Rawatan kacer yang sering mbagong

Rawatan kacer yang sering mbagong

53 / 100

Mbagong adalah istilah yang disematkan kepada burung kacer yang memiliki perilaku sering meggembungkan tubuhnya seperti kuda laut. Biasanya hal ini dilakukan saat kacer sedang dilombakan dengan burung kacer lainnya. Ada banyak penyebab mengapa kacer sering mbagong, dan berikut adalah cara perawatannya.

Di beberapa daerah, perilaku kacer yang sering menggembungkan tubuhnya itu dikenal dengan sebutan mbagong, mbedesi, ngebalon, nguda-laut, dan sebagainya. Kondisi ini sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan karakter alami dari burung kacer yang dipicu oleh faktor stamina dan mentalnya.

Akan tetapi, perilaku yang demikian tidak baik juga jika dilakukan terus menerus oleh burung kacer karena dapat mengurangi penilaiannya di arena lomba. Selain itu, penampilannya pun akan jadi kurang enak dilihat meskipun burung selalu rajin berbunyi dengan suara kicauannya yang bervariasi.

Baca:   Settingan alternatif jebol birahi lovebird paud dan bakalan

Untuk merawat kacer yang sering mbagong maka dibutuhkan beberapa pola rawatan yang teratur dengan didukung terapi untuk membantu pemulihan kondisinya. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Memberikan mandi dengan lebih sering, terutama pada pagi, siang, dan sore harinya.
  • Selain itu, mandi malam pun bisa diberikan setiap 3 hari sekali.
  • Lakukan terapi mandi pasir saat burung akan dijemur. Hal ini dapat membantu memulihkan stamina dan mentalnya dengan cepat. Mandi pasir dilakukan dengan menyediakan karamba mandi namun dengan bak mandi yang berisi penuh pasir bersih. Mandi pasir bisa dilakukan setiap minggu sekali.
  • Mengatur ulang pemberian pakan tambahan (EF) menjadi lebih sedikit dari biasanya.
  • Memberikan pakan tambahan alternatif seperti cacing tanah atau ulat bambu sebanyak 2 ekor setiap 2-3 hari sekali.
  • Berikan suplemen vitamin Gacor Maxx yang dapat membantu mencegah burung stres, macet bunyi, serta untuk mendukung pemulihannya dengan cepat. Pemberian secara rutin dapat meningkatkan stamina dan mentalnya sehingga bisa meminimalisir perilaku mbagongnya.
Baca:   Cara menjinakkan kacer giras agar cepat gacor

Selama terapi, hindari melombakan atau mendekatkan burung kacer tersebut dengan burung sejenis.

Demikian tips mengatasi kacer yang sering mbagong.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel. Tips mencetak kenari isian yang berkualitasAneka […]
Read more

Cara memilih jalak suren di kandang ombyokan

Burung jalak suren yang aktif dan rajin bunyi sangat disukai oleh banyak orang. Di pasaran pun jenis burung ini umumnya dijual dalam kandang ombyokan. Jika pintar memilih, akan didapatkan burung yang kecerdasannya di atas rata-rata dan cepat sekali gacornya. Untuk itu, simak cara memilih jalak suren di kandang ombyokan berikut ini. Perawatan jalak suren trotolan […]
Read more

Cara merawat lovebird yang sedang mabung

Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu lama yang sudah tua ke bulu baru yang masih sehat dan kuat. Hal ini merupakan proses alami yang akan dihadapi oleh semua jenis burung dan unggas, tak terkecuali lovebird. Agar proses mabung berlangsung cepat dan lancar, maka perawatannya harus diperhatikan. Berikut cara merawat lovebird yang sedang mabung. Penting, 4 […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?