pakan racikan tledekan

Tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung

4 / 100

Burung tledekan gunung kini sedang naik daun. Jenis burung yang pandai berkicau variasi ini banyak dicari penghobi kicauan dalam negeri. Tidak hanya burung dewasa saja, tledekan gunung yang masih anakan pun banyak dicari untuk dipelihara. Nah, berikut tips dan cara merawat anakan tledekan gunung.

Tledekan adalah jenis burung dari keluarga sikatan yang terdiri dari beragam jenisnya, salah satunya adalah tledekan gunung atau yang memiliki nama resmi sikatan cacing (Cyornis banyumas).

Kabar terbaru menyebutkan bahwa burung tledekan gunung kini sedang naik daun. Banyak penghobi kicauan yang mulai mencari keberadaan spesies burung yang memiliki kemiripan dengan tledekan bakau ini.

Selain mencari yang sudah dewasa, banyak kicaumania mencari burung tledekan yang masih berumur anakan / trotolan. Nah, jika tertarik memeliharanya maka pastikan burung yang dipilih itu berjenis kelamin jantan. Hanya burung jantan yang punya suara bervariasi dan gaya berkicau yang khas.

Untuk memilih anakan burung tledekan gunung yang berjenis kelamin jantan, maka bisa diperhatikan warna bulu yang terdapat di pinggiran sayap dan ekornya yang berkelir kebiruan. Pada anakan betina, bulu-bulu tersebut lebih memilki warna cokelat yang kusam.

Baca:   Makanan dan vitamin burung trucukan agar rajin ngeropel

Tledekan gunung anakan yang sudah berumur lebih dari 4 bulan biasanya sudah memiliki warna kebiruan pada sebagian besar tubuhnya. Hal ini tentu berbeda dengan burung betina yang seluruh tubuhnya berwarna kecokelatan.

Sebagai panduan perawatannya, berikut tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung:

  1. Utamakan memberikan pakan yang kaya nutrisi, terutama pakan ekstra (EF) yang tinggi prtein seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Pastikan juga burung mendapatkan asupan pakan voer yang baik kualitasnya. Untuk tledekan gunung, Anda bisa memberikannya voer Kristal Ciblek yang terkenal akan kualitas dan manfaatnya untuk burung peliharaan.
  2. Pastikan anakan burung tledekan gunung sudah mendapatkan asupan vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird, terutama untuk mendongkrak mental, stamina, dan daya tahannya sepanjang hari. Memberikan Sup Plus Bird secara rutin juga dapat menjadikan burung lebih rajin bunyi dan terjaga kondisi kesehatannya.
  3. Gantangkan burung anakan dengan jenis burung kicauan lain yang tidak memiliki sifat agresif dan teritorial seperti kenari, pleci, blackthroat, sanger, lovebird, dan sebagainya. Selain berguna untuk melatih kemampuan vokalnya, keberadaan burung-burung tersebut dapat membantu memunculkan mental dan sifat teritori burung.
  4. Jemur anakan tledekan gunung tersebut secara rutin setiap pagi di bawah sinar matahari. Hal ini dapat menjadikan burung cepat aktif dan terpancing untuk mengeluarkan suaranya.
  5. Lakukan pemasteran secara rutin dan teratur dengan suara yang diinginkan.
  6. Latih mental dan sifat fighternya dengan disatukan bersama burung untulan yaitu burung jenis lain yang tidak memiliki sifat fighter maupun teritorial. Terapi ini bisa dilakukan setiap beberapa minggu sekali.
    Pada malam hari, sangkar diberikan full kerodong yang bertujuan agar burung dapat beristirahat total dan untuk pemulihan energinya.
Baca:   Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi

Demikan tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara melatih kenari agar bersuara kencang dan panjang

Burung kenari yang bersuara kencang dan durasi lagu yang panjang menjadi idaman para penggemarnya. Nah, untuk memaksimalkan kualitas suaranya itu, kenari harus dilatih dulu agar mempunyai suara kicauan yang kencang dan panjang. Solusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakanTips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaHal-hal yang harus dihindari saat memelihara kenariCara agar kenari […]
Read more
setelan lovebird kurang birahi untuk lomba

Settingan single fighter untuk lovebird yang tidak mau jalan di lomba

Settingan tunggal atau single fighter merupakan sebuah pola perawatan yang dikhususkan untuk lovebird yang dirawat sendirian, alias tanpa pasangan / untulan. Selain untuk mendongkrak mentalnya, settingan tunggal ini bisa juga diterapkan pada burung yang tidak mau jalan/ tampil saat dilombakan. Settingan harian dan lomba lovebird balibu single fighterSettingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di […]
Read more

Tips mengajari burung beo bicara

Beo adalah termasuk salah satu burung yang pintar menirukan suara sekelilingnya dengan cepat dan fasih. karena itulah burung ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan terlebih beo nias yang termasuk salah satu burung dari jenis ini yang paling pintar dan cepat menangkap kalimat dengan fasihnya. sehingga menjadikan burung jenis ini semakin langka di alamnya […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?