bulu ekor tidak tumbuh

Penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya

Burung yang bondol atau kehilangan bulu ekor akan membuat penampilannya jadi kurang menarik. Biasanya, bulu ekor yang rontok disebabkan oleh burung yang sedang mabung, atau bisa juga karena sebab lain. Berikut penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya.

Ada beberapa penyebab mengapa bulu ekor tak juga mau tumbuh meskipun burung tersebut sudah dirawat cukup lama, di antaranya adalah:

Pori-pori bulu tersumbat oleh jamur maupun gumpalan darah kering.
Ada patahan / sisa bulu di pangkal bulu yang menyebabkan bulu baru tidak dapat tumbuh.
Burung yang alami kekurangan kalsium sehingga tidak mampu menumbuhkan bulu baru.

Cara mengatasi bulu ekor tidak tumbuh

Pori-pori bulu yang tersumbat bisa menghambat pertumbuhan tunas bulu baru. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya gumpalan darah kering yang terjadi setelah bulu ekor dicabut paksa atau tidak dengan cara yang tepat sehingga merobek kulit dan menyebabkan pendarahan.

Baca:   Perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi

Penyumbatan pori-pori bulu bisa juga terjadi karena adanya infeksi jamur. Untuk itu dibutuh penanganan dengan cara yang tepat agar nantinya bulu baru bisa tumbuh sempurna.

Untuk mengatasi bulu ekor yang tidak mau tumbuh tentu diperlukan penanganan yang tepat, misalnya membersihkan kulit di sekitar pangkal ekor yang tidak mau tumbuh bulu tersebut dengan cara:

  • Siapkan wadah atau mangkuk yang berisi air hangat (hangat-hangat kuku).
  • Singkapkan bulu-bulu yang menutupi kulit di area pangkal ekornya, setelah itu celupkan pangkal ekor ke dalam air hangat di dalam mangkuk tersebut.
  • Dengan posisi kulit / pangkal ekor masih tercelup di air, bersihkan area kulitnya dengan menggunakan jari. Lakukan secara hati-hati agar tidak membuat kulit burung lecet atau luka.
  • Bersihkan kulit yang tidak mau tumbuh bulu tersebut dengan cara menggosokan jari secara perlahan.
Baca:   Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Setelah proses membersihkan area kulit selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird untuk mencegah burung stres. Manfaat Sup Plus Bird lainnya adalah menyediakan nutrisi yang dibutuhkan burung untuk menumbuhkan bulu baru. Cara penggunaan Sup Plus Bird adalah diteteskan langsung pada paruh/mulutnya, atau diteteskan ke dalam air minum maupun pakan tambahannya (EF) selama satu minggu.

Selain itu, untuk memberikan asupan kalsium jika burung alami kekurangan kalsium penyebab bulu tidak tumbuh bisa dilakukan dengan mencampurkan tumbukan kulit telut atau tulang sotong ke dalam pakan hariannya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips agar burung murai air aktif dan rajin bunyi

Meski berpenampilan kurang menarik, namun karena ekornya yang panjang menjadikan banyak kicaumania penasaran dengan suara kicauannya. Jika dirawat dengan tepat, murai air atau biasa disebut burung air mancur bisa menjadi masteran yang baik, terutama karena suaranya yang rapat mirip burung pelatuk. Berikut tips agar burung murai air aktif dan rajin bunyi. Tips merawat burung rambatan […]
Read more

Pakan agar ciblek makin ngotot

Selain dilatih dengan suara masteran dan perawatan rutin lainnya, untuk menjadikan penampilan ciblek makin ngotot bisa dilakukan dengan memberinya pakan yang tepat. Pakan tersebut bisa berupa pakan racikan maupun pakan yang telah diolah secara khusus untuk memaksimalkan kinerja burung ciblek. Empat cara merawat burung ciblek mabung yang benarCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenCara cepat menjinakkan […]
Read more
lovebird ngetik di lomba

Cara mengatasi lovebird gagal ngekek di gantangan

Banyak keluhan yang muncul ketika lovebird enggan mengeluarkan suara ngekeknya saat dilombakan. Selama di gantangan, burung jadi jarang ngekek, tetapi hanya ngetik dan mompa-mompa saja. Mengapa bisa begitu? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik di gantangan. Mengenal 10 penyebab lovebird cabut buluTips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaTips dan cara atasi lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?