memaksimalkan suara ciblek

Cara melatih ciblek agar bersuara ngebren

72 / 100

Burung ciblek memiliki suara tembakan khas yang disebut suara ngebren. Hal ini pula yang membuat banyak kicaumania berlomba-lomba menjadikan ciblek rawatannya agar cepat bersuara ngebren. Sebagai pandua, berikut cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Sebagian besar burung ciblek memiliki kemampuan untuk bersuara ngebren, namun tidak semua individu dapat melakukannya secara maksimal. Setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi ngebren tidaknya ciblek tersebut, di antaranya adalah:

  • Faktor genetik atau keturunan, biasanya indukan ciblek yang rajin ngebren akan menurunkan kemampuannya itu kepada anaknya yang berjenis kelamin jantan.
  • Faktor rawatan merupakan hal terpenting yang dapat menentukan ciblek mau bersuara ngebren atau tidak. Bahkan burung yang keturunan pun jika tidak dirawat dengan baik tentu tidak akan mau mengeluarkan suara ngebrennya.
  • Faktor latihan yang sangat mempengaruhi kemampuan ciblek tersebut.
  • Faktor karakter yang berkaitan dengan sifat ciblek yang ngotot karena burung yang tampil ngotot biasanya lebih cepat mengeluarkan suara ngebrennya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih ciblek agar bersuara ngebren:

  1. Rutin mengembunkan burung setiap pagi, karena pengembunan memiliki banyak manfaat kepada burung peliharaan, di antaranya adalah mendongkrak stamina dan menjadikan burung semakin rajin bunyi.
  2. Memberikan ciblek pakan yang baik dari segi kualitas dan kandungannya. Untuk itu, sobat kicaumania dapat menggunakan pakan Ciblek Kristal yang sudah diolah menggunakan aneka bahan bermanfaat sehingga menjadikan burung lebih bersemangat, rajin bunyi, dan tampil dengan lebih ngotot.
  3. Memberikan pakan tambahan (EF) disertai multivitamin untuk menjadikan burung ciblek tetap aktif, sehat, dan rajin bunyi. Vitamin yang direkomendasikan untuk jadikan ciblek cepat ngebren adalah Sup Plus Bird karena dapat membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahannya sepanjang hari.
  4. Melatih ciblek dengan burung ocehan lain yang memiliki karakter suara tembakan seperti kenari, cucak jenggot, dsb. Pelatihan dapat dilakukan menggunakan burung aslinya atau bisa juga dilatih dengan suara – suara masteran dari perangkat mp3. Lakukan pelatihan secara rutin dan teratur setiap hari sampai ciblek memiliki kemampuannya untuk bersuara ngebren.

Nah, itulah beberapa cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Semoga bermanfaat ya,

 

 

Related Articles

lovebird ngetik di lomba

Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

Banyak keluhan yang muncul ketika lovebird enggan mengeluarkan suara ngekeknya saat dilombakan. Selama di gantangan, burung jadi jarang ngekek, tetapi hanya ngetik dan mompa-mompa saja. Mengapa bisa begitu? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan. Mengenal 10 penyebab lovebird cabut buluTips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaTips dan cara atasi lovebird yang […]
Read more

Rawatan lovebird lomba saat pandemi Corona

Adanya pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang mulai diterapkan di berbagai kota untuk memutus rantai penyebaran virus covid19 menjadikan banyak EO menghentikan kegiatan yang bisa melibatkan banyak orang, salah satunya adalah lomba burung kicau. Cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerjaTips menambah durasi lovebird dewasaTips dan cara merawat lovebird kontesTips perawatan perkutut agar […]
Read more

TIps memilih kroto yang baik untuk burung peliharaan

Tidak bisa dipungkiri fungsi kroto sangat vital bagi semua jenis burung peliharaan pemakan serangga. Kroto bisa berguna sebagai sumber protein dan sumber energi yang membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Namun semakin popularnya kroto di kalangan penggemar burung ternyata membuat kualitas kroto malah lebih buruk dari yang sebelumnya. Karena itu tips berikut bisa […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?