tips anis kembang cepat ngeroll

Tips membuat anis kembang ngerock’n roll

Burung anis kembang punya suara kicauan yang lantang dengan ciri khas lagu-lagunya yang ngeroll. Hal inilah yang menjadikan banyak kicaumania tertarik untuk memeliharanya di rumah, apalagi suaranya yang keras itu dapat menjadi masteran maupun pemancing bunyi. Berikut tips membuat anis kembang ngerock’n roll.

Anis kembang yang mampu bersuara ngerol adalah yang berjenis kelamin jantan. Oleh karena itu, pastikan burung yang Anda rawat itu benar-benar burung jantan dan bukan bakalan/bahan, karena untuk menjadikan anis kembang bersuara rock’n roll dibutuhkan burung yang sudah birahi dan rajin ngeplong / bersuara kencang.

Ada banyak cara membuat burung anis kembang terpancing untuk mengeluarkan suara ngerollnya, salah satunya adalah ditempel burung betina yang sudah birahi / lenjeh. Ciri-ciri betina lenjeh adalah mengeluarkan suara mendesir sambil menggetar-getarkan kedua sayapnya / ngeleper.

Metode pengecasan dengan betina lenjeh umumnya membutuhkan waktu, tetapi kalau sudah cocok maka anis kembang jantan akan langsung ngerock’n roll begitu dipisahkan dengan pasangannya itu.

Ada dua metode pengecasan dengan betina lenjeh, yaitu:

  1. Ditempel betina sepanjang waktu, sampai anis kembang jantan mulai keluar birahinya.
  2. Ditempel betina setiap malam, pada pagi harinya betina dipisahkan dalam jarak yang berjauhan.
Baca:   Makanan dan vitamin burung jalak agar rajin bunyi

Hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan anis kembang cepat ngerok’n roll adalah mengatur birahi burung jantan. Burung jantan dibiarkan naik birahinya dengan cepat, tetapi tidak membuatnya over birahi (OB). Kondisi inilah yang akan memicu burung langsung bersuara ngeroll.

Selain ditempel betina lenjeh, membuat anis kembang ngerock’n roll juga dapat dilakukan dengan melakukan pola rawatan / settingan yang tepat, seperti berikut ini:

  • Memainkan setelan pakan extra (EF) yang terdiri dari jangkrik dan kroto setiap harinya. Cobalah berikan jangkrik dalam jumlah minimalis di hari pertama, setelah itu pantau perilakunya. Jika belum ada perubahan, porsi jangkrik bisa ditambahkan dalam perawatan berikutnya, sambil tetap mengamati perilakunya. Ketika jumlah jangkrik dirasa pas, maka burung akan terlihat perubahannya, seperti jadi lebih aktif dan lebih sering mengeluarkan suaranya.
  • Untuk mendongkrak birahi bisa juga diberikan cacing tanah sebanyak 2-3 ekor setiap pagi. Kandungan protein dalam cacing tanah dapat meningkatkan birahinya dengan cepat, namun cacing tanah juga mengandung banyak air sehingga burung tidak akan mudah over birahi. Sifatnya yang berbeda dari jangkrik maupun ulat hongkong itulah yang membuat cacing tanah cukup disukai sebagai pakan tambahan (EF) untuk semua jenis burung anis / cacing.
  • Multivitamin bisa diberikan terutama untuk burung anis kembang yang belum gacor dan ngerol. Pemberian multivitamin seperti Sup Plus Bird dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan daya tahannya sehingga burung jadi lebih aktif, sehat, dan tetap bersemangat setiap harinya. Dengan kondisi tersebut, anis kembang pun akan terpancing untuk lebih rajin berbunyi.
  • Pola rawatan lain yang harus diperhatikan adalah pengembunan yang rutin, mandi secara teratur terutama di pagi hari setelah matahari terbit, dan penjemuran yang berlangsung selama 30 menit.
Baca:   Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Oke, itulah tips dan settingan membuat anis kembang ngerock’n roll.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Manfaat bata merah pengganti tulang sotong untuk lovebird

Pada dasarnya, semua jenis burung pemakan biji akan membutuhkan grit atau asinan untuk membantu mencerna makanan yang dikonsumsinya. Ketika bahan untuk asinan tersebut sulit diperoleh, lovebird mania bisa memberikan bata merah sebagai penggantinya. Apa sajakah manfaat bata merah untuk lovebird? Tips menambah durasi lovebird dewasaTips gacorkan lovebird betina ngekek jeda rapatCara pemberian plangkringan lovebird yg […]
Read more

Cara merawat ciblek bakalan sampai gacor

Ciblek bakalan atau muda hutan (MH) harus dirawat dengan penuh perhatian karena kondisinya yang masih labil, terutama dari segi mental, emosi, dan kesehatannya. Jika salah rawatan, burung akan rentan stres dan biasanya berakhir dengan kematian. Untuk panduan pemula, simak bagaimana merawat ciblek bakalan sampai gacor berikut ini. Tips perawatan burung ciblek jarang bunyiCara melatih mental […]
Read more
lomba lovebird

10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor

Selain faktor genetik atau indukan, kemampuan lovebird juga sangat dipengaruhi oleh pola perawatan harian yang tepat dan teratur. Jika dilakukan secara rutin, maka lovebird akan menjadi burung yang aktif dan gacor. Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantanganTerapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdCara memandikan lovebird yang benarLovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?