Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomb

Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji

65 / 100

Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomba – Ngeruji adalah istilah yang ditujukan kepada burung yang kerap menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar. Biasanya hal ini dilakukan sambil berusaha mengejar-ngejar burung lain. Pada burung kacer yang sedang dilombakan, ngeruji dapat mengurangi penampilannya saat bertanding. Selain mengurangi penilaian, hal ini juga dapat menjadikan burung tidak bisa berkicau maksimal.

Ngeruji pada burung kacer dapat terjadi dapat dipicu oleh beragam faktor, mulai dari over birahi (OB) hingga burung yang over emosi. Jika hal ini terus dibiarkan tentu dapat mengurangi penampilannya saat dilombakan. Selain itu, kacer pun akan menjadi rentan stres.

Berikut tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomba

1. Lakukan pengembunan

Mengembunkan burung di pagi hari dapat membantu meningkatkan stamina dan mentalnya. Selain itu, kacer pun akan terhindar dari perilaku ngeruji karena pengembunan dapat membantu menstabilkan birahi burung yang terlalu tinggi.

Baca:   Mencetak lovebird konslet sejak dini

2. Mengurangi pakan tambahan (EF)

Selama terapi, kacer tidak diberikan pakan tambahan (EF) yang berlebihan tetapi pemberiannya justru dikurangi terutama kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Setiap beberapa hari sekali, burung diberikan pakan ulat bambu atau cacing tanah untuk menjaga kondisi birahinya. Jika dibutuhkan, kacer dapat juga diberikan makanan buah-buahan seperti pisang atau pepaya manis.

3. Rutin dimandikan

Memandikan kacer secara rutin setiap hari dapat membantu meminimalisir perilaku ngerujinya. Mandi dapat menurunkan birahi dengan cepat, sehingga selama terapi pemulihan kacer harus dimandikan dengan lebih sering, termasuk mendapatkan mandi malam.

4. Mengurangi penjemuran

Penjemuran yang terlalu berlebihan dapat menaikkan birahi burung kacer dengan cepat penyebab over birahi maupun over emosi. Selama terapi, penjemuran untuk kacer dikurangi durasinya atau dihentikan dulu untuk sementara waktu.

Jika diperlukan, penjemuran dapat dilakukan pada pagi hari dalam durasi tidak lebih dari 30 menit. Lakukan penjemuran di tempat yang jauh dari keberadaan burung peliharaan lainnya.

Baca:   Perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi

5. Memasang jebakan tali ties

Memasang jebakan menggunakan tali ties atau tali pengikat kabel di setiap jeruji dapat mencerah burung kacer menghampiri jeruji sangkarnya. Dengan demikian, burung akan selalu berada di atas tenggerannya dan enggan untuk ngeruji.

Selain pola rawatan di atas, mengatasi kacer yang sering ngeruji harus didukung dengan pemberian multivitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird. Pemberian suplemen vitamin tersebut sangat membantu dalam menjaga kondisi dan menjadikan birahinya tetap stabil.

Jika rutin dikonsumsi, Sup Plus Bird dapat membantu mengurangi perilaku ngeruji burung kacer saat dilombakan.

Itulah tips mengatasi kacer yang sering ngeruji.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Rawatan burung cucak kinoi agar cepat gacor

7 / 100 Meskipun memiliki penampilan yang mudah dikenali, namun banyak orang yang belum mengetahui nama asli jenis burung ini. Cucak rante emas atau biasa disebut cucak kinoi adalah salah satu spesies dari keluarga cica daun (Chloropseidae) dan berkerabat dekat dengan cucak hijau. Nama aslinya adalah cica-daun sumatera (Chloropsis venusta), dikenal dengan suaranya yang bervariasi. […]
Read more

Tips mengatasi lovebird paud yang ngering

Ngering atau ngeruji adalah perilaku tak biasa yang ditunjukkan burung lovebird saat mengalami penurunan kondisi yang dapat dipicu oleh berbagai faktor. Pada lovebird yang masih paud, ngering akan muncul saat burung sedang dilombakan, sehingga dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya agar burung bisa ngekek nagen. Empat faktor pemicu lovebird macet bunyiCara mengatasi kenari tak mau bunyi […]
Read more

Perawatan burung cucak ijo di musim hujan

8 / 100 Sebagian besar burung ocehan akan alami penurunan performa di musim penghujan, termasuk di antaranya adalah cucak hijau. Burung yang semula gacor dan bersuara kencang, akan cenderung ngeriwik saja setiap harinya. Jika tidak dirawat maksimal tentu penampilannya akan terus menurun. Nah untuk mengatasinya, simak perawatan burung cucak ijo di musim hujan berikut ini. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?