TIPS LATIH BURUNG MAKAN VOER

Tips melatih burung makan voer (khusus buah-buahan)

4 / 100

Beda burung tentu beda pula makanan yang dikonsumsinya. Untuk jenis burung pemakan serangga, melatih makan voer bisa dilakukan dengan mencampur kroto dengan voer, tapi bagaimana jika burung yang akan dilatih termasuk jenis pemakan buah-buahan? Nah, berikut ini cara melatih burung makan voer (khusus buah-buahan).

Ada banyak jenis burung pemakan buah-buahan yang popular dan banyak dipelihara kicaumania seperti cucak jenggot, cucak hijau, jalak, poksay, kutilang, pleci, trucukan, dll. Sebagian besar jenis burung ini termasuk jenis yang mudah dirawat dan cepat bunyi.

Begitu pun saat melatih jenis burung ini untuk makan voer, maka peluang keberhasilannya akan lebih tinggi dibandingkan burung yang suka serangga / insektivora seperti kacer, ciblek, dan murai batu.

Oleh karena itu, melatih burung pemakan buah-buahan untuk mau makan voer bisa dilakukan dengan lebih mudah karena ketersediaan makanan khususnya buah-buahan yang bisa lebih mudah didapatkan daripada beberapa jenis serangga, terutama kroto.

Melatih burung makan voer untuk jenis pemakan buah-buahan biasanya akan memakan waktu selama 3 s/d 6 hari. Bahkan berdasarkan pengalaman pribadi, dalam waktu beberapa hari saja burung sudah bisa diberikan pakan voer secara penuh.

Baca:   Delapan cara melatih mental cendet muda / paud

Simak tips melatih burung makan voer (khusus buah-buahan) berikut ini:

  1. Siapkan pakan voer halus atau kasar, bisa juga menggunakan voer ayam yang sudah berbentuk butiran-butiran kasar.
  2. Siapkan buah-buahan, dalam hal ini adalah pisang yang merupakan buah favorit semua jenis burung pemakan buah-buahan.
  3. Potong pisang dalam ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam cepuk pakan yang sudah disediakan.
  4. Setelah itu, masukkan voer ayam ke dalam cepuk yang berisi potongan buah pisang tersebut lalu aduk menggunakan sendok sampai pisang dan voer menjadi adonan lembut.
  5. Taburi sedikit voer di atasnya, lalu berikan pada burung.
  6. Untuk hari pertama, buah pisang diberikan dalam jumlah lebih banyak dari takaran voernya. Lalu di hari berikutnya, jumlah potongan pisang muai dikurangi sedangkan takaran voer dikurangi sedikit demi sedikit setiap harinya.
  7. Setiap tiga hari sekali, burung diberikan pakan full voer lalu amati apakah burung mau memakan voer tersebut? Jika ya, maka proses pelatihan sudah bisa dianggap berhasil apalagi jika kotoran burung sudah berbentuk dan berwarna kehijauan.
  8. Jika burung masih belum mau memakan voernya, maka proses pelatihan bisa diulang kembali dari awal. Biasanya, pada tahap kedua ini burung akan mau mengkonsumsi pakan voer secara penuh.
Baca:   Ragam cara atasi pleci yang bersuara serak

Untuk menjaga kondisinya selama proses pelatihan berlangsung, berikan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya sebelum diberikan kepada burung. Pemberian vitamin Sup Plus Bird akan sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan dan mencegah burung stres. Selain itu juga untuk mendongkrak stamina, sekaligus menjadikannya lebih rajin bunyi.

Demikian tips melatih burung makan voer (khusus buah-buahan).
Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan settingan cible agar siap lomba

Sebelum membawa ciblek ke lapangan untuk dilombakan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apakah burung rawatannya itu sudah siap lomba atau belum. Hal ini sangat penting, karena erat kaitannya dengan kondisi mental ciblek tersebut. Nah, untuk itu simak tips dan settingan ciblek agar siap lomba berikut ini. Cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:Ragam settingan […]
Read more

Seputar penangkaran burung kacer

  Kacer ( Haur : sunda ) adalah burung yang memiliki temperamen tinggi terhadap burung apa saja yang memasuki wilayahnya/teritorialnya. Karena itulah banyak juga penggembar burung kicauan yang memeliharanya selain untuk dilombakan karena sifatnya yang fighter juga untuk sekedar didengar alunan kicauannya yang mengalun. Perawatan kacer pada dasarnya sama dengan burung burung pemakan serangga lainnya […]
Read more
kacer buka ekor

Tips & settingan kacer cepat gacor dan ngobra

Gacor dan ngobra adalah kondisi ketika kacer sudah berada dalam tahap top form atau performa puncaknya, tinggal bagaimana kita mengunci kondisi tersebut dengan berusaha menjaga kestabilan birahinya. Untuk panduan, berikut tips dan settingan kacer cepat gacor dan ngobra. Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekorTips menjinakan burung kacerTips memaksimalkan voluma suara kacerTips rawatan kacer […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?