memaster anakan cucak rawa

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel.

Untuk mendapatkan burung dengan kualitas suara ropel maka pemasteran harus sudah dilakukan sejak dini. Idealnya, anakan cucak rawa yang akan dimaster berasal dari induk yang memiliki suara ropel. Namun begitu, suara ropel juga bisa dimunculkan melalui pemasteran yang rutin dan harus sudah dilakukan sejak dini, atau sejak anakan cucak rawa masih berumur 45 hari.

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

  1. Pilih anakan cucak rawa yang masih berumur 45 hari atu 1,5 bulan.
  2. Siapkan ruangan khusus yang akan digunakan untuk pemasteran.
  3. Letakkan sangkar yang berisi anakan cucak rawa di tengah ruangan, bisa dengan cara digantang maupun diletakkan di lantai.
  4. Jika ada beberapa anakan, bisa sekalian dimaster juga dalam satu ruangan.
  5. Proses pemasteran relatif mudah karena hanya menggunakan suara rekaman cucak rawa ropel yang diputarkan melalui perangkat mp3 player atau via handphone. Pastikan saja, suara yang keluar terdengar cukup jernih, keras, dan alami (tidak ngebass maupun treble).
  6. Lakukan pemasteran tersebut secara rutin setiap hari selama 7-8 jam.
  7. Agar anakan cucak rawa bisa lebih fokus dan konsentrasi terhadap suara masterannya, maka bisa diberikan multivitamin Sup Plus Bird yang bermanfaat untuk menjaga kondisi dan staminanya selama proses pemasteran.
  8. Jika dilakukan terus-menerus, setelah berumur 5-6 bulan, anakan cucak rawa tersebut sudah mampu menirukan suara masterannya dan mulai pandai ngeropel.
Baca:   Tips agar burung cililin selalu gacor untuk masteran

Demi kelancaran proses ini, maka pastikan anakan cucak rawa tersebut tidak mendengarkan suara engkel atau suara cucak rawa yang standar, karena bisa mengganggu tahap pemasterannya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan cara menjinakkan lovebird

Lovebird yang sudah jinak tentu akan lebih mudah dirawat, baik untuk dijadikan masteran, lomba maupun dilatih dengan berbagai atraksi. Selain itu, burung yang sudah jinak juga akan lebih cepat terpancing untuk lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya. Simak tips dan cara menjinakkan lovebird berikut ini. Cara cepat menjinakkan lovebird yang masih liar / girasTips memaksimalkan penampilan […]
Read more

Cegah lovebird diare dengan cara ini

Diare merupakan jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan dari lovebird dan jenis kicauan lainnya. Walaupun diare dianggap bukan gangguan yang cukup serius, tapi jika tidak segera ditangani dampaknya bisa sangat fatal. Untuk itu, simak tips bagaimana mencegah dan mengatasi lovebird diare berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurusTips mengatasi lovebird yang kurang […]
Read more
menjaga kualitas induk lovebird

Settingan lovebird jantan kembali gacor setelah diternak

Seperti lazimnya mahluk hidup yang membutuhkan pasangan untuk berkembang biak, lovebird jantan yang biasa dilombakan pun memiliki naluri yang sama. Setiap tahunnya, lovebird jantan dewasa akan mengalami masa over birahi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun kecuali dipasangkan betina atau untulan.  Tips lovebird main nagen di satu titikHindari!! Kebiasaan salah dalam merawat lovebirdBegini cara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?