membuat lem pulut burung

Cara membuat lem pulut untuk tangkap burung yang lepas

Burung kesayangan yang terlepas dari sangkarnya dapat membuat pemiliknya makin galau jika tidak berhasil ditangkap kembali. Cara menangkap burung lepas yang paling umum adalah menggunakan sangkar jebakan. Kalau tidak punya, bisa membuat sendiri lem pulut untuk menangkap burung lepas. Yuk, simak cara pembuatannya berikut ini.

Selain menggunakan sangkar yang sudah dimodifikasi menjadi jebakan, untuk menangkap burung yang lepas bisa menggunakan getah atau lem pulut. Saat burung menginjak ranting atau tenggeran yang sudah diolesi getah tersebut, maka burung tidak akan bisa bergerak karena getah yang lengket.

Ada beberapa jenis getah yang biasa digunakan untuk membuat lem pulut seperti getah yang berasal dari pohon nangka, getah pohon karet, dan getah pohon benda atau terap. Di kalangan penangkap burung, getah yang berasal dari pohon benda lebih disukai karena daya lekatnya yang baik.

Baca:   Tips & rawatan decu agar makin gacor

Getah yang berhasil dikumpulkan itu kemudian direbus hingga kental, setelah itu disimpan untuk didinginkan. Getah yang sudah direbus bisa dicampur dengan getah dari pohon lainnya untuk menambah kelengketannya.

Setelah selesai, getah disimpan dalam wadah berisi air untuk memudahkan penggunaannya dan mencegah getah kering sebelum digunakan. Simpan di tempat yang terjangkau untuk saat-saat darurat yaitu ketika burung kesayangan terlepas dari sangkarnya.

Cara penggunaan getah ini adalah dengan membalutkan getak pada permukaan ranting atau kayu, lalu diletakkan di tempat yang bisa terlihat oleh burung yang lepas dari sangkarnya itu. Setelah itu, letakkan beberapa ekor jangkrik atau ulat hongkong di ranting tersebut untuk memancing burung turun dan mau bertengger.

Baca:   Mendongkrak stamina kenari usai mabung

Untuk melepaskan burung dari jeratan getah tersebut, bisa menggunakan air bersih atau air kelapa. Jangan lupa, berikan suplemen vitamin seperti Sup Plus Bird untuk burung yang baru tertangkap tersebut.

Selain bermanfaat untuk mencegah burung stres, Sup Plus Bird juga dapat membantu menjaga dan memulihkan kondisinya, sehingga burung akan kembali berkicau seperti biasanya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird paud durasi tambah

Tips menambah durasi lovebird paud

Memiliki burung lovebird yang mampu bersuara ngekek maksimal tentu menjadi dambaan para penggemarnya. Apalagi pada saat ini saja, suara ngekek dengan durasi panjang bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Pada lovebird paud, menambah durasi ngekek bisa dilakukan dengan perawatan yang sangat teratur, salah satunya adalah berikut ini. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor10 […]
Read more

Tips rawatan burung cucak ijo mini yang macet bunyi

Meski tidak sepandai cucak hijau biasa dalam berkicau, namun burung cucak ijo mini (jomin) tetap diminati oleh banyak penggemarnya. Tapi yang namanya burung, selalu saja ada situasi yang membuatnya berhenti berkicau. Untuk mengatasinya, berikut tips rawatan burung cucak ijo mini yang macet bunyi Tips melatih cucak hijau mini makan voerTips dan rawatan burung cucak hijau […]
Read more

Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Selain jalak suren jawa yang popular di kalangan kicaumania, ada juga burung yang tampak mirip yaitu jalak suren kalimantan (Gracupica contra floweri). Jenis burung jalak ini cenderung berkicau dengan suara aslinya, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai burung masteran. Perawatan jalak suren trotolan hingga dewasaCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiPerawatan jalak rio agar rajin bunyiEnam cara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?