Cara memilih lovebird paud di kandang ombyokan

Cara memilih lovebird paud di kandang ombyokan

63 / 100

Memilih lovebird paud di kandang ombyokan harus dilakukan dengan penuh perhatian, terutama agar didapatkan burung yang nantinya memiliki kualitas baik dari segi penampilan dan vokalnya. Untuk panduan pemilihan bagi pemula, simak tips dan triknya berikut ini.

Pamor lovebird paud di arena lomba kian merangkak naik, bahkan bisa dibilang kelasnya selalu ramai oleh peserta yang ingin mengetahui kualitas burung rawatannya. Sebagian mungkin lebih suka melombakan lovebird jawara yang dibelinya dengan harga yang tinggi, tapi tidak sedikit juga yang memilih lovebird paud hasil omyokan untuk dilatih menjadi burung lomba.

Di pasaran, lovebird yang masih paud memang banyak ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi meskipun begitu, jika dirawat dengan baik lovebird tersebut akan menjadi burung yang memiliki kualitas lomba.

Baca:   Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lomba

Memilih lovebird paud di kandang ombyokan tentu tidak bisa sembarangan dilakukan jika ingin mendapatkan burung yang berkualitas dan disiapkan untuk lomba. Nah, berikut cara memilih lovebird di kandang ombyokan:

  • MPastikan lovebird yang akan dipilih dalam kondisi sehat dan lebih aktif dari burung lovebird lainnya. Ciri-ciri lovebird paud yang sehat bisa diamati dari penampilan bulu yang berwarna lebih cerah dan gerak-geriknya yang lebih lincah.
  • Adapun untuk lovebird yang sedang stres atau sakit bisa diperhatikan dari perilakunya yang cenderung kurang aktif, sering tiduran di tenggeran atau lantai sangkar, dan memiliki pandangan mata yang sayu.
  • Cari burung lovebird paud / balibu yang memiliki bentuk leher lebar dan panjang, karena menandakan bahwa burung kelak memiliki kekuatan vokal dan nafas yang lebih panjang.
  • Sayap mengapit rapat dan bulu ekor bersih, mulus, dan tidak mekar.
  • Kaki-kaki mulus dan tidak cacat, dan saat bertengger sangat kokoh mencengkeram tenggerannya.
  • Memiliki sorot mata yang lebih tajam, tidak berair atau belek, serta tidak ada bercak keputihan di area matanya.
  • Pilih burung yang sudah aktif mengeluarkan suara ngekeknya, karena itu tanda bahwa lovebird paud tersebut sedang belajar ngekek.
  • Cari juga burung yang memiliki suara panggilan lebih keras, terutama saat dipancing dengan suara dari handphone atau mp3.
Baca:   Pakan dan suplemen agar lovebird rajin ngekek panjang

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara menjodohkan burung jalak suren

Salah satu kendala yang dihadapi pemula saat memulai ternak burung jalak suren adalah proses penjodohannya. Tak jarang, karena sulitnya burung indukan berjodoh maka proses ternaknya pun akan jadi terhambat atau bahkan alam kegagalan. Untuk panduan pemula simak cara menjodohkan burung jalak suren berikut ini. Tips jika kenari bertelur di cepuk pakanCara mengatasi jalak suren yang […]
Read more
lovebird kegemukan

Solusi dan tips jitu atasi lovebird kegemukan

Kegemukan atau obesitas yang terjadi pada lovebird, bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari mengkonsumsi pakan terlalu berlebihan hingga burung yang jarang dilatih bergerak. Kondisi ini tentu akan menurunkan penampilannya, terlebih pada lovebird lomba. Untuk panduan perawatannya, berikut beberapa cara untuk mengatasinya. Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurusIni cara mengenali lovebird sakitTips dan […]
Read more

Tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung

4 / 100 Burung tledekan gunung kini sedang naik daun. Jenis burung yang pandai berkicau variasi ini banyak dicari penghobi kicauan dalam negeri. Tidak hanya burung dewasa saja, tledekan gunung yang masih anakan pun banyak dicari untuk dipelihara. Nah, berikut tips dan cara merawat anakan tledekan gunung. Cara merawat burung tledekan gunung yang masih bakalanMengatasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?