burung stres kepanasan

Cara mengatasi burung stres karena kepanasan

Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan dapat memicu stres pada burung peliharaan. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa fatal akibatnya, burung akan mengalami kondisi yang disebut heat stroke yang dapat berujung pada kematian. Berikut cara mengatasi burung stres karena kepanasan.

Menjemur burung di bawah sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bulunya, tapi perlu diperhatikan juga waktu yang tepat untuk melakukan penjemuran. Selain itu, lamanya penjemuran pun perlu dipertimbangkan dengan memahami karakter dari burung tersebut.

Penjemuran yang terlalu berlebihan dapat menjadikan burung rentan alami stres. Dalam kasus terburuk, burung akan alami kematian mendadak akibat dehidrasi parah. Ada dua tahap yang dialami burung saat dijemur berlebihan, yaitu:

  1. Stres karena panas dengan ciri-ciri kedua sayap dilebarkan dan tenggorokan bergerak kembang-kempis dengan nafas tersenggal.
  2. Stroke akibat panas dengan ciri-ciri burung mulai gelisah sampai kemudian tidak kuat lagi untuk bertengger dan akhirnya tergeletak di dasar sangkar dengan kondisi tubuh kejang-kejang yang disebabkan oleh adanya penggumpalan darah di dalam pembuluh darahnya.

Ketika burung alami salah satu kondisi di atas maka langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah segera memindahkan sangkarnya ke tempat yang teduh. Jika diperlukan bisa dibantu menurungkan suhu tubuhnya dengan bantuan kipas angin atau pendingin udara (AC). Jika masih bisa bergerak aktif, burung bisa dipindahkan ke dalam karamba mandinya, lalu disemprot halus menggunakan hand sprayer.

Jika kondisi burung sudah terlalu parah karena heat stroke tersebut, maka langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu menyemprot tubuhnya dengan air dingin. Setelah itu, berikan burung air larutan elektrolit untuk mengatasinya dehidrasinya.

Baca:   Beberapa penyebab pemula selalu gagal di arena lomba

Baca lagi: Cara mencegah dan mengatasi burung dehidrasi

Air larutan elektrolit adalah air buatan dengan mencampurkan gula dan garam ke dalam air minumnya. Untuk menjaga kondisi dan mempercepat pemulihannya bisa diberikan multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Mencegah stres dan stroke saat dijemur

  • Penjemuran yang aman dilakukan adalah pada pagi hari yaitu setelah matahari terbit. Di waktu-waktu itulah sinar matahari akan mengurai vitamin D di udara yang bisa diserap langsung oleh tubuh burung.
  • Hindari menjemur burung saat matahari sedang bersinar sangat terik terutama di siang hari, karena selain tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulitnya, juga dapat menyebabkan masalah di atas.
  • Durasi penjemuran sebaiknya disesuaikan dengan karakter atau kebiasaan dari burung tersebut. Jika termasuk burung yang tahan panas atau dapat mentolerir suhu panas di waktu yang lama, maka penjemuran bisa dilakukan selama 2-3 jam. Sedangkan jika burung tersebut adalah burung bawah yang tidak kuat panas, maka penjemuran sebaikna dilakukan tidak lebih dari 1 jam.
Baca:   Tips membangkitkan mental tempur lovebird paud

Selain terik matahari yang terlalu lama, stres dan stroke juga bisa dialami oleh burung yang terlalu lama diletakkan di tempat bersuhu panas seperti dekat mesin kendaraan yang sedang menyala, atau di dalam ruangan yang minim ventilasi udaranya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

menjaga kualitas induk lovebird

Tips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternak

Banyak peternak lovebird memiliki caranya sendiri dalam menjaga kulitas indukan. Selain tidak memaksakan burung indukan untuk terus berproduksi, memperhatian asupan pakan dan vitaminnya pun menjadi upaya peternak demi kelancaran usaha penangkarannya. Tahap demi tahap ternak lovebird untuk pemulaTips agar lovebird cepat bertelurTiga masalah utama dalam ternak lovebirdCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarCara panen […]
Read more

Penyebab harga lovebird turun

Beberapa tahun lalu harga jual burung lovebird di pasaran cukup menggiurkan, bahkan untuk lovebird bahan warna hijau saja dibanderol dengan harga Rp 600.000 / ekornya. Kondisi ini pun memicu penangkaran secara berlebihan di kalangan penggemarnya, yang pada akhirnya justru membuat harga jualnya makin tidak stabil dan cenderung terus menurun. Apakah harga lovebird bisa naik?Tujuh penyebab […]
Read more
cara memilih lovebird untulan

Tips dan cara memilih untulan lovebird

Metode untulan menjadi alternatif perawatan untuk jadikan lovebid makin konslet. Cara ini cukup popular di kalangan lovebird mania, karena selain praktis juga lebih efektif menjadikan burung rajin ngekek dengan durasi yang maksimal. Sebagai panduan, simak cara memilih untulan lovebird berikut ini.  Cara memaster lovebird agar rajin ngekekCara menjodohkan lovebird yang efektifCara mengatasi lovebird turun ke […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?