air minum untuk burung

Memilih air minum yang aman untuk burung peliharaan

Kebutuhan akan air minum menjadi sesuatu yang sangat vital karena sangat menentukan umur panjang burung yang dirawat. Namun tidak semua air bisa dikonsumsi burung peliharaan, karena jika terkontaminasi bakteri atau bahan kimia justru dapat mengganggu kesehatannya. Oleh karena itu, pilihlah air minum yang aman untuk burung piaraan.

Untuk kebutuhan air minumnya, banyak kicaumania yang langsung memberikan burung rawatannya dengan air yang didapatkan langsung dari air ledeng / kran, bak mandi, atau ada juga yang memberikan air mineral sebagai air minum hariannya.

Meski dianggap sepele, tapi bisa fatal akibatnya jika burung meminum air yang sudah terkontaminasi bakteri maupun bahan kimia berbahaya. Untuk itu, simak uraian singkat berikut ini mengenai cara memilih air minum yang baik untuk burung peliharaan.

Ada beberapa sumber aiar yang digunakan untuk konsumsi burung peliharaan, di antaranya adalah:

Air ledeng atau air pam.

Sumber air yang dianggap bersih ini banyak digunakan sebagai air minum untuk burung kesayangan. Tapi perlu diperhatikan juga, meski layak konsumsi namun pada waktu-waktu tertentu air pam akan mengandung lebih banyak chlorin (kaporit) yang difungsikan sbagai sanitasi air minum untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Jika burung terlalu banyak mengkonsumsi air minum yang sedang tinggi kandungan chlorinnya tentu tidak baik akibatnya. Pastikan saat akan memberikan air pam untuk burung peliharaan, kondisi air yang keluar dari kran tidak berwarna putih atau keruh. Untuk amannya, tuangkan air ledeng dalam sebuah botol atau wadah lalu tunggu selama 20 – 30 menit sampai air menjadi jernih setelah itu baru diberikan pada burung sebagai air minumnya.

Baca:   Settingan pleci cepat ngalas dan ngerol

Air matang

Air yang sudah matang kadang sering juga digunakan untuk air minum burung peliharaan, tapi hindari memberikan air yang sudah direbus berkali-kali karena menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan burung.

Air sumur

Air sumur mungkin menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan air minum burung peliharaan. Namun tentu saja harus dipilih sumur yang masih bersih, tidak terkontaminasi oleh sampah, bangkai binatang atau bahkan resapan air kotor maupun air laut yang bisa mengganggu kesehatan burung yang mengkonsumsinya.

Air mineral atau air botolan

Air mineral banyak dimanfaatkan sebagai air minum untuk burung peliharaan. Tapi seperti juga sumber air lainnya, jika salah memilih air kemasan tersebut tentu bisa berbahaya bagi burung peliharaan.

Selain itu,

Air mineral menjadi salah satu sumber air minum yang banyak digunakan kicaumania untuk burung kesayangannya. Tapi perlu diperhatikan juga tanggal kadaluarsa dari air mineral tersebut karena berdampak buruk bagi kesehatan burung. Selain itu, pastikan juga air mineral yang digunakan tidak mengandung fluoride maupun terkontaminasi zat-zat berbahaya seperi bakteri E.coli yang dapat mengancam kesehatannya.

Air larutan penyegar

Larutan penyegar sering digunakan sebagai air minum untuk burung peliharana karena adanya anggapan yang berkembang di kalangan kicaumania bahwa mengkonsumsi air larutan secara rutin dapat menjadikan suara burung lebih kencang.

Baca:   Tips memaster burung murai batu agar lebih efektif

Tapi perlu dipahami juga, pemberian air larutan sejatinya sebagai bentuk terapi dan tidak dijadikan sebagai sumber air minum utama untuk burung. Apalagi banyak kasus burung peliharaan yang alami gangguan kesehatan setelah sering diberikan air larutan.

Air bersoda dan beralkohol

Hindari memberikan air yang mengandung bahan kimia tertentu seperti air soda, air berenergi dan air yang mengandung alkohol. Kandungan zat tersebut tidak akan bisa dicerna oleh tubuh burung sehingga bisa memicu gangguan kesehatan yang fatal akibatnya.

Selain itu, hindari juga memberikan air minum yang memiliki kandungan kafein tinggi seperti air kopi, air teh, dan air coklat yang sebenarnya tidak ada manfaatnya jika diberikan kepada burung peliharaan.

Itulah beberapa jenis sumber air yang biasa diberikan untuk konsumsi burung peliharaan. Dengan memilih dan menggunakan air minum yang aman, maka burung akan menjadi lebih sehat, apalagi jika diberikan tetesan multivitamin Sup Plus Bird yang dapat menjadikanya semakin aktif dan rajin berkicau.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara terapi mandi untuk menambah durasi lovebird

Menambah durasi ngekek lovebird umumnya dilakukan dengan melatih burung secara rutin menggunakan kandang umbaran. Tapi selain itu, menambah durasi bisa juga dilakukan dengan menerapkan terapi mandi. Seperti apa terapi mandi tersebut? Simak tips dan caranya berikut ini. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaTips settingan lovebird paud koloniMengatasi lovebird bunyi sambil buka sayapTips dan perawatan […]
Read more

Lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Meskipun perilaku cabut bulu bisa dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, namun hal ini paling sering terjadi pada burung jenis paruh bengkok, terutama lovebird. Berikut adalah lima cara mengatasi lovebird cabut bulu.  Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaTips dan cara mengatasi murai batu sering cabut buluTips mengatasi lovebird sering gigit kuku dan jariSettingan harian dan […]
Read more
lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird yang sering menggigit

Lovebird yang sering menggigit kadang cukup mengesalan. Bagaimana tidak, gigitan paruhnya yang tajam itu bisa melukai tangan maupun jari orang yang akan mengganti pakan dan air minumnya. Untuk mencegah dan mengatasinya, simak tips cara pencegahannya berikut ini. Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinyaLovebird macet bunyi karena stres? Ini solusinyaTips dan cara menjemur lovebird dengan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?