cara meloloh anakan kenari

Tips singkat meloloh piyikan kenari untuk pemula

4 / 100

Hand feeding atau meloloh piyikan kenari tanpa indukan adalah metode memberi makan anakan kenari yang dilakukan langsung oleh peternak. Meski kerap dianggap merepotkan namun cara ini dianggap mampu meningkatkan produktivitas indukan kenari. Berikut tips dan cara melakukannya untuk peternak pemula.

Ternak burung kenari menjadi satu cara kicaumania menyiasati harga kenari yang saat ini cenderung tidak stabil. Sambil menunggu harga pasaran kembali normal, mereka biasanya akan menernakkan burung kesayangannya untuk mendapatkan keturunan.

Biasanya dalam waktu dua – tiga minggu setelah telur menetas, peternak akan segera mengangkat piyikan kenari dan memisahkannya dari indukan. Nantinya piyikan itu akan dirawat sendirian, termasuk memberinya makanan dengan cara diloloh atau hand feeding.

Baca:   Tips seputar jalak suren mabung

Sedangkan induk kenari yang sudah tidak lagi memiliki anakan untuk dirawat, akan diupayakan untuk bisa kembail berkembang biak. Dengan demikian, penangkaran tersebut akan terus berlanjut meski indukan sudah kehilangan anak-anaknya.

Untuk perawatan hand feeding atau meloloh anakan kenari bisa dilakukan dengan memberinya makanan olahan yang sesuai misalnya bubur kenari.

Nah, bubur ini bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan kuning telur rebus dan susu bubuk dengan perbandingan 2:1.

Adonan kemudian diencerkan dengan air hangat sampai memiliki kekentalan yang sama seperti membuat adonan bubur bayi.

Agar adonan bubur bisa lebih bermanfaat, campurkan 2-3 tetes multivitamin Sup Plus Bird ke dalam adonan sebelum diberikan kepada piyikan kenari.

Baca:   Cara agar kenari bersuara lebih panjang

Untuk meloloh piyikan kenari bisa menggunakan alat yang disebut syringe yaitu semacam alat suntik atau suntikan. Adonan bubur dimasukkan ke dalam tabung syringe lalu dilolohkan langsung pada paruh / mulut piyikan tersebut. Alat lain yang dapat digunakan adalah pipet, dsb.

Nah, itulah tips singkat meloloh / hand feeding piyikan kenari untuk pemula.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara meloloh anakan lovebird

Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Untuk meningkatkan produktivitas, banyak peternak lovebird yang memisahkan anakan dari induknya setelah berumur 7 hari. Namun merawat anakan lovebird yang masih piyik itu tentu membutuhkan lebih banyak perhatian. Selain menjaga suhu tubuhnya tetap hangat, anakan burung itu pun harus selalu diberi makan dengan cara diloloh. Berikut cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar.  Penyebab […]
Read more

Tips merawat burung rambatan khusus masteran

Burung rambatan, disebut demikian karena perilakunya yang gemar merambat di batang-batang pepohonan saat mencari makanannya yang berupa serangga. Di kalangan penghobi burung, rambatan cukup disukai sebagai masteran karena suara kicauannya yang nyerecet tajam. Berikut tips merawat burung rambatan khusus masteran. Tips agar burung cililin selalu gacor untuk masteranTips agar burung murai air aktif dan rajin […]
Read more
cara membedakan lovebird jantan betina

Cara membedakan jenis kelamin lovebird

Membedakan jenis kelamin lovebird bagi sebagian orang dianggap sangat menyulitkan,apalagi penampilan burung jantan dan betina terlihat sangat mirip. Namun bagi peternak yang sudah berpengalaman, ciri-ciri lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari perilaku dan kondisi fisiknya. Berikut cara membedakan jenis kelamin lovebird.  Tips dan rahasia membuat lovebird konsletSettingan lovebird jantan gestang untuk lombaSettingan lovebird fighter ke […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?