Rawatan kacer yang sering mbagong

Rawatan kacer yang sering mbagong

53 / 100

Mbagong adalah istilah yang disematkan kepada burung kacer yang memiliki perilaku sering meggembungkan tubuhnya seperti kuda laut. Biasanya hal ini dilakukan saat kacer sedang dilombakan dengan burung kacer lainnya. Ada banyak penyebab mengapa kacer sering mbagong, dan berikut adalah cara perawatannya.

Di beberapa daerah, perilaku kacer yang sering menggembungkan tubuhnya itu dikenal dengan sebutan mbagong, mbedesi, ngebalon, nguda-laut, dan sebagainya. Kondisi ini sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan karakter alami dari burung kacer yang dipicu oleh faktor stamina dan mentalnya.

Akan tetapi, perilaku yang demikian tidak baik juga jika dilakukan terus menerus oleh burung kacer karena dapat mengurangi penilaiannya di arena lomba. Selain itu, penampilannya pun akan jadi kurang enak dilihat meskipun burung selalu rajin berbunyi dengan suara kicauannya yang bervariasi.

Baca:   Settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lomba

Untuk merawat kacer yang sering mbagong maka dibutuhkan beberapa pola rawatan yang teratur dengan didukung terapi untuk membantu pemulihan kondisinya. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Memberikan mandi dengan lebih sering, terutama pada pagi, siang, dan sore harinya.
  • Selain itu, mandi malam pun bisa diberikan setiap 3 hari sekali.
  • Lakukan terapi mandi pasir saat burung akan dijemur. Hal ini dapat membantu memulihkan stamina dan mentalnya dengan cepat. Mandi pasir dilakukan dengan menyediakan karamba mandi namun dengan bak mandi yang berisi penuh pasir bersih. Mandi pasir bisa dilakukan setiap minggu sekali.
  • Mengatur ulang pemberian pakan tambahan (EF) menjadi lebih sedikit dari biasanya.
  • Memberikan pakan tambahan alternatif seperti cacing tanah atau ulat bambu sebanyak 2 ekor setiap 2-3 hari sekali.
  • Berikan suplemen vitamin Gacor Maxx yang dapat membantu mencegah burung stres, macet bunyi, serta untuk mendukung pemulihannya dengan cepat. Pemberian secara rutin dapat meningkatkan stamina dan mentalnya sehingga bisa meminimalisir perilaku mbagongnya.
Baca:   Rawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi

Selama terapi, hindari melombakan atau mendekatkan burung kacer tersebut dengan burung sejenis.

Demikian tips mengatasi kacer yang sering mbagong.

Semoga bermanfaat

Related Articles

merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

70 / 100 Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor – Cucak jenggot memiliki suara kicauan yang rapat dan tajam sehingga dapat menjadi masteran yang bagus untuk beberapa jenis burung ocehan populer lainnya. Namun tak jarang, meski sudah dirawat cukup lama tapi burung cucak jenggot cenderung malas mengeluarkan suara besetannya tersebut. Untuk itu, simak […]
Read more

Kesalahan dalam perawatan lovebird jantan menuju konslet

Menyetting lovebird jantan tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Kesalahan sedikit dalam perawatannya saja bisa menjadikan burung rentan macet, sehingga harus mengulangi lagi perawatannya dari nol. Empat tahapan mencetak lovebird konsletTips dan settingan lovebird konslet jantan betinaTips dan settingan lovebird balibu ombyokanManfaat kecap dan efek sampingnya kepada lovebirdLima metode atasi over birahi (OB) pada […]
Read more

Tips menjinakan burung kacer

  Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Muda Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?