memaksimalkan suara ciblek

Cara melatih ciblek agar bersuara ngebren

72 / 100

Burung ciblek memiliki suara tembakan khas yang disebut suara ngebren. Hal ini pula yang membuat banyak kicaumania berlomba-lomba menjadikan ciblek rawatannya agar cepat bersuara ngebren. Sebagai pandua, berikut cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Sebagian besar burung ciblek memiliki kemampuan untuk bersuara ngebren, namun tidak semua individu dapat melakukannya secara maksimal. Setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi ngebren tidaknya ciblek tersebut, di antaranya adalah:

  • Faktor genetik atau keturunan, biasanya indukan ciblek yang rajin ngebren akan menurunkan kemampuannya itu kepada anaknya yang berjenis kelamin jantan.
  • Faktor rawatan merupakan hal terpenting yang dapat menentukan ciblek mau bersuara ngebren atau tidak. Bahkan burung yang keturunan pun jika tidak dirawat dengan baik tentu tidak akan mau mengeluarkan suara ngebrennya.
  • Faktor latihan yang sangat mempengaruhi kemampuan ciblek tersebut.
  • Faktor karakter yang berkaitan dengan sifat ciblek yang ngotot karena burung yang tampil ngotot biasanya lebih cepat mengeluarkan suara ngebrennya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih ciblek agar bersuara ngebren:

  1. Rutin mengembunkan burung setiap pagi, karena pengembunan memiliki banyak manfaat kepada burung peliharaan, di antaranya adalah mendongkrak stamina dan menjadikan burung semakin rajin bunyi.
  2. Memberikan ciblek pakan yang baik dari segi kualitas dan kandungannya. Untuk itu, sobat kicaumania dapat menggunakan pakan Ciblek Kristal yang sudah diolah menggunakan aneka bahan bermanfaat sehingga menjadikan burung lebih bersemangat, rajin bunyi, dan tampil dengan lebih ngotot.
  3. Memberikan pakan tambahan (EF) disertai multivitamin untuk menjadikan burung ciblek tetap aktif, sehat, dan rajin bunyi. Vitamin yang direkomendasikan untuk jadikan ciblek cepat ngebren adalah Sup Plus Bird karena dapat membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahannya sepanjang hari.
  4. Melatih ciblek dengan burung ocehan lain yang memiliki karakter suara tembakan seperti kenari, cucak jenggot, dsb. Pelatihan dapat dilakukan menggunakan burung aslinya atau bisa juga dilatih dengan suara – suara masteran dari perangkat mp3. Lakukan pelatihan secara rutin dan teratur setiap hari sampai ciblek memiliki kemampuannya untuk bersuara ngebren.

Nah, itulah beberapa cara melatih ciblek agar bersuara ngebren.

Semoga bermanfaat ya,

 

 

Related Articles

Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Mengontrol emosi bisa menjadi faktor penentu lovebird tampil dengan maksimal di gantangan. Tapi bagaimana jika lovebird terlanjur emosi tinggi. Simak tips dan cara mengatasinya di sini .. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaSettingan ngunci lovebird paud untulanPemilihan dan settingan lovebird paud betina agar siap lombaTips memilih lovebird prospek untuk lombaSettingan lovebird paud paruh putih […]
Read more
settingan kacer tipe panas

Settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba

Seperti murai batu, kacer adalah juga burung petarung dengan sifatnya yang sangat agresif dan teritorial. Karena itu pula, spesies burung dari keluarga muscicapidae ini banyak digemari oleh semua kalangan kicaumania. Selain dipelihara sebagai klangenan, kacer juga banyak dipelihara sebagai burung lomba. Sebagai panduan, berikut settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba. Tips rawatan kacer […]
Read more

Milet Cinderella jadikan lovebird makin gacor

Milet Cinderella diracik dari bahan-bahan alami tanpa adanya tambahan bahan kimia, sehingga selain aman dikonsumsi juga menjadikan burung lovebird tambah gacor, baik itu bertipe konslet maupun fighter. Lantas, sejauh mana milet ini bisa menggacorkan lovebird? Simak ulasannya berikut ini. Cara seting lovebird sebelum lombaCara settingan lovebid sebelum lomba H-1Cara setting lovebird lomba malamHindari!! Kebiasaan salah […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?