mencetak kenari isian

Tips mencetak kenari isian yang berkualitas

75 / 100

Mencetak kenari isian agar memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemasteran. Namun hal itu bukan perkara yang mudah, karena dibutuhkan ketekunan dan kesabaran agar burung mampu menguasai lagu-lagu masterannya. Berikut tips mencetak kenari bersuara isian.

Burung kenari umumnya berkicau dengan suara dan lagu-lagu yang ngerol. Tapi tahukah Anda, kenari juga memiliki kemampuan menirukan suara dengan baik yang dapat menjadikan kicauannya penuh suara isian yang bervariasi.

Namun untuk mendapatkan kenari bersuara isian tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh proses panjang agar kenari memiliki kemampuan tersebut. Salah satunya adalah menggunakan burung yang masih anakan atau kenari yang berumur kurang dari 3 bulan / balibu.

Dipilihnya kenari yang masih balibu tersebut adalah karena pada umur tersebut kenari memiiki kemampuan mempelajari suara yang didengarnya dengan sangat baik. Sehingga setelah dewasa, burung akan mempunyai suara kicauan yang lain daripada yang lain.

Nah, berikut adalah tips mencetak kenari isian yang berkualitas:

Sebelum memulai proses pelatihannya, pastikan Anda sudah memiliki burung kenari yang masih berumur di bawah tiga bulan. Kenari dewasa biasanya sudah memiiki birahi yang tinggi sehingga dapat menyulitkan proses pemasterannya.

Baca:   Khasiat ulat jerman untuk gacorkan jalak suren

Siapkan ruangan atau kamar khusus yang nantinya digunakan untuk proses pelatihannya. Penggunaan kamar atau ruangan tersebut adalah agar burung lebih fokus terhadap suara masterannya dibandingkan jika dilatih di luar ruangan yang ramai dengan suara-suara lainnya.

Untuk menjaga kondisi burung kenari selama dilatih maka perawatannya harus disertai dengan pemberian multivitamin Sup Plus Bird yang banyak manfaatnya. Selain dapat meningkatkan stamina, Sup Plus Bird juga dapat memberikan kecerdasan pada burung sehingga proses pemasteran bisa berlangsung lebih efektif.

Ada beberapa jenis burung masteran yang bisa digunakan untuk melatih anakan kenari yaitu blackthroat, sanger, ciblek, gelatik, dll. Selain menggunakan burung aslinya, Anda juga bisa menggunakan suara rekaman dari burung-burung tersebut baik melalui perangkat handphone maupun pemutar mp3 lainnya.

Berikut tahap-tahap mencetak kenari isian:

Pastikan kenari sudah mendapatkan kecukupan nutrisi dan vitamin baik dari pakan utama, tambahan dan multivitaminnya. Hal ini dibutuhkan agar kenari bisa memiliki stamina yang baik saat dilatih sehingga lebih cepat merekam suara-suara yang didengarnya.

Lakukan tahap pemasteran secara rutin. Waktu yang tepat adalah pada pagi, siang, dan sore atau malam harinya:

Pemasteran pagi dilakukan setelah kenari mendapatkan perawatan mandi dan jemur.
Pemasteran siang dilakukan saat burung sedang beristirahat yaitu sekitar pukul 13:00 s/d 15:00.
Pemasteran sore hari dilakukan ada pukul 16:00 s/d 17:00, sedangkan malam hari dilakukan sekitar pukul 19:00 – 20:00.

Baca:   Tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)

Untuk mendapatkan hasil masteran yang efektif, sebaiknya setiap sesi pemasteran dilakukan dengan satu jenis burung/ suara masteran. Misalnya, setiap pagi dimaster dengan ciblek, lalu siang harinya dimaster blackthroat,dan sore harinya bisa dimaster dengan ciblek kembali, atau malam dimaster dengan burung lain.

Sedangkan  jika dimaster dengan suara rekaman maka pastikan suara rekaman tersebut berkualitas baik dan tanpa noise yang bisa menggganggu prosesnya. Putarkan dalam volume yang tidak terlalu kencang agar lebih jelas terdengar.

Selama proses pelatihannya itu, sangkar diberikan full kerodong berbahan tipis yang bertujuan agar burung lebih fokus mendengarkan suara masterannya.

Itulah beberapa tips mencetak kenari isian yang berkualitas.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Lima penyebab lovebird jadi kurang gacor

Perawatan lovebird agar selalu aktif dan rajin bunyi, tidaklah cukup hanya dengan memberinya makanan dan minuman saja. Butuh perawatan lanjutan yang sangat teratur, termasuk memahami keinginannya. Tanpa rawatan yang teratur tersebut, burung yang tadinya gacor pun akan berkurang kegacorannya. Berikut 5 (lima) penyebab lovebird jadi kurang gacor. Empat faktor pemicu lovebird macet bunyiLima metode atasi […]
Read more
mngatasi trotolan murai batu stres ngedrop

Tips pemasteran murai batu paud / trotolan

Mencetak murai batu yang mempunyai mental bagus dan suara bervariasi dapat dilakukan sejak burung masih berumur trotolan atau paud. Dalam usia yang masih muda itulah, murai batu akan mempunyai kemampuan yang baik untuk mendengar dan menirukan suara-suara yang didengarnya. Simak tips pemasteran murai batu paud berikut ini. Perawatan murai batu tua agar tetap prestasiTips perawatan murai […]
Read more

Mengenali karakter dasar burung lovebird

Mengenali karakter dasar dari burung lovebird perlu dilakukan untuk memudahkan perawatan hariannya. Dengan memahami karakternya itu, kicaumania dapat memberikan settingan yang sesui sehingga akan didapatkan burung dengan penampilan yang diharapkan. Cara memahami karakter lovebirdEmpat faktor pemicu lovebird macet bunyiCara merawat burung samyong yang macet bunyi kembali gacorCara merawat tengkek buto untuk masteranTips mengatasi lovebird sering […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?