tips agar burung samyong rajin bunyi

Tips agar burung samyong rajin bunyi

62 / 100

Samyong adalah burung endemik di Nusa Tenggara Barat. Di tempat asalnya, burung ini dijuluki Garugiwa dan terkenal dengan suaranya yang kencang dan bervariasi. Berikut tips agar burung samyong rajin bunyi.

Terdapat dua jenis samyong yang berhabitat di kawasan timur Indonesia yaitu samyong Flores (Pachycephala nudigula nudigula) dan samyong Sumbawa (Pachycephala nudigula ilsa). Perbedaan dari keduanya adalah warna bulu pada bagian tubuh dan perutnya. 

Bagi kicaumania, burung samyong memiliki suara kicauan yang sangat lantang dengan lagu-lagu yang penuh variasi. Akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika memelihara burung samyong yang mampu membawakan lagu-lagu seperti di alam aslinya.

Nah, berikut beberapa tips agar samyong rajin bunyi:

  1. Lakukan pengembunan secara rutin, usahakan agar saat pengembunan burung digantungkan pada posisi yang lebih tinggi dari burung piaraan lainnya. Berikan satu sendok kroto sebagai makanan tambahannya.
    Setelah matahari terbit, segera mandikan burung dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandinya.
  2. Saat burung samyong dimandikan, bersihkan sangkar dan perlengkapannya dari kotoran maupun sisa-sisa makanan yang berserakan. Jika dibutuhkan, bersihkan sangkarnya menggunakan cairan desinfektan.
  3. Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan 3-5 ekor jangkrik, dan 3 ekor ulat hongkong.
  4. Jemur burung di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama 30 s/d 60 menit. Setelah itu, pindahkan ke tempat teduh
  5. Berikan air minum yang sudah ditetesi suplemen vitamin Sup Plus Bird. Vitamin ini sangat membantu dalam menjaga kondisi dan meningkatkan stamina dan mentalnya. Selain itu juga dapat menjadikan burung lebih rajin berbunyi.
  6. Lakukan pemasteran untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus juga menjadikan burung semakin rajin berbunyi.
  7. Pada malam harinya, burung diberikan full kerodong sampai besok pagi.
Baca:   Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Demikian tips agar burung samyong rajin bunyi.

Semoga Bermanfaat

Related Articles

mengatur birahi lovebird

Lima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebird

8 / 100 Selain perawatan dalam bentuk pengaturan pakan sebagaimana yang telah dijelaskan di sini, untuk mengatasi burung lovebird yang over birahi (OB) bisa juga dengan lima metode berikut ini. Cara mengatasi burung cucak rawa over birahiPenanganan lovebird over birahi (OB) sesuai jenis dan warna buluKesalahan dalam perawatan lovebird jantan menuju konsletTips dan settingan lovebird […]
Read more

Kesalahan kecil yang berdampak besar dalam perawatan lovebird

Merawat lovebird harus dilakukan dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Jika ingin menjadikannya rajin ngekek dan berdurasi panjang maka perawatan hariannya harus disesuaikan dengan karakter burung itu sendiri. Tapi perlu diperhatikan, setiap kesalahan kecil dalam perawatannya bisa saja memiliki dampak yang cukup besar terhadap penampilan dan kondisinya. Perawatan lovebird yang tidak mau bunyi di gantanganCara […]
Read more

Perawatan jalak suren trotolan hingga dewasa

Jalak suren jawa (Gracupica contra jalla) adalah satu dari beragam spesies burung jalak yang banyak tersebar di seluruh penjuru dunia. Istilah jalak suren jawa digunakan untuk membedakannya dari jalak suren kalimantan. Simak perawatan jalak suaren trotolan hingga dewasa berikut ini. Cara memilih jalak suren di kandang ombyokanCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiMengatasi jalak suren […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?