mengatasi lovebird sering gigit jari dan kuku

Tips mengatasi lovebird sering gigit kuku dan jari

Meski bukan perilaku yang perlu dicemaskan, namun burung lovebird yang kerap menggigit kuku dan jari harus segera ditangani sebelum melukai dirinya sendiri. Ada banyak penyebab lovebird berperilaku demikian. Untuk mengatasinya, simak cara-caranya berikut ini.

Ada beberapa penyebab lovebird sering gigit jari dan kuku, di antara yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Burung terlalu stres karena dirawat sendirian tanpa pasangan dalam waktu yang lama.
  • Kaki-kaki burung yang terinfeksi jamur atau bakteri.
  • Terdapat luka di kaki lovebird tersebut.
  • Dipicu oleh kondisi birahi yang tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah lovebird yang sering gigit jari dan kuku tersebut, maka beberapa tindakan berikut ini bisa diterapkan sesuai apa yang menjadi penyebab utamanya.

Jika sering gigit jari dan kuku karena burung dihinggapi rasa bosan

Lovebird adalah jenis burung yang hidup dengan cara berkoloni. Mereka akan menjadi lebih aktif dan ramai saat berkumpul dengan pasangan maupun sesama jenisnya. Jika lovebird terlalu lama dipelihara sendirian di rumah, maka bisa memicu stres yang mengakibatkan burung berperilaku cabut bulu, gesek tangkringan, hingga sering gigit jari dan kukunya.

Baca:   Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memberikan teman atau pasangan pada burung lovebird tersebut.

Lovebird alami infeksi pada kaki

Infeksi jamur dan bakteri bisa memicu perilaku lovebird sering gigit jari dan kukunya. Hal ini terjadi sebagai dampak dari kebiasaan yang dilakukan burung tersebut.

Kaki yang terinfeksi jamur atau bakteri dapat memicu rasa gatal sehingga untuk memberikan rasa nyaman di area yang gatal tersebut, burung lovebird akan jadi sering menggigit kakinya terutama kuku dan jarinya.

Bahkan tak jarang, perilaku ini akan dilakukannya sambil berguling-guling di dasar sangkar tak peduli pemiliknya memperhatikan dengan muka yang sangat cemas.

Untuk mengatasi infeksi pada kaki lovebird tentu harus menggunakan obat-obatan yang tepat. Gunakan salep khusus burung peliharaan yang dapat mengatasi masalah jamur, tungau, dan bakteri yang menyerang kulit dan kaki-kaki burung.

Baca:   Tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia

Selain karena infeksi, lovebird yang sering gigit kuku dan jari bisa juga disebabkan oleh luka yang terjadi pada kakinya.

Gigit kuku dan jari karena birahi

Ketika burung lovebird alami over birahi (OB) maka hal ini bisa memicu perilaku burung untuk menyakiti dirinya sendiri, mulai dari cabut bulu hingga menggigit kaki, kuku maupun jarinya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan perawatan yang dapat mengurangi sifat birahinya seperti dalam artikel berikut ini:

Tips atasi lovebird over birahiĀ 

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi lovebird yang kerap gigit jari dan kukunya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan Trik Membeli Burung

SEPERTI halnya membeli barang pada umumnya, membeli burung membutuhkan ketelitian, kejelian dan kesabaran. Apalagi bila calon pembeli adalah masih tarap pemula. Sebelum menjatuhkan pilihan, tentukan maksud dan tujuan pemeliharaan. Apakah hanya sekadar ikut-ikutan trend, memenuhi kesenangan, koleksi, hobi, atau untuk dilombakan (kontes). Bagi penggemar burung, apalagi yang menjadikan burung peliharaannya untuk diikutkan kontes harga memang […]
Read more

Cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba

Kolibri aka burung-madu yang belum siap mental umumnya akan lebih banyak diam saat dilombakan. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke arena lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba. Perawatan kolibri bakalan agar rajin bunyi dan ngobraCara merawat burung kolibri yang masih liarFakta unik & menarik […]
Read more

5 masteran yang membuat lovebird anda jadi mahal

Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?