Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomb

Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji

65 / 100

Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomba – Ngeruji adalah istilah yang ditujukan kepada burung yang kerap menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar. Biasanya hal ini dilakukan sambil berusaha mengejar-ngejar burung lain. Pada burung kacer yang sedang dilombakan, ngeruji dapat mengurangi penampilannya saat bertanding. Selain mengurangi penilaian, hal ini juga dapat menjadikan burung tidak bisa berkicau maksimal.

Ngeruji pada burung kacer dapat terjadi dapat dipicu oleh beragam faktor, mulai dari over birahi (OB) hingga burung yang over emosi. Jika hal ini terus dibiarkan tentu dapat mengurangi penampilannya saat dilombakan. Selain itu, kacer pun akan menjadi rentan stres.

Berikut tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomba

1. Lakukan pengembunan

Mengembunkan burung di pagi hari dapat membantu meningkatkan stamina dan mentalnya. Selain itu, kacer pun akan terhindar dari perilaku ngeruji karena pengembunan dapat membantu menstabilkan birahi burung yang terlalu tinggi.

Baca:   Tips mengatasi lovebird sering gigit kuku dan jari

2. Mengurangi pakan tambahan (EF)

Selama terapi, kacer tidak diberikan pakan tambahan (EF) yang berlebihan tetapi pemberiannya justru dikurangi terutama kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Setiap beberapa hari sekali, burung diberikan pakan ulat bambu atau cacing tanah untuk menjaga kondisi birahinya. Jika dibutuhkan, kacer dapat juga diberikan makanan buah-buahan seperti pisang atau pepaya manis.

3. Rutin dimandikan

Memandikan kacer secara rutin setiap hari dapat membantu meminimalisir perilaku ngerujinya. Mandi dapat menurunkan birahi dengan cepat, sehingga selama terapi pemulihan kacer harus dimandikan dengan lebih sering, termasuk mendapatkan mandi malam.

4. Mengurangi penjemuran

Penjemuran yang terlalu berlebihan dapat menaikkan birahi burung kacer dengan cepat penyebab over birahi maupun over emosi. Selama terapi, penjemuran untuk kacer dikurangi durasinya atau dihentikan dulu untuk sementara waktu.

Jika diperlukan, penjemuran dapat dilakukan pada pagi hari dalam durasi tidak lebih dari 30 menit. Lakukan penjemuran di tempat yang jauh dari keberadaan burung peliharaan lainnya.

Baca:   Ciri ciri lovebird hijau yang prospek untuk lomba

5. Memasang jebakan tali ties

Memasang jebakan menggunakan tali ties atau tali pengikat kabel di setiap jeruji dapat mencerah burung kacer menghampiri jeruji sangkarnya. Dengan demikian, burung akan selalu berada di atas tenggerannya dan enggan untuk ngeruji.

Selain pola rawatan di atas, mengatasi kacer yang sering ngeruji harus didukung dengan pemberian multivitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird. Pemberian suplemen vitamin tersebut sangat membantu dalam menjaga kondisi dan menjadikan birahinya tetap stabil.

Jika rutin dikonsumsi, Sup Plus Bird dapat membantu mengurangi perilaku ngeruji burung kacer saat dilombakan.

Itulah tips mengatasi kacer yang sering ngeruji.

Semoga bermanfaat

Related Articles

setelan lovebird kurang birahi untuk lomba

Menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba

Melombakan burung lovebird yang sedang tidak berada dalam kondisi birahi yang cukup / kurang birahi, tentu hanya akan menjadikan burung tidak akan tampil seperti biasanya. Dalam beberapa kasus, lovebird akan cenderung gampang stres ketika bertemu lawan main yang sudah mapan dan fighter. Untuk itu, simak tips menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba berikut ini. […]
Read more

tips mengatasi burung yang mabung tidak tuntas

Burung yang sudah mengalami pergantian bulu ( melewati masa mabung ) tetapi masih ada bulu bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk disebut dengan mabung yang tidak / belum tuntas. maka hal yang harus kita lakukan adalah rajin memandikan dan menjemur burung secara bertahap. sebaiknya burung harus sering dimandikan setidaknya 1 kali sehari dengan proses penjemuran […]
Read more
Perawatan burung anis merah setelah mabung

Perawatan burung anis merah setelah mabung

64 / 100 Perawatan burung anis merah setelah mabung harus dilakukan dengan cara yang tepat agar burung tetap aktif dan rajin bunyi. Tanpa perawatan yang tepat tersebut, anis merah akan cenderung malas bunyi atau bahkan macet bunyi meski telah menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna. Empat penyebab anis merah ngedropTips mengatasi burung anis merah yang sering […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?