anis merah over birahi tips e1602922236174

Empat penyebab anis merah ngedrop

Anis merah sering dianggap sebagai jenis burung yang sensitif. Setelan maupun perawatan yang keliru, atau karena kelalaian dalam perawatannya dapat menyebabkan jenis burung ini mudah drop. Sebagai panduan, berikut 4 (empat) penyebab anis merah ngedrop.

Ketika burung anis merah mengalami drop, maka bisa dikenali dengan mudah dari perilakunya sehari-hari. Burung yang biasanya rajin bunyi mendadak jadi pasif dan pendiam, serta tidak merespon ketika diputarkan dan/atau mendengar suara anis merah lainnya.

Ciri-ciri lain bisa dikenali dari perilakunya di dalam sangkar. Burung jadi lebih sering berdiam diri di tenggerannya sepanjang hari, tanpa mengeluarkan sama sekali apalagi mau teler. Jika diperhatikan secara fisik, sorot matanya akan jadi terlihat sayu dengan bulu-bulu yang selalu mengembang.

Secara umum, ada empat penyebab anis merah drop, yaitu:

1. Kurang asupan pakan tambahan (EF)

Idealnya, pakan tambahan untuk burung anis merah sebaiknya yang bervariasi seperti jangkrik, kroto, dan cacing tanah. Jangkrik diberikan sebanyak 2 ekor pada pagi dan 1 ekor pada sore hari. Kroto diberikan dua kali seminggu sebanyak 1 sendok teh, sedangkan cacing tanah seminggu sekali sebanyak 2 ekor.

Baca:   Tips cegah dan atasi burung kolibri berdada nyilet

Untuk anis merah, memberikan ulat hongkong sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat birahinya cenderung tidak stabil. Nah, jika burung ngedrop karena perawatan hariannya tidak mendapatkan asupan EF yang cukup maka untuk mengatasinya cukup dengn menambah porsi pakan tambahannya tersebut.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang dan pepaya yang dikonsumsi anis merah secara berlebihan juga dapat membuatnya mudah drop. Untuk solusinya, cobalah kurangi porsi pakan buah-buahannya tersebut.

3. Jarang dikerodong

Idealnya, kerodong digunakan agar burung lebih bisa beristirahat dan terhindar dari terpaan angin atau gangguan lain yang bersifat eksternal. Bagi burung anis merah, fungsi kerodong ternyata bisa lebih dari itu. Anis merah yang sering dikerodong ternyata lebih sering mengeluarkan suara keriwikannya.

Hal yang berbeda akan dijumpai pada burung yang jarng diberikan kerodong sama sekali, apalagi jika terlalu sering melihat burung sejenis di dekatnya. Kondisi ini juga menyebabkan burung anis merah mudah drop.

4. Penjemuran terlalu singkat

Penjemuran untuk burung anis merah sebaiknya dilakukan dalam durasi 1-2 jam yang dimulai sejak pukul 07:30. Pastikan selama dijemur tidak melihat burung sejenis maupun yang berpenampilan mirip. Selesai penjemuran, anis merah diangin-anginkan selama 10 menit, setelah itu kembali dikerodong.

Baca:   Menjaga kondisi burung kolibri di musim hujan

Jika anis merah jarang dijemur atau penjemuran yang terlalu singkat, maka burung akan cenderung memiliki birahi yang tidak stabil sehingga mudah drop. Untuk itu, segera tingkatkan durasi penjemurannya agar anis merah mempunyai ketahanan yang cukup baik dari segi fisik maupun mentalnya.

Untuk membantu menjaga kondisi dan staminanya itu, berikan vitamin Sup Plus Bird yang memiliki manfaat untuk mendongkrak stamina, daya tahan, dan mentalnya. Selain itu, pemberian Sup Plus Bird secara rutin juga dapat mempercept pemulihan kondisinya yang sedang ngedrop.

Itulah empat hal yang dapat menyebabkan burung anis merah drop.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Apakah harga lovebird bisa naik?

Anjloknya harga lovebird yang terus terjadi selama beberapa tahun ini mengejutkan banyak pihak. Penurunan harga tersebut disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari melimpahnya stok lovebrid di pasaran hingga dipicu oleh naiknya harga pakan lovebird di pasaran. Apakah harga lovebird bisa naik lagi? Penyebab harga lovebird turunTips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternakMilet Cinderella jadikan lovebird […]
Read more
ciri lovebird fighter

Proses mencetak lovebird betina konslet

Mencetak lovebird konslet banyak dilakukan dengan burung betina karena dianggap mempunyai kelebihan dari segi durasi maupun irama ngekeknya. Akan tetapi, proses mencetak lovebird betina konslet membutuhkan waktu dan konsistensi rawatan, terutama karena faktor emosi dan birahinya yang cenderung lebih cepat naik dari burung jantan. Lima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebirdSettingan lovebird jantan […]
Read more
tips menjemur lovebird

Tips dan cara menjemur lovebird dengan tepat dan sehat

Perawatan lovebird tidak bisa dilepaskan dari proses penjemurannya setiap hari. Selain membuat burung tetap aktif, menjemur lovebird di waktu dan cara yang tepat juga akan menjadikan burung selalu sehat dan rajin ngekek. Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinyaCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?