performa kenari paska mabung

Mendongkrak stamina kenari usai mabung

66 / 100

Mendongkrak stamina kenari usai mabung – Masa mabung merupakan waktu yang tepat agar burung bisa beristirahat total dari segala aktivitas yang menguras energinya. Biasanya, beberapa minggu paska mabung, kenari akan memiliki penampilan yang terbaik alias top form. Tapi tentu saja hal ini harus dibarengi dengan perawatan yang tepat.

Burung kenari yang sedang mabung akan menghabiskan waktunya selama 6 s/d 8 minggu untuk proses penggantian bulu lama ke bulu baru. Pada saat itulah, kenari akan mengurangi segala aktivitasnya yang menguras energi, yaitu kawin dan berkicau.

JIka selama mabung burung tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka proses mabung bisa terhambat. Dalam banyak kasus, mabung akan macet atau berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Bahkan selesai mabungnya, kenari akan memiliki penampilan yang cenderung menurun dan tidak segacor sebelum mabung.

Baca:   Tips memilih nektar yang baik untuk burung

Itu sebabnya, perawatan setelah kenari mabung sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisinya, selain itu juga untuk mendongkrak staminanya sehingga burung akan tetap aktif dengan penampilan terbaiknya paska mabung. Berikut beberapa pola rawatan yang dapat diterapkan:

  • Mengatur pola pakan dengan memberinya makanan tinggi nutrisi dan serasi, salah satunya adalah Canary Seed Herbal yang sudah terjamin kandungan dan kualitasnya. Pakan bijian ini diolah dengan bahan herba yang kaya manfaat sehingga mampu mencegah burung stres paska mabung, dan membantu mendongkrak stamina dan mentalnya.
  • Untuk menambah vitalitasnya, tambahkan telur puyuh rebus atau bisa juga egg-food dengan mencampurkan telur rebus dan sayuran hijau.
  • Untuk memperbaiki dan memulihkan kondisinya dengan cepat, bisa ditambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya setiap hari. Pemberian suplemen vitamin ini sangat dibutuhkan untuk melengkapi asupan gizi dan nutrisinya, sehingga burung akan selalu aktif dan tambah rajin berkicau.
  • Lakukan penjemuran dengan lebih rutin dan teratur.
Baca:   Membuat desinfektan alami dari jeruk lemon

Dengan menerapkan pola rawatan di atas setelah kenari menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna, maka burung akan memiliki penampilan yang paling terbaik (Top Form) sehingga akan tampil lebih maksimal jika dilombakan atau untuk diternakkan.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

memilih nektar yang baik untuk burung

Tips memilih nektar yang baik untuk burung

10 / 100 Memilih nektar yang baik untuk burung – Pada masa kini, kebutuhan nektar tidak hanya untuk jenis kolibri atau burung-madu saja, tetapi juga sangat disukai oleh spesies burung ocehan lain seperti pijantung, pleci, bahkan cucak hijau. Nah, sebelum memberikan nektar kepada burung ocehan kita, simak dulu bagaimana tips memilih nektar yang baik untuk […]
Read more
lovebird ngekek

Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan

Dalam sebuah lomba burung, selalu ada yang menang dan yang kalah. Tapi yang lebih sering membuat kecewa lovebird mania adalah bukan soal menang ataupun kalah, melainkan burung rawatannya yang bisa tampil maksimal. Untuk itu, simak rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantangan.  10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacorCara menjadikan lovebird juara dengan milet […]
Read more

Tips jika kenari bertelur di cepuk pakan

9 / 100 Walaupun terlihat mudah, tapi ternak kenari bisa saja membingungkan orang yang menernaknya. Bayangkan saja, bagaimana kagetnya peternak begit mendapati kenari betina bertelur di dalam cepuk pakan, bukan di tempat sarang yang sudah disediakan. Mengapa begitu? Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. Tips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?