cara melatih mental kenari lomba

Cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakan

Banyak kenari mania yang mengeluhkan burung rawatannya tak mau bunyi saat dilombakan, tapi justru rajin bunyi saat masih berada di rumah. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang tidak memiliki mental yang baik sehingga mudah alami “demam panggung” saat digantang. Untuk mengatasinya, simak tips melatih mental kenari agar mau bunyi saat dilombakan.

Ada beragam penyebab burung kenari tidak mau bunyi saat dilombakan, di antara yang paling umum adalah:

  1. Burung kenari tersebur masih berumur sangat muda.
  2. Jarang dilatih mentalnya sehingga burung tidak memiliki pengalaman saat berada di lingkungan yang ramai.
  3. Burung yang kurang stamina dan jarang mendapatkan asupan vitamin tambahan., dsb.

Untuk mengatasi burung kenari yang tak mau bunyi dilomba, bisa dilakukan beberapa metode perawatan sebagai berikut:

  • Kenari harus mulai sering dimaster. Pemasteran bisa menambah variasi suara isiannya sehingga kenari akan memiliki ‘modal’ yang cukup untuk bersaing dengan lawan tandingnya di lapangan. Dengan kata lain, bisa menjadi salah satu bentuk pengembangan karakter agar burung lebih PEDE di arena lomba.
  • Rajin-rajinlah membawa burung untuk dilatih. Melatih mental kenari agar cepat bunyi saat dilombakan bisa dilakukan dengan sering-sering mempertemukan burung dengan kenari lain di luar rumah. Melatih kenari bisa dilakukan bersama teman atau rekan satu komunitas, atau bisa juga dibawa ke lokasi latberan meski tidak untuk dilombakan, tetapi untuk membiasakan dengan suasana keramaian tersebut.
  • Sering-seringlah memindah-mindahkan sangkar di beberapa tempat, karena hal ini bisa melatih burung agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jika cenderung digantung di satu titik saja, maka burung akan cenderung gacor di rumah / jago kandang sehingga ketika dipindahkan ke lokasi lain (misalnya di lapangan), burung tidak mau bunyi sama sekali.
  • Berikan vitamin tambahan yang sudah terkenal keamanan, kandungan, dan kualitasnya seperti Sup Plus Bird. Selain mampu menjaga kondisi burung kenari, Sup Plus Bird juga dapat membantu mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan burung selama dilombakan sehingga membuatnya jadi rajin berbunyi seperti saat di rumah.
Baca:   Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyi

Itulah beberapa cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips & Trik memulihkan burung branjangan macet bunyi

7 / 100 Banyak kicaumania yang mengaku cukup kesulitan saat merawat burung branjangan. Salah satu permasalahan paling umum adalah burung rawatannya yang tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan tak sedikit juga yang burungnya macet bunyi meski sudah dirawat cukup lama. Membuat desinfektan alami dari jeruk lemonTips rawatan kepodang emas agar cepat bunyi […]
Read more

Lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Meskipun perilaku cabut bulu bisa dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, namun hal ini paling sering terjadi pada burung jenis paruh bengkok, terutama lovebird. Berikut adalah lima cara mengatasi lovebird cabut bulu.  Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaTips dan cara mengatasi murai batu sering cabut buluTips mengatasi lovebird sering gigit kuku dan jariSettingan harian dan […]
Read more

Mabung tak tuntas, peyebab dan cara mengatasinya

Masa mabung bisa menjadi waktu yang tepat untuk memaksimalkan penampilan burung ocehan. Ketika burung alami mabung yang tak berkesudahan / tidak tuntas-tuntas maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Itu sebabnya, saat burung sedang mabung maka harus dirawat dengan cara yang tepat. Cara mengatasi burung yang macet mabungEnam cara merawat jalak suren agar cepat gacorJangan lakukan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?