Tips mengatasi kacer yang sering ngeruji di lomb

Cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal

3 / 100

Jahe sudah menjadi tanaman herbal yang umum digunakan kicaumania untuk menjaga kondisi burung rawatannya. Jahe juga dipercaya dapat menjadikan burung memiliki suara yang lebih kristal. Berikut cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal.

Jahe menjadi bagian tak terpisahkan dalam perawatan burung ocehan. Selain membantu memberikan rasa hangat pada burung saat suhu /cuaca sedang dingin, jahe juga dapat menjadikan burung memilki suara yang lebih plong atau kristal.

Secara umum, hampir semua jenis burung ocehan populer dapat diberikan jahe untuk menjadikan suaranya makin kristal. Namun begitu, untuk hasilnya tentu berbeda-beda untuk masing-masing burung. Ada yang langsung tokcer bersuara kencang, tapi ada juga yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Berikut beberapa cara memberikan jahe pada burung peliharaan:

1. Jahe digeprek / ditumbuk lalu direbus dengan air mendidih selama beberapa menit, setelah itu angkat lalu saring air rebusan jahe tersebut. Campurkan madu atau air perasan dua buah jeruk nipis ke dalamnya, lalu aduk hingga merata.
Setelah dingin, air rebusan diberikan kepada burung sebagai air minumnya. Berikan air rebusan jahe setiap seminggu 1-2 kali.

Baca:   Cara merawat jalak nias agar cepat gacor

2. Jahe yang sudah dibuang kulitnya ditumbuk, lalu diberikan sebagai makanan untuk ulat hongkong atau jangkrik. Untuk hasil yang efektif, pemberian jahe kepada jangkrik dan ulat hongkong dilakukan 10-15 menit sebelum serangga-serangga tersebut diberikan kepada burung.

3. Jahe dikupas kulitnya, lalu diparut hingga halus. Hasil parutan kemudian dikeringkan dengan cara disangrai. Setelah kering, simpan dalam wadah tertutup. Bubuk jahe diberikan kepada burung dengan cara dicampurkan bersama pakan voernya.

4. Jahe dipotong dalam ukuran kecil atau seukuran butiran voer. Potongan jahe diberikan dengan cara dimasukkan ke dalam tubuh jangkrik sebelum diberikan pada burung.

Demikian tips seputar pemberian jahe pada burung agar rajin bunyi dan bersuara kristal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain diberikan jahe burung juga harus mendapatkan asupan vitamin yang berkualitas seperti Sup Plus Bird. Pemberian Sup Plus Bird secara rutin dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahannya. Selain itu juga mampu menjadikan burung rajin bunyi dan bersuara kencang.

Baca:   Setelan harian & lomba lovebird betina single fighter

Semoga bermanfaat

Related Articles

Burung peliharaan membutuhkan asupan suplemen tambahan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari

Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Burung liar yang ada di alam bebas tidak membutuhkan suplemen apapun karena semua kebutuhan nutrisinya sudah disediakan oleh alam. Namun berbeda dengan burung peliharaan yang umumnya hanya diberi pakan standar, maka kebutuhan akan vitamin dan mineral belum tentu bisa terpenuhi. Berikut suplemen yang bagus untuk burung kicau. Kupas tuntas perawatan harian dan lomba burung pleciCara memberikan […]
Read more
settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Mencetak lovebird konslet sejak dini

Lovebird yang ngekek dengan gaya konslet menjadi idaman banyak penggemarnya. Siapa sangka, burung yang mampu ngekek unik tersebut ternyata bisa dihargai lebih tinggi. Itu sebabnya, banyak penghobi lovebird yang kini berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya cepat konslet.  Empat cara mencetak lovebird konslet untuk pemulaCara mengkonsletkan lb jantan dengan banyak betinaTahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaTips jebol […]
Read more

Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut bulu

Kacer kanibal, begitu kicaumania di dalam negeri menyebut perilaku burung kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Dalam istilah internasional, perilaku tersebut dikenal dengan sebutan Feather Plucking dan umum dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, tidak terkecuali kacer. Bagaimana cara mengatasinya jika terjadi pada burung kacer? Simak tipsnya berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?