atasi jalak suren macet bunyi

Langkah-langkah jika burung macet bunyi

3 / 100

Perawatan burung yang macet bunyi agar bisa kembali rajin berkicau membutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Selain memulihkan kondisinya dengan menerapkan pola rawatan yang teratur, beberapa jenis terapi juga dibutuhkan untuk memancing burung kembali bunyi. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi.

Burung peliharaan yang mogok bersuara umumnya dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mentalnya. Secara umum, faktor yang paling sering dijumpai pada burung yang macet bunyi adalah karena sakit, stres / drop mental, trauma, atau karena kurang stamina.

Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan perawatan yang penuh perhatian, khususnya dalam memenuhi semua kebutuhan burung, baik dari segi nutrisi, vitamin, dan kenyamanan burung itu sendiri.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi:

1. Letakkan di tempat tenang

Langkah pertama adalah menyimpan burung di tempat yang tenang dan jauh dari keberadaan burung sejenis maupun burung ocehan lain yang bersuara kencang. Dengan mengkondisikan burung di tempat tenang, maka mentalnya akan perlahan bangkit sehingga lebih cepat terpancing untuk kembali rajin berkicau.

Untuk membantu proses pemulihannya, bisa dilakukan terapi dengan memutarkan suara alam seperti suara air mengalir, suara air hujan, atau suara hutan. Alternatifnya bisa meletakkan sangkarnya di dekat sumber air mengalir.

Baca:   Milet Volume

2. Berikan kecukupan pakan

Saat burung alami macet bunyi maka yang harus diperhatikan adalah kebutuhan pakannya. Untuk merangsangnya kembali berkicau, berikan burung makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Hal ini bisa didapatkan melalui makanan tambahan atau EF seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Saat macet bunyi, settingan yang membatasi pemberian pakan tambahan tersebut diabaikan tetapi burung mendapatkan asupan Ef yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan kembali kondisi birahinya sehingga burung akan lebih cepat kembali berkicau.

4. Rutinkan mandi

Perawatan berikutnya adalah merutinkan mandi. Burung yang macet bunyi sebaiknya dimandikan lebih sering dari biasanya. Jika selama ini burung hanya dimandikan setiap pagi saja, maka dalam terapi pemulihan burung macet bunyi pemberian mandi bisa dilakukan 2-3 kali sehari yang dilakukan pada pagi, siang, dan sore harinya.

Untuk mempercepat proses pemulihan, lakukan juga terapi mandi malam karena manfaatnya sangat baik untuk menjadikan burung lebih rajin bunyi. Pastikan selesai dimandikan pada malam hari, burung mendapatkan asupan pakan tambahan seperti ulat hongkong.

Baca:   Kaos Burung

4. Rutin pengembunan

Pengembunan secara rutin dapat membantu mempercepat pemulihan burung yang macet bunyi. Gantung sangkarnya pada posisi di mana ia akan terkena cahaya matahari yang baru terbit. Sinar matahari yang muncul setelah waktu fajar sangat baik untuk kesehatan dan juga kondisinya.

5. Berikan VITAMIN!!

Macet bunyi yang berlangsung dalam waktu yang lama bisa diatasi dengan memberikan suplemen multivitamin secara rutin dan teratur. Pemberian vitamin yang tepat seperti SUP PLUS BIRD dapat membantu mempercepat proses pemulihannya karena vitamin ini memiliki kandungan zat anti stres.

Selain itu, Sup Plus Bird yang dikonsumsi rutin dapat membantu mendongkrak mental, stamina, dan daya tahannya, serta mampu melancarkan metabolisme burung. Dengan demikian, burung akan jadi lebih aktif, sehat, dan terpancing untuk kembali mengeluarkan suara kicauannya yang lantang.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengenal burung samyong si peniru yang ulung

Samyong siapa yang tidak kenal dengan burung asli NTT ini. burung samyong atau Bare-throted Whistler (Pachycephala nudigula) adalah burung pengicau dari keluarga Pachycephalidae yang termasuk kedalam genus Pachycephala. Keberadaan burung jenis ini hanya berada di wilayah Indonesia atau lebih jelasnya merupakan salah satu burung epidemik Nusa Tenggara Timur ( NTT ) berukuran sedang, kira-kira 18-19 […]
Read more

High Heels

Etiam maximus urna interdum lacus suscipit dictum. Vestibulum libero sem, sagittis in ex ut, volutpat tincidunt lorem. Vivamus sit amet finibus erat, ut tempus risus. Integer in aliquam erat, sed sollicitudin odio. Etiam commodo gravida felis quis feugiat. Women SandoLadies PurseGold WatchRussian DressVintage NecklaceSundress Baca:   Kaos Burung
Read more

Inilah jawara baru di latpres BnR Leuwiliang

Menyemarakkan bulan ramadhan, BnR Leuwiliang mengadakan latpres rutin di daerah Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada Sabtu (5/7) lalu. Meski dalam suasana puasa namun perlombaan tetap semarak, bahkan terasa lebih hidup lantaran lokasi lomba yang luas dan berdekatan dengan kolam pemancingan Ciareteun.   Panitia Leuwiliang Bersama Juri BnR Semakin Kompak (Foto: Mulsyak/MediaBnR) Di Kelas Murai Batu persaingan sengit […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?