burung stres kepanasan

Cara mengatasi burung stres karena kepanasan

Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan dapat memicu stres pada burung peliharaan. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa fatal akibatnya, burung akan mengalami kondisi yang disebut heat stroke yang dapat berujung pada kematian. Berikut cara mengatasi burung stres karena kepanasan.

Menjemur burung di bawah sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bulunya, tapi perlu diperhatikan juga waktu yang tepat untuk melakukan penjemuran. Selain itu, lamanya penjemuran pun perlu dipertimbangkan dengan memahami karakter dari burung tersebut.

Penjemuran yang terlalu berlebihan dapat menjadikan burung rentan alami stres. Dalam kasus terburuk, burung akan alami kematian mendadak akibat dehidrasi parah. Ada dua tahap yang dialami burung saat dijemur berlebihan, yaitu:

  1. Stres karena panas dengan ciri-ciri kedua sayap dilebarkan dan tenggorokan bergerak kembang-kempis dengan nafas tersenggal.
  2. Stroke akibat panas dengan ciri-ciri burung mulai gelisah sampai kemudian tidak kuat lagi untuk bertengger dan akhirnya tergeletak di dasar sangkar dengan kondisi tubuh kejang-kejang yang disebabkan oleh adanya penggumpalan darah di dalam pembuluh darahnya.

Ketika burung alami salah satu kondisi di atas maka langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah segera memindahkan sangkarnya ke tempat yang teduh. Jika diperlukan bisa dibantu menurungkan suhu tubuhnya dengan bantuan kipas angin atau pendingin udara (AC). Jika masih bisa bergerak aktif, burung bisa dipindahkan ke dalam karamba mandinya, lalu disemprot halus menggunakan hand sprayer.

Jika kondisi burung sudah terlalu parah karena heat stroke tersebut, maka langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu menyemprot tubuhnya dengan air dingin. Setelah itu, berikan burung air larutan elektrolit untuk mengatasinya dehidrasinya.

Baca:   Settingan & tips rawatan burung kacer yang kurang fighter

Baca lagi: Cara mencegah dan mengatasi burung dehidrasi

Air larutan elektrolit adalah air buatan dengan mencampurkan gula dan garam ke dalam air minumnya. Untuk menjaga kondisi dan mempercepat pemulihannya bisa diberikan multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Mencegah stres dan stroke saat dijemur

  • Penjemuran yang aman dilakukan adalah pada pagi hari yaitu setelah matahari terbit. Di waktu-waktu itulah sinar matahari akan mengurai vitamin D di udara yang bisa diserap langsung oleh tubuh burung.
  • Hindari menjemur burung saat matahari sedang bersinar sangat terik terutama di siang hari, karena selain tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulitnya, juga dapat menyebabkan masalah di atas.
  • Durasi penjemuran sebaiknya disesuaikan dengan karakter atau kebiasaan dari burung tersebut. Jika termasuk burung yang tahan panas atau dapat mentolerir suhu panas di waktu yang lama, maka penjemuran bisa dilakukan selama 2-3 jam. Sedangkan jika burung tersebut adalah burung bawah yang tidak kuat panas, maka penjemuran sebaikna dilakukan tidak lebih dari 1 jam.
Baca:   Tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung

Selain terik matahari yang terlalu lama, stres dan stroke juga bisa dialami oleh burung yang terlalu lama diletakkan di tempat bersuhu panas seperti dekat mesin kendaraan yang sedang menyala, atau di dalam ruangan yang minim ventilasi udaranya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips cegah dan atasi burung kolibri berdada nyilet

14 / 100 Meskipun bertubuh mungil, namun burung-madu atau kolibri punya suara kicauan yang kencang terdengar. Tapi karena tubuh mungilnya juga, kicaumania sering kesulitan mengidentifikasi penyakit yang sedang dialami momongannya. Salah satu yang sering luput dari pengamatan adalah penyakit kurus atau nyilet. Untuk itu, simak tips cegah dan atasi burung kolibri berdada nyilet berikut ini. […]
Read more

Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyi

Masalah paling umum yang dikeluhkan banyak penggemar kicauan adalah burung rawatannya yang berhenti berkicau alias macet bunyi. Pada burung jalak suren, kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya merasa gundah. Burung yang biasanya cerewet dan rajin bunyi berubah jadi pendiam. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini. Tips seputar jalak suren mabungEnam cara merawat jalak suren agar […]
Read more

Tips menjinakan burung kacer

  Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Muda Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?