anis merah over birahi tips e1602922236174

Solusi untuk burung anis yang kegemukan agar cepat gacor

Obesitas atau kegemukan bisa jadi masalah besar jika dialami oleh burung jenis punglor seperti anis merah dan anis kembang. Selain mengganggu penampilan, kegemukan juga sebabkan burung cenderung kurang aktif dan malas untuk berkicau. Untuk mengatasinya, simak Solusi untuk burung anis yang kegemukan agar cepat gacor.

Mengatasi burung yang kegemukan tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat, termasuk menjalankan berbagai terapi dan pelatihan fisik yang dapat melangsingkan burung dengan cepat. Dengan demikian, burung akan kembali aktif dan rajin bunyi.

Namun untuk jenis burung punglor seperti anis kembang atau anis merah yang alami kegemukan, maka perawatan yang dilakukan akan menjadi sedikit lebih berbeda. Yang dibutuhkan jenis burung ini adalah pengaturan pakan dengan disertai perawatan rutin lainnya dan multivitamin yang tepat.

Pengaturan pakan

Untuk mengatasi burung yang kegemukan, pemberian pakan harus mulai lebih diperhatikan terutama yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Pakan tambahan tinggi protein tersebut terdapat dalam cacing tanah, jangkrik, kroto,dan ulat hongkong.

Berikut pengaturan pakan tambahan (EF) yang bisa diterapkan untuk mengatasi kegemukan pada burung anis merah dan anis kembang:

  • Jangkrik diberikan sebanyak 5-6 ekor pada pagi & sore hari.
  • Cacing tanah diberikan sebanyak 2 ekor pada pagi & sore hari.
  • Ulat hongkong sebanyak 2-3 ekor pada pagi & sore hari.
  • Satu sendok makan kroto diberikan setiap pagi sebelum burung dijemur atau saat burung sedang diembunkan.
  • Buah-buahan diberikan setiap hari dengan lebih bervariasi yang terdiri dari pepaya, melon, jeruk, dan mangga. Sedangkan untuk pisang diberikan setiap 2 hari sekali.
Baca:   Penampakan punai pengantin di Kampus IPB Dramaga

Selain makanan tambahan atau EF, pastikan burung yang kegemukan itu juga mendapatkan asupan voer yang berkualitas baik.

Perawatan harian untuk atasi burung kegemukan

  • Mulai dengan lebih rutin melakukan pengembunan, khususnya 30 – 60 menit sebelum matahari terbit.
  • Mandikan burung anis merah / kembang secara rutin setiap pagi hari. Berikan juga terapi mandi malam yang dilakukan setiap beberapa hari sekali.
  • Jemur burung setelah matahari terbit, gantungkan sangkarnya di tempat terbuka untuk memaksimalkan hasil penjemurannya. Lakukan penjemurna selama 2-3 jam.

Memberikan multivitamin

Pemberian vitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird dapat membantu perawatan burung yang alami kegemukan atau obesitas. Selain bermanfaat menjaga kondisi dan kesehatannya, vitamin ini juga memiliki sejumlah manfaat penting lain, yaitu:

  1. Melancarkan proses metabolisme sehingga proses pelangsingan dapat berlangsung dengan lebih cepat.
  2. Mencegah burung stres selama proses pelangsingannya tersebut.
  3. Mencegah burung over birahi akibat pemberian pakan yang berlebihan.
  4. Menjadikan burung tetap aktif dan fit.
  5. Melancarkan pernafasan sehingga suara burung jadi lebih keras dan ngeplong.
  6. Membuat burung semakin rajin bunyi sehingga lebih cepat gacornya.
  7. Untuk hasil yang lebih maksimal, berikan suplemen vitamin Sup Plus Bird untuk mengatasi burung yang kegemukan itu setiap hari secara rutin dan teratur.
Baca:   Tips dan cara merawat indukan kenari yang mengerami telur

Demikian solusi untuk mengatasi burung anis yang kegemukan agar cepat gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird paud beranjak dewasa settngan

Settingan lovebird paud yang beranjak dewasa

Lovebird paud atau balibu kini banyak dirawat sebagai burung lomba. Akan tetapi, setelah burung beranjak dewasa, maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentu perlu diantisipasi oleh lovebid mania, apalagi banyak keluhan mengenai lovebird paud yang tak lagi bisa mencetak prestasi. Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lombaCara melatih mental […]
Read more
menjaga kualitas induk lovebird

Settingan lovebird jantan kembali gacor setelah diternak

Seperti lazimnya mahluk hidup yang membutuhkan pasangan untuk berkembang biak, lovebird jantan yang biasa dilombakan pun memiliki naluri yang sama. Setiap tahunnya, lovebird jantan dewasa akan mengalami masa over birahi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun kecuali dipasangkan betina atau untulan.  Tips lovebird main nagen di satu titikHindari!! Kebiasaan salah dalam merawat lovebirdBegini cara […]
Read more

Rawatan kacer yang sering mbagong

53 / 100 Mbagong adalah istilah yang disematkan kepada burung kacer yang memiliki perilaku sering meggembungkan tubuhnya seperti kuda laut. Biasanya hal ini dilakukan saat kacer sedang dilombakan dengan burung kacer lainnya. Ada banyak penyebab mengapa kacer sering mbagong, dan berikut adalah cara perawatannya. Cara mengatasi burung kacer yang over birahi dan ngedropTips mengatasi kacer […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?