memaksimalkan suara kacer

Settingan & tips rawatan burung kacer yang kurang fighter

Kacer sejatinya adalah burung teritorial dengan mental fighter yang sangat baik. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kacer akan cenderung jadi kurang fighter sehingga rentan ngedrop jika dilombakan. Berikut settingan & tips rawatan kacer yang kurang fighter.

Mental fighter kacer sejatinya bisa terbentuk dengan sendirinya karena jenis burung ini secara alami berkarakter teritorial. Namun begitu, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mentalnya tidak terbentuk sehingga burung jadi kurang fighter, yaitu:

  • Burung jarang dilatih di arena latberan, meskipun tidak untuk dilombakan.
  • Kacer sering digantang berdekatan dengan kacer lain di rumah, atau selalu melihat burung sejenis sehingga kehilangan sifat fighter dan teritorialnya.
  • Burung yang tidak pernah / jarang diberikan makanan ekstra khususnya serangga.
  • Kondisi burung yang cenderung lemah akibat jarang diberikan multivitamin.
  • Perawatan yang sering berubah-ubah.
  • Burung yang sedang stres.
  • Trauma karena takut oleh binatang pengganggu maupun oleh kacer lain yang sudah mapan.
  • Burung sudah memasuki masa mabung.

Untuk mengatasi burung kacer yang kurang fighter, maka beberapa metode settingan dan rawatan berikut ini dapat diterapkan, yaitu:

Baca:   Empat jenis pakan tambahan yang digunakan dalam ternak kenari

Melatih adaptasi di arena lomba

Sering membawa burung kacer ke arena lomba tetapi bukan untuk bertanding menjadi salah satu cara untuk melatih adaptasi burung di lapangan. Nantinya, setelah mental fighternya mulai terbentuk, barulah kacer tersebut dilatih dengan kacer lain yang seumuran dengannya.

Jangan terlalu sering dikerodong

Sering mengerodong kacer yang notabene adalah burung teritorial dapat menghilangkan sifat aslinya tersebut. Burung jadi tidak akan memiliki naluri untuk mempertahankan wilayahnya / teritorial jika setiap hari burung hanya dikerodong. Gunakan kerodong seperlunya saja misalnya ketika suhu terlalu dingin, cuaca yang berangin atau hujan, dan pada malam hari dengan tujuan agar burung bisa beristirahat total.

Meningkatkan makanan ektra (EF)

Memberikan makanan ekstra / EF dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dapat mendongkrak birahi burung kacer. Dengan demikian, mental tempurnya akan perlahan terbentuk dan burung akan menjadi lebih gacor dari biasanya. Namun perlu diperhatikan juga takaran Ef yang diberikan untuk tidak terlalu berlebihan. Untuk itu, pemberiannya bisa dilakukan secara bertahap sambil mengamati kondisi burung.

Setiap seminggu sekali, berikan pakan alternatif yaitu makanan yang bisa didapatkan burung kacer tersebut ketika berada di alam liar. Ada beberapa jenis pakan alternatif yang dapat diberikan untuk mendongkrak mental fighternya seperti kelabang, cacing tanah, belalang, dsb.

Baca:   Tips merawat burung murai batu untuk pemula

Memberikan suplemen vitamin yang tepat

Membangun mental kacer agar lebih fighter tidak cukup hanya dilakukan dengan memberikan makanan yang tepat saja, tetapi juga harus disertai dengan pemberian multivitamin yang baik. Berikan multivitamin Sup Plus Bird yang dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi burung stres, serta mampu meningkatkan stamina dan mental burung jika rutin dikonsumsi. Sup Plus Bird juga dapat menjadikan burung kacer semakin terpancing untuk rajin bunyi dengan suara isian yang lebih bervariasi.

Itulah beberapa settingan dan tips rawatan agar kacer memiliki mental fighter yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

merawat murai batu kurang birahi

Cara merawat burung murai batu yang kurang birahi

Murai batu yang kurang birahinya tentu akan mengurangi penampilannya saat dilombakan. Kondisi ini pun bisa memicu penurunan mental dan sifat fighternya, sehingga burung jadi malas berbunyi. Berikut cara merawat burung murai batu yang kurang birahi. Cara melatih mental tarung burung murai batuTips jika suara murai batu kurang variasi di lapanganTips melatih mental murai batu mhBeberapa tips […]
Read more

Tips optimasi mental pleci untuk lomba

Pleci yang bermental baik banyak dicari penggemarnya. Selain mudah dirawat, burung dengan mental yang baik akan lebih cepat bunyi kapan dan di mana saja. Sebelum menyiapkan pleci ke arena lomba, maka dibutuhkan optimasi mentalnya terlebih dulu. Dengan begitu, burung akan lebih siap tanding dengan penampilan yang leih maksimal. Empat faktor pendukung pleci siap lombaCara agar […]
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Kalah menang dalam sebuah lomba adalah hal yang biasa. Meski begitu, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena bisa jadi burung yang anda rawat itu sedang bermasalah. Ini alasan kenapa lovebird Anda sering kalah lomba.  Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetikCara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruhCara menambah dan bongkar durasi lovebirdCara menjadikan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?