kenari bertelur di tempat pakan

Tips jika kenari bertelur di cepuk pakan

9 / 100

Walaupun terlihat mudah, tapi ternak kenari bisa saja membingungkan orang yang menernaknya. Bayangkan saja, bagaimana kagetnya peternak begit mendapati kenari betina bertelur di dalam cepuk pakan, bukan di tempat sarang yang sudah disediakan. Mengapa begitu? Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Banyak peternak pemula yang tidak tahu bagaimana cara menghadapi situasi seperti ini. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk memindahkan telur-telur yang ada di dalam cepuk pakannya itu ke dalam tempat sarang. Sebagian lagi memilih untuk membiarkan burung bertelur di tempat makanannya itu.

Jika opsi pertama yang dipilih, maka resiko yang kemungkinan besar akan terjadi adalah burung indukan yang tidak mau mengerami telur yang sudah berada dalam tempat sarangnya, apalagi jika proses pemindahan tidak dilakukan dengan hati-hati dan tanpa diketahui kenari-kenari indukan.

Begitu juga dengan opsi kedua, jika membiarkan telur berada di dalam cepuk pakannya pun tidak menjamin telur akan menetas sempurna. Cepuk pakan adalah tempat menyimpan makanan kenari yang terdiri dari campuran biji-bijian.

Jika di wadah itu ada banyak telur yang menutupi makanannya, maka kemungkinan telur rusak bisa saja terjadi ketika kenari mencoba mendapatkan makanan yang tertutup telur-telurnya itu.

Masalah lain yang muncul ketika burung dibiarkan bertelur di dalam cepuk pakan adalah proses pengeraman yang tidak sempurna. Karena ukurannya yang sempit, telur akan berdesakan di dalamnya sehingga telur akan rusak, retak, atau pecah saat indukan mengatur posisi untuk mengeram.

Baca:   Cara mengatasi burung yang macet mabung

Sebelum berlanjut pada cara mengatasinya, simak terlebih dahulu penyebab mengapa burung kenari tidak mau bertelur di dalam tempat sarang yang sudah disediakan, tetapi lebih memilih cepuk pakan untuk meletakkan telur-telurnya itu.

Berikut beberapa penyebabnya:

  • Hal ini bisa disebabkan oleh tempat sarang yang tidak nyaman, misalnya karena terlalu dekat dengan atap sangkar, terlalu mojok atau mepet ke dinding sangkar yang membatasi pergerakan indukan kenari.
  • Bahan yang digunakan untuk tempat sarang tidak menggunakan bahan yang tepat dan sesuai untuk burung kenari.
  • Bahan sarang sudah terkontaminasi bau-bauan yang membuat burung ogah bersarang di dalamnya. Bau-bauan tersebut bisa saja berasal dari bau kamper, maupun bau-bauan yang berasal dari bahan kimia, dan sebagainya.
  • Tempat sarang terlalu banyak kutu dan tungau, atau menggunakan tempat sarang bekas.

Saat mendapati salah satu atau beberapa penyebab di atas, maka ketika akan bertelur indukan knari akan memilih cepuk pakan yang dianggapnya cukup nyaman, karena itulah satu-satunya tempat di luar sarang yang dapat digunakan untuk menyimpan telur-telurnya.

Mengatasi indukan yang bertelur di cepuk pakan

Cara ini membutuhkan ‘kerja sama’ yang apik dari peternak dengan burung yang diternaknya. Dalam prosesnya, peternak membiarkan kenari bertelur dalam cepuk pakannya sampai telur terakhir dikeluarkan (biasanya 3-4 butir).

Baca:   Cara melatih mental tarung burung murai batu

Setelah telur terakhir keluar, angkat cepuk pakan beserta telur-telurnya lalu diletakkan di atas tempat sarang yang sudah tersedia. Jika indukan betina sudah terlihat mau mengerami telur-telurnya, langkah selanjutnya adalah memindahkan telur dari cepuk pakan ke sarang . Nah, dengan cara itu induk kenari betina akan segera mengerami telur yang sudah dipindahkan ke tempat sarangnya.

Alternatif lain adalah, memindahkan cepuk pakan yang berisi telur berdampingan dengan tempat sarangnya. Setelah telur terakhir keluar, segera pindahkan telur ke dalam sarang. Cara ini akan membuat induk kenari mengenali telurnya karena posisinya yang berdekatan dengan cepuk pakan.

Perawatan kenari yang mengerami telur

Agar proses pengeraman telur bisa berlangsung lancar dan sempurna, pastikan indukan kenari jantan dan betina sudah tercukup kebutuhan gizi dan vitaminnya. Berikan pakan yang terbaik dari segi kandungan dan kualitasnya, seperti Pakan Canary Seed Herbal. Didukung juga dengan pemberian vitamin Sup Plus Bird yang sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi, stamina, dan ketahanan burung indukan sepanjang hari.

Demikian tips jika kenari bertelur di cepuk pakan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Jangan lakukan hal ini saat burung sedang mabung!

8 / 100 Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu yang terjadi secara alamiah. Pada saat itulah, burung akan menggunakan seluruh energi dan waktunya untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Untuk mendukung proses tersebut maka perawatannya harus dilakukan dengan cara yang tepat, termasuk memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat burung sedang mabung. […]
Read more

Cara memilih pakan burung yang tepat

10 / 100 Kebutuhan pakan yang sesuai menjadi satu hal yang cukup vital bagi kelangsungan hidup burung peliharaan. Pemberian pakan yang tepat, selain dapat menjadikan burung tetap aktif dan sehat, juga dapat membuatnya rajin berkicau. Untuk panduan rawatan, simak cara memilih pakan burung yang tepat berikut ini. Memilih air minum yang aman untuk burung peliharaanEmpat […]
Read more

5 ciri ciri lovebird betina

5 ciri ciri lovebird betina Cara mengobati suara serak pada lovebird5 pertanda lovebird anda bukan tipe lombaVideo dan audio pancingan lovebird ngekek panjangManfaat jagung untuk lovebirdHeboh!!Lovebird raja ngekek istimewaAksi lovebird bentoel konslet panjang Baca:   Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelur
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai, untuk mendapatkan info pembelian Sup Plus Bird dan Canary Seed Herbal, silakan hubungi kami di sini ya :)