melatih lovebird paud dengan tengkek buto

Cara melatih lovebird paud dengan tengkek buto

69 / 100

Cara melatih lovebird paud dengan tengkek buto – Jika dirawat dengan baik, burung tengkek buto akan terus menerus berkicau dengan suara tembakanya. Hal inilah yang menjadikan tengkek buto sebagai burung masteran favorit, khususnya untuk lovebird yang masih paud agar memiliki suara ngekek panjang.

Lovebird paud umumnya memiliki harga pasaran yang lebih terjangkau dibandingkan burung yang sudah jadi / dewasa. Namun hal ini dapat berubah tergantung kualitas suara dan warnanya. Selain faktor indukan, durasi ngekek yang panjang juga bisa dipengaruhi oleh pemasteran dan latihan sejak dini, apalagi jika dilatih dengan burung masteran yang tepat.

Salah satu jenis burung masteran yang cocok dijadikan sparring partner untuk lovebird yang masih paud adalah tengkek buto. Burung ini memiliki karakter vokal yang kencang, rapat, dan mampu dibawakan tanpa henti atau terus menerus sehingga dapat digunakan untuk melatih suara ngekek lovebird.

Berikut cara melatih lovebird paud dengan tengkek buto agar memiliki suara ngekek panjang:

  1. Siapkan lovebird paud yang akan dilatih, dan burung tengkek buto yang sudah dalam kondisi rajin bunyi atau gacor.
  2. Sebelum dan saat akan melakukan pemasteran, kedua burung sebaiknya diberikan tambahan multivitamin seperti Sup Plus Bird. Pemberian vitamin yang diteteskan pada air minumnya tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah burung stres, menjadikannya rajin bunyi, sekaligus menjaga kondisinya. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan aktif yang dapat membantu mencerdaskan burung muda sehingga lebih mudah dilatih dengan suara-suara masteran yang diinginkan.
  3. Tempatkan keduanya di dalam sebuah ruangan yang terpisah dari keberadaan burung peliharaan lain. Bisa juga dilakukan di lokasi yang teduh serta jauh dari gangguan suara-suara yang bisa mengganggu proses pemasterannya.
  4. Sangkar lovebird digantungkan di tengah ruangan, sementara tengkek buto digantung tidak jauh atau dalam jarak sekitar 1-2 meteran.
  5. Selama proses pemasteran berlangsung, lovebird bisa diberikan full kerodong agar burung bisa lebih fokus mendengarkan suara masterannya tersebut.
  6. Pemasteran dilakukan secara rutin setiap hari, mulai dari pagi s/d siang hari, dan siang hingga sore harinya. Istirahat hanya dilakukan pada saat burung akan mandi, jemur, atau diumbar.

Dengan pemasteran melalui metode di atas, lovebird paud akan cepat menguasai suara tengkek buto sehingga durasi ngekeknya akan jadi tambah panjang.

Semoga bermanfaat

Related Articles

memulihkan kacer ngedrop mental

Tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba

Sebagai burung petarung atau fighter, kacer harus sudah dalam kondisi yang sangat fit jika ingin dilombakan. Jika tidak, maka ia akan rentan sekali ngedrop terutama saat berhadapan dengan lawan main yang super agresif. Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekorSettingan kacer tipe panas untuk harian dan lombaSolusi jitu mengatasi kacer macet bunyiTips memaksimalkan voluma […]
Read more

Ini ciri-ciri kenari yorkshire yang asli

Kenari yorkshire atau YS termasuk jenis kenari impor yang aslinya berasal dari negara Inggris. Selain karena penampilannya yang cantik, tipe kenari ini memiliki aura tersendiri sehingga sangat digemari oleh semua kalangan. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa ciri-ciri kenari yorkshire yang asli. Kesalahan dalam merawat kenari yorkshireCara memberikan jagung muda pada kenariKenari gacor jadi ngeriwik? […]
Read more

Delapan cara melatih mental cendet muda / paud

5 / 100 Merawat burung cendet yang masih paud / anakan membutuhkan lebih banyak perhatian ketimbang perawatan cendet dewasa. Salah rawatan sedikit saja, burung akan berubah perilaku jadi sangat manja alias miyik. Itu sebabnya, pelatihan mental diperlukan terutama agar cendet tidak mudah miyik, dan agar kelak jadi burung berkualitas dari segi penampilan, gaya, maupun kicauannya. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?