mengatur birahi lovebird

Lima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebird

8 / 100

Selain perawatan dalam bentuk pengaturan pakan sebagaimana yang telah dijelaskan di sini, untuk mengatasi burung lovebird yang over birahi (OB) bisa juga dengan lima metode berikut ini.

Over birahi adalah sebuah kondisi ketika libido burung terus memuncak. Pada burung yang sedang ditangkarkan atau sudah punya pasangan, kondisi ini akan dilalui dengan kawin atau meneruskan keturunan.

Berbeda dengan burung yang selama ini dirawat sendirian saja, maka untuk melampiaskan birahinya akan dilakukan burung dengan berbagai cara mulai dari gesek tangkringan hingga mencabuti bulunya sendiri.

Jika lovebird alami over birahi, maka lima metode berikut ini bisa diterapkan untuk mengatasinya, yaitu:

1. Meningkatkan frekuensi mandinya

Frekuensi mandi untuk burung lovebird yang alami over birahi harus lebih ditingkatkan untuk mengurangi dampak buruk yang muncul dari kondisi tersebut. Jika sebelumnya lovebird dimandikan 1 kali sehari, maka untuk meredam birahinya bisa dimandikan 2-3 kali sehari dan jika dibutuhkan bisa juga diberikan terapi mandi pada malam hari / mandi malam.

Baca:   Tips merawat burung rambatan khusus masteran

 

2. Kurangi waktu menjemur

Penjemuran secara berlebihan dapat memicu birahi berlebihan pada burung lovebird. Nah, jika lovebird mengalami over birahi ada baiknya kalau durasi penjemuran dikurangi waktunya. Jika burung biasa dijemur selama 1-2 jam, maka untuk terapi pemulihan penjemuran cukup selama 30 menit saja.

 

3. Diberikan pasangan / untulan

Jika lovebird terlalu birahi dan sulit untuk diatasi dengan berbagai macam cara, maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memberinya pasangan atau untulan.

 

4. Mengatur pakan

Untuk mengatasi lovebird yang over birahi, maka pengaturan pakan harus dilakukan. Ada beberapa jenis pakan yang harus dikurangi pemberiannya seperti jagung, kuaci / biji bunga matahari, kacang-kacangan, kangkung, db. Selama pemulihan burung hanya diberikan milet putih saja.

Nah, agar hasilnya bisa lebih efektif, pakan yang digunakan sebaiknya dipilih yang benar-benar berkualitas baik misalnya Milet Cinderella. Milet ini mampu meningkatkan stamina burung lovebird dan dapat digunakan untuk mengatasi burung yang over birahi.

Baca:   Settingan & tips rawatan burung kacer yang kurang fighter

Selain milet putih, pemberian vitamin Sup Plus Bird juga dapat membantu meredam birahi burung lovebird. Caranya adalah mencampurkan 2-3 tetes Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Berikan setiap hari secara rutin untuk mendaptkan hasil yang maksimal.

 

5. Daun kemanggi untuk atasi over birahi

Daun kemanggi yang banyak dijadikan lalapan ternyata bisa juga loh dimanfaatkan untuk mengatasi burung lovebird yang sedang over birahi. Tanaman yang banyak tumbuh liar ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk burung, salah satunya bisa meredam birahi burung yang berlebihan.

Nah sobat, itulah lima metode untuk atasi over birahi pada burung lovebird.

Semoga bermanfaat

Related Articles

settingan lovebird jantan gestang lomba

Settingan lovebird jantan gestang untuk lomba

Gestang atau gesek tangkringan adalah perilaku unik yang kerap dijumpai pada lovebird yang berjenis kelamin jantan. Biasanya hal ini dipicu oleh birahi yang sudah lama tidak tersalurkan, sehingga burung memilih cara lain sebagai pelampiasannya. Kesalahan dalam perawatan lovebird jantan menuju konsletEmpat tahapan mencetak lovebird konsletTips memaksimalkan penampilan lovebird di lapanganProses mencetak lovebird betina konsletSetingan lovebird […]
Read more
ciri lovebird fighter

Ciri-ciri lovebird bermental fighter / petarung untuk lomba

Burung yang kerap menjadi sorotan di lapangan biasanya sudah mempunyai karakter dan mental yang sangat baik, salah satunya adalah bermental petarung atau fighter. Lovebird dengan mental tersebut tentu tidak akan mudah ngedrop saat dikepung oleh lawan mainnya di gantangan. Sebagai panduan, simak ciri-ciri lovebird bermental fighter / petarung untuk lomba berikut ini. Settingan lovebird fighter […]
Read more
cucak jenggot

Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Banyak penyebab mengapa burung cucak jenggot tidak mau tampil maksimal ketika dilombakan. Oleh karena itu, menyiapkan cucak jenggot untuk lomba bisa menjadi salah satu bentuk perawatan yang dapat meningkatkan mentalnya, sehingga burung mau tampil maksimal di lapangan.  Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacorTips cucak hijau tampil ngotot di lombaCara merawat pleci bakalan agar […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?