agar ciblek rajin ngebren

Cara melatih mental ciblek muda,

Melatih mental ciblek muda / anakan umumnya dilakukan agar kelak burung tersebut bisa memiliki mental jawara dan tangguh di arena lomba. Banyak cara melatih mental ciblek muda, berikut beberapa di antaranya:

Ciblek yang masih muda umumnya belum mempunyai kondisi mental yang cukup baik untuk disiapkan sebagai burung lomba. Perlu perawatan yang tepat dengan didukung latihan-latihan khusus yang dapat mendongkrak mentalnya secara bertahap sampai burung mempunyai kesiapan untuk bertarung.

Adapun ciri-ciri burung ciblek yang sudah mempunyai mental yang bagus dan siap lomba adalah:

  1. Rajin bunyi kapan dan dimana saja burung berada, termasuk saat dipegang dengan tangan pun burung akan tetap bunyi mengeluarkan suara tembakannya.
  2. Perilaku burung yang cenderung tenang, tidak gelisah sewaktu berada di keramaian.
  3. Berdiri tegap, tidak bungkuk saat bertengger, sayap mengapit rapat dengan bulu-bulu di seluruh tubuhnya yang sehat, cerah, dan tidak mengembang.
  4. Agresif saat melihat burung pejantan lain di dekatnya.

Melatih mental ciblek muda membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Agar hasil latihannya bisa lebih maksimal, maka harus juga didukung dengan perawatan harian yang rutin dan teratur terutama dari segi pemberian pakan, vitamin, dan perawatan umum lainnya.

Baca:   Merawat burung tledekan yang sedang mabung

Berikut tips melatih mental ciblek muda:

  • Biasakan menggantungkan sangkarnya di tempat yang ramai atau banyak aktivitas manusia, hal ini agar kelak burung tersebut tidak kaget sewaktu dibawa ke lokasi yang ramai seperti di arena lomba, dsb.
  • Jauhkan dari keberadaan burung sejenis baik yang seumuran maupun yang sudah dalam kondisi mapan. Hal ini untuk menumbuhkan sifat teritorial yang merupakan karakter alami dari burung ciblek.
  • Penjemuran bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran atau kandang yang cukup luas. Hal ini berguna untuk melatih burung agar terbang bebas serta mencegah stres yang disebabkan oleh cuaca panas ketika burung dijemur terlalu lama. Melatih di kandang umbaran juga bermanfaat untuk memaksimalkan suara kicauan dan staminanya.
  • Putarkan suara masteran yang sesuai karakter, terutama suara-suara tembakan seperti suara prenjak, lovebird ngekek, dsb karena dapat mempengaruhi irama ngebren yang dimiliki burung ciblek tersebut jadi lebih panjang.
  • Setiap 1-2 minggu sekali, burung dimandikan dengan cara dipegang. Hal ini bertujuan memberikan interaksi antara pemilik dengan burung rawatannya, sehingga burung akan semakin terbiasa dengan manusia dan tidak takut lagi untuk berkicau.
  • Berikan suplemen vitamin seperti Sup Plus Bird yang mampu mendongkrak mental, stamina, dan daya tahan burung setiap hari. Pemberian secara rutin juga mampu jadikan ciblek makin rajin bunyi dengan suara yang lebih kencang.
  • Gunakan pakan yang berkualitas seperti Kristal Ciblek yang diracik khusus untuk menjadikan burung makin aktif dan gacor. Pemberian pakan yang tepat mampu meningkatkan mental tarung dan powernya.
Baca:   Cara efektif memaster anak kenari

Itulah beberapa cara melatih mental ciblek muda / anakan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Rawatan cucak wilis agar cepat gacor

16 / 100 Cucak wilis adalah nama populer dari burung cucak gunung (Pycnonotus bimaculatus). Meski terdengar monoton, namun kicauan cucak wilis bisa terdengar lebih menarik saat burung sudah gacor. Berikut tips rawatan cucak wilis agar cepat gacor. Tips rawatan kutilang jambul saat macet bunyiTips merawat burung rambatan khusus masteranTips rawatan anis kembang cepat ngerolRawatan kacer […]
Read more

Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

Disebut jalak kerbau karena kebiasaannya hinggap di atas tubuh kerbau untuk mencari parasit yang menjadi makanannya. Spesies burung bernama latin Acridothere javanicus ini lebih dikenal sebagai hewan peliharaan karena gaya berkicaunya yang khas sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Nah, untuk panduan pemula simak tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi berikut ini. Cara merawat burung jalak […]
Read more
tips menjemur lovebird

Tips dan cara menjemur lovebird dengan tepat dan sehat

Perawatan lovebird tidak bisa dilepaskan dari proses penjemurannya setiap hari. Selain membuat burung tetap aktif, menjemur lovebird di waktu dan cara yang tepat juga akan menjadikan burung selalu sehat dan rajin ngekek. Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinyaCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunCara mengatasi lovebird yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?