murai batu kurang ngotot saat lomba

Tips jika suara murai batu kurang variasi di lapangan

66 / 100

Jika suara murai batu kurang variasi di lapangan, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengatasinya dibutuhkan pengaturan ulang terhadap pola perawatannya yang dilakukan harian maupun jelang lomba.

Secara umum, ada dua faktor yang dapat menyebabkan burung murai batu berkicau dengan suara yang kurang variasi saat dilombakan, yaitu:

  1. Burung yang sejak awal mempunyai suara kicauan yang tidak bervariasi atau kurang isian karena pemilik atau orang yang merawatnya jarang memberikan latihan / masteran kepada burung tersebut.
  2. Burung kekurangan tenaga atau tidak memiliki power. Meskipun mentalnya baik dan punya suara isian yang bervariasi, tapi jika burung murai batu kurang tenaga / power maka suara kicauannya akan cenderung monoton dan kurang variasi.

Untuk mengatasinya maka dibutuhkan penanganan yang tepat termasuk mengatur ulang pemberian pakan dan pola rawatan harian lainnya. Dalam artikel sebelumnya di universitas burung, dijelaskan beberapa macam cara dan settingan khusus yang diterapkan kepada burung murai batu sebelum dan sesudah lomba. Untuk itu, silakan buka kembali tulisannya di sini.

Sedangkan jika burung murai batu yang kurang variasi tersebut memang pada dasarnya disebabkan oleh kurang isian, maka untuk mengatasinya diperlukan pelatihan dan pemasteran untuk menambah variasi lagu-lagu yang dipunyainya. Pemasteran sebaiknya dilakukan selama 3-4 bulan ,sampai burung murai batu tersebut telah dalam kondisi siap untuk dilombakan.

Namun jika burung murai batu cenderung kurang tenaga / tidak punya power saat dilombakan sehingga suaranya jadi kurang variasi, maka untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memberinya multivitamin tambahan yang dapat membantu mendongkrak power, stamina, dan mentalnya. Salah satu suplemen multivitamin yang cocok dan tepat untuk hal ini adalah Sup Plus Bird.

Kandungan zat aktif dalam vitamin ini mampu menjadikan burung murai batu makin aktif, berstamina, dan rajin bunyi dengan suara kicauan yang lebih bervariasi.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Berikan Sup Plus Bird selama 4-5 hari sebelum burung murai batu dibawa ke arena lomba. Pemberian secara rutin dapat mengatasi burung loyo, sekaligus menambah power dan kegacoran pada burung murai batu tersebut.

Adapun untuk setelan perawatan harian bisa dicarikan settingan pakan tambahan (EF) yang tepat, baik dalam rawatan harian maupun sebelum dilombakan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

melatih mental lovebird paud

Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar

Tidak ada ukuran baku mengenai jenis dan ukuran plangkringan atau tangkringan yang digunakan oleh lovebird. Namun begitu, ada tata cara mengenai cara pemberian tangkringan lovebird yang benar, terutama agar burung tidak berperilaku nakal sewaktu dilombakan serta bisa tampil dengan lebih nagen ketika mengeluarkan suara ngekeknya.¬† Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikTips gacorkan lovebird betina ngekek […]
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Settingan lomba untuk lovebird over birahi

Burung yang gampang naik birahi, tentu tidak akan bisa menunjukkan penampilannya dengan baik saat dilombakan. Untuk mengendalikan kondisi birahinya itu, maka pengaturan ulang terhadap rawatan hariannya perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan settingan rendah untuk menstabilkan birahinya saat berada di lapangan. Berikut settingan lomba untuk lovebird over birahi. Milet Level 1Cara setting lovebird betina […]
Read more

Tips menjodohkan sepasang burung blackthroat

Meski bukan jenis burung lokal, tapi blackthroat atau yellow-rumped seedeater (Serinus atrogularis) adalah jenis burung yang sangat populer di Indonesia. Selain dirawat untuk masteran, burung ini juga banyak dicari untuk diternakkan. Untuk panduan pemula, berikut tips menjodohkan sepasang burung blackthroat. Cara merawat burung poksay mandarin biar gacorTips rawatan kutilang jambul saat macet bunyiRawatan cucak wilis […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?