tips agar burung samyong rajin bunyi

Tips agar burung samyong rajin bunyi

62 / 100

Samyong adalah burung endemik di Nusa Tenggara Barat. Di tempat asalnya, burung ini dijuluki Garugiwa dan terkenal dengan suaranya yang kencang dan bervariasi. Berikut tips agar burung samyong rajin bunyi.

Terdapat dua jenis samyong yang berhabitat di kawasan timur Indonesia yaitu samyong Flores (Pachycephala nudigula nudigula) dan samyong Sumbawa (Pachycephala nudigula ilsa). Perbedaan dari keduanya adalah warna bulu pada bagian tubuh dan perutnya. 

Bagi kicaumania, burung samyong memiliki suara kicauan yang sangat lantang dengan lagu-lagu yang penuh variasi. Akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika memelihara burung samyong yang mampu membawakan lagu-lagu seperti di alam aslinya.

Nah, berikut beberapa tips agar samyong rajin bunyi:

  1. Lakukan pengembunan secara rutin, usahakan agar saat pengembunan burung digantungkan pada posisi yang lebih tinggi dari burung piaraan lainnya. Berikan satu sendok kroto sebagai makanan tambahannya.
    Setelah matahari terbit, segera mandikan burung dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandinya.
  2. Saat burung samyong dimandikan, bersihkan sangkar dan perlengkapannya dari kotoran maupun sisa-sisa makanan yang berserakan. Jika dibutuhkan, bersihkan sangkarnya menggunakan cairan desinfektan.
  3. Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan 3-5 ekor jangkrik, dan 3 ekor ulat hongkong.
  4. Jemur burung di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama 30 s/d 60 menit. Setelah itu, pindahkan ke tempat teduh
  5. Berikan air minum yang sudah ditetesi suplemen vitamin Sup Plus Bird. Vitamin ini sangat membantu dalam menjaga kondisi dan meningkatkan stamina dan mentalnya. Selain itu juga dapat menjadikan burung lebih rajin berbunyi.
  6. Lakukan pemasteran untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus juga menjadikan burung semakin rajin berbunyi.
  7. Pada malam harinya, burung diberikan full kerodong sampai besok pagi.
Baca:   Settingan lovebird jantan bahan single fighter

Demikian tips agar burung samyong rajin bunyi.

Semoga Bermanfaat

Related Articles

Milet Cinderella jadikan lovebird makin gacor

Milet Cinderella diracik dari bahan-bahan alami tanpa adanya tambahan bahan kimia, sehingga selain aman dikonsumsi juga menjadikan burung lovebird tambah gacor, baik itu bertipe konslet maupun fighter. Lantas, sejauh mana milet ini bisa menggacorkan lovebird? Simak ulasannya berikut ini. Cara seting lovebird sebelum lombaCara settingan lovebid sebelum lomba H-1Cara setting lovebird lomba malamHindari!! Kebiasaan salah […]
Read more
merawat murai batu kurang birahi

Perawatan murai batu tua agar tetap prestasi

Rentang hidup burung murai batu di alam liar umumnya berlangsung selama 7-8 tahun, sedangkan burung yang sengaja dipelihara atau ditangkar mampu hidup lebih panjang lagi. Di kalangan penghobinya, murai batu yang sudah tua pun masih cukup layak untuk dilombakan, bahkan tak sedikit yang kerap menyandang predikat jawara karena umur mapannya itu. Lalu, bagaimanakah perawatan murai […]
Read more
pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemula

Pleci atau burung kacamata pernah menjadi jenis burung yang sangat popular di Indonesia. Walaupun bertubuh mungil tapi suara kicauannya bisa terdengar cukup keras. Daya tarik pleci tidak hanya penampilannya saja, tapi irama dan gaya berkicaunnya pun cukup khas. Itu sebabnya, burung ini kerap menjadi perhatian banyak kicaumania, khususnya pemula. Cara merawat pleci bakalan agar jadi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?