melengkapi asupan gizi dan nutrisi indukan saat sedang mengerami telur. Sup Plus Bird adalah multivitamin yang tidak diragukan lagi kandungan dan kualitasnya. Selain kaya akan kandungan vitamin yang dibutuhkan burung indukan, Sup Plus Bird juga mampu mendongkrak stamina dan daya tahan burung, khususnya saat sedang bertelur dan mengeraminya.
  4. Biasanya, indukan kenari jantan maupun betina akan saling bergantian dalam mengerami telur-telurnya. Oleh karena itu, pemberian pakan tambahan yang bervariasi harus dilakukan untuk menjaga kondisi keduanya. Pakan yang harus disediakan saat ini adalah pakan biji-bijian yang lengkap dan bagus kualitasnya seperti Canary Seed Herbal, dan dilengkapi juga dengan pakan tambahan yang terdiri dari sayur dan dedaunan hijau, telur rebus, serta beberapa jenis buah-buahan.
  5. Agar induk kenari lebih tenang dan fokus saat bertelur maupun mengerami telur-telurnya tersebut, maka jauhkan dari keberadaan burung kenari lain yang sudah gacor. Karena tak jarang, kenari yang sedang mengeram akan keluar dari sarang begitu mendengar suara kicauan kenari jantan lain yang sudah gacor.
  6. Jaga kebersihan lingkungan dan kandang ternaknya. Kandang yang kotor dapat mengundang kedatangan binatang pengganggu seperti semut atau tikus yang dapat menggagalkan upaya ternak kenari yang sedang kita usahakan tersebut. Kotoran yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sumber penyakit yang disebabkan oleh parasit, bakteri, jamur, dan tungau.
Baca:   Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinya

Demikian tips dan cara merawat induk kenari yang mengerami telur.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut bulu

Kacer kanibal, begitu kicaumania di dalam negeri menyebut perilaku burung kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Dalam istilah internasional, perilaku tersebut dikenal dengan sebutan Feather Plucking dan umum dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, tidak terkecuali kacer. Bagaimana cara mengatasinya jika terjadi pada burung kacer? Simak tipsnya berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi […]
Read more

Solusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakan

Kenari sering dianggap sebagai jenis burung yang cepat beradaptasi dan gampang untuk berbunyi. Akan tetapi, jika tidak disertai dengan pola rawatan yang tepat, maka burung tidak akan bisa tampil dengan maksimal, termasuk ketika dibawa ke lapangan. Banyak kenari mania mengeluh kalau burung rawatannya itu tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya saat dilombakan. Untuk menanganinya, yuk […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Tips perawatan lovebird betina cepat konslet dan fighter

Lovebird konslet identik dengan burung jantan. Namun begitu, tidak berarti bahwa lovebird betina tidak punya kemampuan untuk itu. Jika dirawat dnegan cara yang tepat, lovebird betina pun akan cepat gacor, fighter, dan konslet. Setelan harian & lomba lovebird betina single fighterMengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelurSettingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lombaSettingan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?