bulu ekor tidak tumbuh

Penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya

Burung yang bondol atau kehilangan bulu ekor akan membuat penampilannya jadi kurang menarik. Biasanya, bulu ekor yang rontok disebabkan oleh burung yang sedang mabung, atau bisa juga karena sebab lain. Berikut penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya.

Ada beberapa penyebab mengapa bulu ekor tak juga mau tumbuh meskipun burung tersebut sudah dirawat cukup lama, di antaranya adalah:

Pori-pori bulu tersumbat oleh jamur maupun gumpalan darah kering.
Ada patahan / sisa bulu di pangkal bulu yang menyebabkan bulu baru tidak dapat tumbuh.
Burung yang alami kekurangan kalsium sehingga tidak mampu menumbuhkan bulu baru.

Cara mengatasi bulu ekor tidak tumbuh

Pori-pori bulu yang tersumbat bisa menghambat pertumbuhan tunas bulu baru. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya gumpalan darah kering yang terjadi setelah bulu ekor dicabut paksa atau tidak dengan cara yang tepat sehingga merobek kulit dan menyebabkan pendarahan.

Baca:   Tips jika suara murai batu kurang variasi di lapangan

Penyumbatan pori-pori bulu bisa juga terjadi karena adanya infeksi jamur. Untuk itu dibutuh penanganan dengan cara yang tepat agar nantinya bulu baru bisa tumbuh sempurna.

Untuk mengatasi bulu ekor yang tidak mau tumbuh tentu diperlukan penanganan yang tepat, misalnya membersihkan kulit di sekitar pangkal ekor yang tidak mau tumbuh bulu tersebut dengan cara:

  • Siapkan wadah atau mangkuk yang berisi air hangat (hangat-hangat kuku).
  • Singkapkan bulu-bulu yang menutupi kulit di area pangkal ekornya, setelah itu celupkan pangkal ekor ke dalam air hangat di dalam mangkuk tersebut.
  • Dengan posisi kulit / pangkal ekor masih tercelup di air, bersihkan area kulitnya dengan menggunakan jari. Lakukan secara hati-hati agar tidak membuat kulit burung lecet atau luka.
  • Bersihkan kulit yang tidak mau tumbuh bulu tersebut dengan cara menggosokan jari secara perlahan.
Baca:   Empat penyebab anis merah ngedrop

Setelah proses membersihkan area kulit selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird untuk mencegah burung stres. Manfaat Sup Plus Bird lainnya adalah menyediakan nutrisi yang dibutuhkan burung untuk menumbuhkan bulu baru. Cara penggunaan Sup Plus Bird adalah diteteskan langsung pada paruh/mulutnya, atau diteteskan ke dalam air minum maupun pakan tambahannya (EF) selama satu minggu.

Selain itu, untuk memberikan asupan kalsium jika burung alami kekurangan kalsium penyebab bulu tidak tumbuh bisa dilakukan dengan mencampurkan tumbukan kulit telut atau tulang sotong ke dalam pakan hariannya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

sangkar lovebird mika

Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Sifat lovebird yang gemar merambat kerap menyulitkan para pemiliknya, apalagi jika hal itu sering dilakukannya pada saat sedang dilombakan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka digunakanlah berbagai macam perlengkapan yang bertujuan membatasi ruang gerak burung di dalam sangkar, salah satunya adalah menggunakan mika. Cara mengatasi lovebird yang suka ngerujiSettingan lovebird fighter ke konsletPenyebab, ciri-ciri, dan cara […]
Read more
lovebird paud koloni

Tips settingan lovebird paud koloni

Banyak kicaumania yang mengkolonikan lovebird yang masih paud untuk beragam alasan, di antaranya adalah agar burung anteng dan tidak mudah kepo alias nakal. Bagaimana settingan lovebird paud dengan sistem koloni tersebut, mari simak berikut ini. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips dan […]
Read more

Memilih lovebird bahan berkualitas lomba

Setiap burung jawara memiliki kebiasaan sendiri-sendiri, tak terkecuali lovebird. Hal itu meliputi segala aspek, mlai dari pakan hingga perawatan hariannya. Penanganan khusus ini pun dapat diterapkan pada lovebird yang masih bahan, dengan catatan, harus bisa mengenali dan memilih lovebird bahan berkualitas lomba. Cara memilih dan menyiapkan lovebird bahan untuk lombaPenyebab bulu lovebird mudah rontok dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?