settingan lovebird jantan bahan single fighter

Tips atasi lovebird over birahi dan ngedrop

Over birahi adalah kondisi ketika burung tidak lagi bisa melampiaskan birahi yang muncul dan disebabkan oleh berbagai faktor. Pada saat inilah, burung akan mudah ngedrop mental dan fisiknya sehingga harus segera ditangani dengan perlakuan yang tepat. Berikut tips mengatasi lovebird yang over birahi dan ngedrop.

Ada banyak penyebab lovebird mudah sekali alami over birahi, dan di antara pemicu yang paling umum adalah karena faktor pakan yang terlalu berlebihan serta pola rawatan yang kurang tepat. Selain itu, terlalu sering mendengar suara lovebird lawan jenis pun dapat memicu over birahi penyebab ngedrop.

Untuk mengatasinya sangatlah mudah, karena yang dibutuhkan burung saat ini adalah perubahan rawatan yang dapat membantu memulihkan kondisinya. Perubahan rawatan tersebut meliputi:

  • Frekuensi mandinya yang dibuat lebih sering, misalnya mandi pagi, siang, sore, dan juga pada malam hari jika dibutuhkan.
  • Memberikan 3 tetes Sup Plus Bird di air minumnya, karena dapat membantu menjaga kondisi dan juga mencegah burung stres / ngedrop. Berikan multivitamin ini setiap 2 hari sekali.
  • Penjemuran dilakukan seperlunya saja, atau jika dibutuhkan bisa dilakukan kurang dari 15 menit setiap pagi hari.
  • Mulai merutinkan pengumbaran dengan durasi di kandang umbaran dibuat lebih lama.
    Berikan pakan yang bagus kualitasnya seperti Milet Cinderella karena sangat mendukung dalam percepatan pemulihan burung yang over birahi.
  • Berikan jagung setiap 2 hari sekali.
Baca:   Manfaat bata merah pengganti tulang sotong untuk lovebird

Sedangkan untuk mengatasi lovebird yang ngedrop karena over birahi adalah:

  • Memperbanyak pemberian sayur-sayuran segar dan pakan tambahannya (EF).
  • Mandi dilakukan cukup 2-3 hari sekali.
  • Penjemuran dilakukan selama 60 menit setiap pagi.
  • Memberikan multivitamin Sup Plus Bird setiap hari.

Itulah tips mengatasi lovebird yang over birahi dan ngedrop.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara alternatif tambah durasi ngekek tanpa umbaran

Meningkatkan durasi ngekek lovebird bisa dilakukan dengan mengolah nafasnya jadi lebih panjang. Biasanya, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Tapi tahukah anda? Masih ada cara alternatif menambah durasi ngekek lovebird tanpa kandang umbaran. Simak ya .. Tips dan settingan lovebird ngekek jeda rapatTips memaksimalkan penampilan lovebird di lapanganTips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaLovebird […]
Read more

Perawatan anis macan

  Nama anis macan atau anis ampenan mungkin masih terdengar asing di kalangan kicau mania. tetapi kicauannya tidak jauh berbeda dengan kerabatnya yaitu anis kembang.  Anis macan yang memiliki nama ilmiah Zoothera dohertyi ini merupakan burung endemik di kepulauan Nusa Tenggara, Sumba dan Timor, keberadaannya sudah jarang ditemui di daerah lain yang juga endemik burung […]
Read more

Tips mengajari burung beo bicara

Beo adalah termasuk salah satu burung yang pintar menirukan suara sekelilingnya dengan cepat dan fasih. karena itulah burung ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan terlebih beo nias yang termasuk salah satu burung dari jenis ini yang paling pintar dan cepat menangkap kalimat dengan fasihnya. sehingga menjadikan burung jenis ini semakin langka di alamnya […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?