settingan kolibri ninja gacor

Cara merawat burung kolibri yang masih liar

63 / 100

Cara merawat burung kolibri yang masih liar harus dilakukan dengan penuh perhatian, terutama agar burung terhindar dari stres yang berdampak pada kondisi kesehatannya. Selain itu, perawatan yang tepat juga dapat menjadikan burung tetap aktif dan rajin berbunyi.

Pada dasarnya, perawatan semua jenis burung kolibri tidak jauh berbeda dengan rawatan burung ocehan lain seperti pleci, ciblek, dll. Tapi yang membedakan adalah pengaturan pakan yang harus disesuaikan dan penanganan hariannya, karena burung kolibri dikenal rentan stres jika tidak mendapatkan rawatan dengan semestinya.

Perhatian yang lebiih khusus pun harus diberikan saat memelihara burung kolibri bakalan yang masih liar, baik untuk burung trotolan maupun dewasa. Nah, sebagai panduan perawatannya, berikut beberapa cara merawat burung kolibri liar agar lebih aktif dan rajin bunyi:

Penempatan sangkar

Untuk menjaga burung agar tidak mudah stress, maka burung kolibri yang masih liar itu sebaiknya dipisahkan dulu dari keberadaan burung peliharaan lainnya. Tempatkan burung di lokasi yang tenang, sejuk, dan jauh dari aktivitas manusia. Pemilihan lokasi ini bertujuan agar burung lebih cepat beradaptasi dengan sangkar maupun lingkungannya. Nantinya, setelah 3 s/d 5 hari, burung bisa dipindahkan ke tempat gantangan biasa yang berdekatan dengan burung peliharaan lain di rumah (jika ada).

Baca:   Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Pemberian pakan

Untuk menjaga kondisinya sepanjang hari, burung kolibri yang masih liar tersebut harus diberikan makanan yang tinggi kandungan nutrisi dan vitaminnya. Selain untuk meningkatkan stamina, pakan yang tepat dapat menjadikan burung tetap aktif dan terpancing untuk lebih rajin berkicau.

Selama ini, banyak kolibri mania yang meracik bahan pakan sendiri untuk kebutuhan makanan burung kesayangannya. Nah, kalau gak mau repot ada pakan racikan yang dibuat secara khusus untuk memenuhi asupan pakan burung kolibri yaitu Nektar Gacormaxx.

Nektar Gacor Maxx 100ml

Nektar gacormaxx ini bisa diberikan sebagai pengganti pakan racikan namun dengan kandungan yang lebih bervariasi dan kaya manfaatnya. Bayangkan saja, dalam setiap ml nektar gacormaxx yang dikonsumsi burung kolibri sudah terdapat kandungan seperti nektar, sari kelapa, madu asli, susu, saripandan, minyak nabati, sukrosa, pengatur keasaman, susu bubuk, dan mineral. Yang lebih mantap lagi, nektar gacormaxx tidak hanya berfungsi sebagai makanan utama saja tetapi juga memilik fungsi sebagai suplemen multivitamin dan juga pengganti pakan tambahan (EF) khususnya saat kroto sedang sulit didapatkan.

Jika burung kolibri rutin mengkonsumsi nektar gacormaxx maka perubahan penampilan akan langsung terlihat, yaitu:

  1. Burung yang menjadi lebih aktif dan gacor dari biasanya,
  2. Semakin terjaga kondisi dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari,
  3. Mampu mengatasi masalah penyakit kurus atau nyilet,
  4. Memperbaiki metabolisme dan memulihkan burung yang macet bunyi,
Baca:   Memilih masteran yang sesuai untuk kenari

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa menambahkan kroto atau pakan tambahan (EF) lain setiap dua – tiga hari sekali.

Perawatan rutin

Rawatan rutin untuk burung kolibri yang masih liar terdiri atas perawatan yang umum seperti:

  • Pengembunan setiap pagi yang dilanjutkan dengan pemberian mandi setelah matahari terbit.
  • Penjemuran yang rutin dilakukan dengan durasi tidak lebih dari satu jam.
  • Pemberian kerodong jika dibutuhkan, atau saat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Pelatihan – pelatihan rutin yang meliputi pemasteran dengan suara yang sesuai karakter, memancing bunyi dengan burung kecil lain yang sudah rajin bunyi seperti pleci atau gelatik batu, juga pengumbaran di dalam kandang luas yang berguna untuk melatih kekuatan nafas dan sayapnya.

Demikian cara merawat burung kolibri yang masih liar.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya

Murai batu dengan ekornya yang panjang menjadikan penampilannya makin eksotis, terlebih ketika bergerak ekornya akan melambai-lambai dengan elegan. Namun sering muncul berbagai permasalahan terkait ekor panjangnya itu, sehingga dibutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dari jenis burung piaraan lainnya. Cara mengatasi suara serak pada murai batuTips atasi murai batu kurang ngototCara mengatasi murai batu telat panas […]
Read more

Penyebab dan cara mengatasi kacer nyilet

Penyakit kurus dada nyilet menjadi mimpi buruk bagi kicaumania yang kerap melombakan burung rawatannya, apalagi penyakit ini dikenal sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini pun bisa menyerang semua jenis burung peliharaan, tak terkecuali kacer. Jika tidak segera ditangani, resiko kematian akan terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut […]
Read more

Lima penyebab lovebird jadi kurang gacor

Perawatan lovebird agar selalu aktif dan rajin bunyi, tidaklah cukup hanya dengan memberinya makanan dan minuman saja. Butuh perawatan lanjutan yang sangat teratur, termasuk memahami keinginannya. Tanpa rawatan yang teratur tersebut, burung yang tadinya gacor pun akan berkurang kegacorannya. Berikut 5 (lima) penyebab lovebird jadi kurang gacor. Empat faktor pemicu lovebird macet bunyiLima metode atasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?