cegah kacer kegemukan

Tips cegah kacer gemuk dan cara mengatasinya

Meskipun kegemukan bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan, namun burung yang alami kegemukan cenderung memiliki performa yang terus menurun. Pada burung kacer, kondisi justru bisa menyebabkan burung malas berbunyi atau bahkan jadi sering ngebagong / mbalon. Bagaimana solusi pencegahan dan cara mengatasinya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Burung kacer akan mudah sekali mengalami kegemukan setelah burung selesai mabung. Saat tubuhnya gemuk itulah, burung akan cenderung malas beraktivitas, termasuk jadi jarang bunyi. Bukan hanya itu saja, mentalnya pun akan terus menurun sehingga saat dilombakan kacer akan mudah mbagong.

Oleh karena itu, saat burung sedang mabung maka harus selalu diperhatikan kebutuhan nutrisi dan vitaminnya. Jika selama mabung burung hanya diberikan pakan voer saja tanpa asupan vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird maka kacer akan rentan alami kegemukan setelah masa mabung selesai.

Lain halnya burung yang selama mabung selalu diperhatikkan kebutuhan nutrisi dan vitaminnya. Maka setelah mabung selesai, burung akan lebih cepat memiliki penampilan yang sangat maksimal atau top form. Saat inilah, burung kacer akan mampu melibas lawan tandingnya di arena lomba.

Baca:   Settingan anis macan cepat bunyi

Berikut tips mencegah dan mengatasi burung kacer yang kegemukan:

Kacer sering dilatih di kandang umbaran

Secara rutin melatih kacer dalam kandang umbaran setiap seminggu sekali. Hal ini bermanfaat untuk membakar lemak sekaligus melatih otot sayap dan pernafasannya. Kacer yang berbodi ramping karena sering diumbar akan cenderung memiliki mental yang lebih baik dan lebih rajin berbunyi.

Mandi dan jemur dengan lebih rutin

Tahukah Anda? Memandikan lalu menjemur burung kacer secara rutin dapat mencegahnya alami kegemukan. Begitu juga jika kacer terlanjur kegemukan, maka untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menambah durasi mandi dan penjemurannya.

Jangan memberikan voer berlebihan

Hindai memberikan voer secara berlebihan, terutama jika burung tidak pernah mendapatkan asupan pakan tambahan (EF) setiap harinya. Burung yang selalu mengkonsumsi voer tanpa diselingi pakan tambahan akan rentan alami kegemukan.

Baca:   Cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal

Selain itu, berikan voer yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap. Untuk itu, Anda bisa mengetahui kandungan nutrisi dari voer tersebut melalui kemasan pembungkusnya. Pastikan juga kacer mendapatkan vitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird karena hal ini dapat membantu mencegah alami kegemukan.

Sesekali berikan buah-buahan

Meskipun kacer adalah burung pemakan serangga, namun jenis burung ini bisa saja dilatih agar mau memakan buah-buahan. Adapun jenis buah yang cocok diberikan untuk mencegah maupun mengatasi kegemukan adalah pepaya. Cukup gantungkan saja buah pepaya di dalam sangkarnya, nanti juga akan dimakan oleh burung.

Itulah beberapa tips cegah dan atasi burung kacer yang kegemukan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Empat faktor pendukung pleci siap lomba

Agar pleci mampu tampil prima di lapangan, maka perlu disiapkan segala sesuatunya mulai dari perawatan, latihan dan pakannya. Untuk panduan pemula, simak empat faktor pendukung pleci siap lomba berikut ini. Tips optimasi mental pleci untuk lombaCara cepat atasi pleci macet bunyiEnam cara menjadikan suara pleci makin kencangSettingan pleci cepat ngalas dan ngerolCara memaster pleci yang […]
Read more

Cara mengatasi tledekan mental drop

Tledekan gunung merupakan jenis burung dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Salah perawatan sedikit saja, burung akan mudah stres dan ngedrop. Jika burung tledekan gunung terlanjur ngedrop maka untuk memulihkan kondisinya dibutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Berikut tips dan solusi mengatasi tledekan gunung yang ngedrop mentalnya. Merawat burung tledekan yang sedang mabungPerawatan burung tledekan laut […]
Read more

Penampakan punai pengantin di Kampus IPB Dramaga

Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan IPB kembali menemukan spesies baru dari burung (aves) yang menghuni Kampus IPB Dramaga. Usai menemukan katak dan ular jenis baru pada monitoring sebelumnya, kali ini tim kembali menemukan burung berjenis Punai Pengantin alias Treron griseicauda.   Punai pengantin – Grey-cheeked pigeon ┬áSejak 2005, Himakova yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?