memaksimalkan suara ciblek

Dongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarung

Burung ciblek dada putih dikenal memiliki mental yang lebih baik dari ciblek berdada kuning. Namun begitu, tanpa dukungan perawatan yang tepat, ciblek jenis apapun tidak akan bisa tampil dengan maksimal. Untuk itu, simak tips mendongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarung berikut ini.

Di pasaran terdapat berbagai jenis burung ciblek yang popular di kalangan kicaumania. Salah satu yang paling disukai adalah ciblek dada putih atau sering disebut juga dengan sebutan ciblek kristal. Ya, disebut ciblek kristal karena burung ini memiliki suara tembakan yang lebih keras / kristal dibandingkan ciblek dada kuning.

Selain suara tembakannya yang kristal, ciblek dada putih juga dikenal memiliki mental tarung yang lebih baik dari ciblek jenis lainnya. Nah, agar penampilannya tidak berubah dan burung tetap memiliki mental yang baik, maka perawatan yang tepat harus diterapkan.

Berikut tips mendongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarung

1. Ciblek harus rutin dijemur

Penjemuran secara rutin dapat membantu meningkatkan ketahanan fisik dan mentalnya. Penjemuran sebaiknya dilakukan tidak lama setelah matahari terbit, karena sinar matahari pagi diketahui memiliki manfaat yang baik untuk mahluk hidup. Akan lebih baik lagi jika penjemuran disertai dengan pengembunan.

2. Mandikan dengan teratur

Ciblek dada putih bisa dimandikan secara teratur setiap pagi. Memandikan ciblek secara rutin dipercaya mampu meningkatkan mental dan ketahanan fisiknya sehingga burung akan lebih terpancing untuk rajin berbunyi dan siap tempur.

Baca:   Merawat burung srigunting bakalan cepat jinak dan rajin bunyi

3. Berikan makanan yang cocok

Ada banyak pakan kemasan yang dijual untuk burung peliharaan. Tapi untuk mendongkrak mentalnya, sebaiknya berikan pakan kemasan yang sudah terjamin kandungan dan kualitasnya.

Salah satunya adalah pakan Kristal Ciblek yang tidak hanya efektif mendongkrak mental burung ciblek saja tapi juga mampu jadikan ciblek makin ngotot dan tambah gacor. Selain pakan voer tersebut, berikan pakan ekstra (EF) yang sesuai. Adapun ef yang diberikan untuk ciblek dada putih adalah:

  • 2-3 ekor ulat hongkong warna putih setiap pagi dan sore hari.
  • 3 ekor jangkrik kecil diberikan pada pagi hari, dan 2 ekor jangkrik pada sore harinya.
  • Satu cepuk kroto segar diberikan setiap pagi, khususnya saat burung sedang diembunkan. Kroto yang bersih dan segar mampu meningkatkan stamina dan mental burung ciblek.

4. Pengaturan lokasi

Selain perawatan standar, meningkatkan mental tarung ciblek dada putih bisa juga dilakukan dengan mengatur posisi atau lokasi gantangannya. Pastikan posisi gantangan berada di tempat yang sesuai tingginya. Idealnya, posisi sangkar ciblek berada sejajar dengan kepala sehingga masih bisa dijangkau saat akan memberinya makanan / minuman.

Posisi sangkar sebaiknya berada di tempat aman dan jauh dari jangkauan hewan peliharaan lain maupun hewan-hewan liar yang dapat mengganggunya.

Hindari menggantang sangkarnya berdekatan dengan sangkar yang berisi burung ciblek lain, khususnya dari jenis ciblek dada kuning atau sejenis. Anda bisa mendekatkanya dengan ciblek jenis lain seperti ciblek alang-alang atau ciblek gunung untuk memancingnya berbunyi sekaligus untuk melatih pemasterannya.

Baca:   Cara merawat lovebird yang sedang mabung

Jauhkan sangkarnya dari burung bertipe teritorial seperti kacer, tledekan, dan murai batu karena burung-burung ini akan mendominasi lingkungan sekitar sangkarnya sehingga mampu jadikan burung ciblek rentan ngedrop mentalnya.

Begitu juga jika memelihara cendet atau srigunting, sebaiknya dijauhkan dari ciblek karena kedua jenis burung ini dikenal sebagai predator alaminya di alam liar.

5. Berikan vitamin yang tepat

Vitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird dapat menjadikan ciblek dada putih semakin terjaga kondisi, kesehatan, dan ketahanan fisiknya. Selain itu, vitamin ini juga memiliki kandungan yang dapat mendongkrak mental tempurnya jadi lebih baik.

Pemberian multivitamin Sup Plus Bird dengan rutin dapat membantu menjadikan ciblek dada putih makin gacor dan lebih siap untuk dilombakan.

Itulah beberapa tips mendongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarung.

Semoga bermanfaat

Related Articles

rawatan llovebrid pekerja

Tips dan perawatan lovebird untuk pekerja yang sibuk

Seringkali karena keterbatasan waktu menjadikan banyak lovebird mania tidak bisa dengan total merawat burung kesayangannya. Padahal tidak sedikit dari mereka yang sangat ingin menjadikan momongannya sebagai jawara di arena-arena lomba. Sebagai panduan, simak tips dan perawatan lovebird untuk para pekerja yang sibuk berikut ini. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaCara terapi mandi untuk menambah […]
Read more

Ciri-ciri burung murai batu yang siap lomba

Melombakan burung murai batu butuhkan perhitungan yang matang, karena burung ini terkenal dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Ketika burung yang belum siap lomba dipaksakan untuk bertarung, maka besar kemungkinan murai batu tersebut akan stres, ngedrop mental, bahkan macet bunyi. Sebagai panduan, simak ciri-ciri murai batu yang siap lomba berikut ini. Kenali ciri-ciri lovebird yang […]
Read more
Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini. Cara seting lovebird jantan untuk lombaTips dan cara memilih untulan lovebirdCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?